Skip to main content

5 Langkah Memulai Usaha Ayam Geprek dan Tips Suksesnya

Usaha ayam geprek sudah merambah cukup luas, terbukti dengan banyaknya gerai atau penjual menu makanan satu ini. Karena itu, kebanyakan orang beranggapan bahwa membuka bisnis ayam geprek mudah dilakukan.

Padahal, dalam memulai bisnis tidak ada yang praktis dan perlu langkah-langkah tepat agar bisa mencapai keberhasilan. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap mengenai langkah memulai bisnis ayam geprek dan tips suksesnya, simak pembahasan berikut.

Langkah Tepat untuk Memulai Usaha Ayam Geprek

Ketika akan membuka bisnis ayam geprek, tentu perlu mempersiapkan beberapa hal. Umumnya, hal-hal ini akan berkaitan dengan persiapan dalam memulai suatu usaha. Beberapa langkah yang tepat untuk memulai bisnis ayam geprek yang bisa diikuti, yakni:

Siapkan bahan dan peralatan

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat mulai membuka bisnis ayam geprek adalah menyiapkan bahan dan peralatan. Siapkan segala hal yang berkaitan dengan bahan dan peralatan, mulai dari perencanaan hingga tahap pembelian.

Selain itu, buatlah pula skala prioritas mana yang harus dibeli atau disewa. Dengan menggunakan skala ini, nantinya bisa lebih mudah menyesuaikan pembelian kebutuhan dengan modal yang dimiliki.

Hitung biaya produksi

Biaya produksi merupakan jumlah pengeluaran yang dikeluarkan secara langsung maupun tidak langsung untuk menghasilkan produk maupun jasa. Biaya produksi ini digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead.

Pilih lokasi usaha

Langkah selanjutnya ketika memulai suatu bisnis, yakni memilih lokasi yang strategis. Pemilik usaha perlu mencari dan menemukan lokasi terbaik agar peluang bisnis ayam geprek yang sedang dirintis bisa semakin sukses. Untuk mendapatkan lokasi yang bagus, pemilik usaha perlu melakukan riset pasar.

Buat business plan

Selain memilih lokasi, hal lain yang perlu dipersiapkan saat memulai bisnis ayam geprek adalah membuat business plan atau kerangka usaha. Dengan membuat kerangka usaha yang jelas, maka nantinya pemilik usaha akan memiliki strategi untuk digunakan di masa mendatang.

Strategi ini nantinya juga bisa digunakan sebagai patokan dalam menghadapi rintangan dan tantangan. Dengan adanya strategi dan business plan yang tertata, dipastikan dapat meningkatkan peluang usaha menjadi lebih baik.

Siapkan konten promosi

Sebelum memulai usaha, ada baiknya untuk mempersiapkan bahan untuk promosi. Hal ini bertujuan agar ketika memulai usaha, maka bisa langsung melakukan promosi. Semakin baik konten promosi yang dibuat, akan semakin tinggi pula peluang bisnis menjadi sukses.

Bagaimana Tips Sukses Membangun Bisnis Ayam Geprek?

Apabila langkah-langkah awal memulai bisnis sudah dipraktikkan dengan baik, tips sukses dalam membangun usaha juga perlu diketahui. Beberapa tips agar sukses saat membangun bisnis ayam geprek, di antaranya:

Selalu perhatikan kualitas

Tips penting yang harus diingat agar bisnis bisa sukses adalah selalu memperhatikan kualitas. Kualitas menjadi hal nomor pertama yang harus dijaga, baik dari bahan baku, bahan pendukung, hingga proses memasak. Dengan bahan dan perlengkapan terbaik, dijamin rasa ayam geprek yang dihasilkan juga akan baik.

Go online

Apabila sudah mendapatkan tempat usaha yang strategis, tips sukses lain agar bisnis bisa maju adalah memasarkan secara online. Pastikan bahwa usaha telah terdaftar di aplikasi layanan pesan antar untuk memudahkan konsumen memesan produk.

Lakukanlah promosi

Hal lain yang juga tak kalah penting untuk membuat usaha semakin sukses, yakni melakukan promosi. Hal ini diperlukan agar bisnis yang dirintis dapat dikenal oleh orang banyak. Cara melakukan promosi pun cukup mudah, misalnya dengan memanfaatkan sosial media.

Demikian informasi terkait langkah tepat untuk memulai suatu usaha ayam geprek. Agar dapat bersaing dengan usaha serupa, pastikan untuk menerapkan langkah-langkah dan tips suksesnya, ya.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB