Skip to main content

Ini Dia Contoh Usaha Modal Kecil Tanpa Ribet!

Ingin tahu contoh usaha modal kecil yang dapat Anda lakukan sesegera mungkin? Pastinya, banyak usaha yang mungkin sudah dilakukan oleh sekitar Anda. Tetapi, tentu Anda jangan putus asa. Masih ada beberapa peluang yang dapat Anda lakukan dengan modal terbatas.

Pasca pandemi merupakan saat tepat untuk mendapatkan penghasilan. Terlebih, masyarakat sudah semakin membuka diri untuk melakukan aktivitas. Memiliki usaha sendiri berbasis usaha mikro atau menengah, Anda dapat berpotensi menghasilkan keuntungan.

Cari Tahu Contoh Usaha Modal Kecil yang Dapat Anda Coba

Terlepas dari siapapun Anda, baik karyawan atau ibu rumah tangga, Anda dapat memulai beberapa jenis usaha seperti di bawah ini.

1. Makanan Ringan

Hingga saat ini, bisnis camilan atau makanan ringan masih belum tertandingi. Siapapun suka camilan karena pasti dibutuhkan dimana saja dan kapan saja. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas dan rasa. Penjual camilan memang sangat banyak. Tetapi, Anda tentunya harus kreatif.

Semisal, Anda ingin menjual produk keripik singkong yang tentunya sudah memiliki banyak kompetitor. Perlu Anda perhatikan bahwa produk Anda harus lain daripada yang lain, baik dalam hal rasa, kemasan ataupun ukuran.

Jika Anda tidak berminat untuk memproduksi sendiri produk camilan tersebut, Anda dapat membeli camilan dengan ukuran besar untuk Anda kemas sesuai dengan merk yang Anda miliki. Bisnis jenis ini membutuhkan biaya yang sangat minim karena Anda hanya perlu menyiapkan label, kemasan dan tentunya metode pemasaran yang tepat sasaran.

2. Minuman Ringan untuk Event

Tidak dapat dipungkiri bahwa minuman ringan, baik dari produk ternama ataupun buatan Anda sendiri, pasti banyak diminati. Saat ini, event semakin menjamur dimana hal ini merupakan potensi paling pas untuk memulai bisnis. Siapapun tidak akan ragu membeli minuman saat sedang berada di luar ruangan, meskipun mereka mungkin membawa air putih sendiri.

Tentunya, Anda sudah harus mengerti pasar potensial untuk penjualan minuman Anda. Jika event tersebut untuk anak-anak, maka Anda harus menyiapkan minuman yang menyehatkan. Hal ini penting karena anak-anak pasti akan meminta persetujuan orang tua untuk membeli minuman tersebut. Pilih minuman seperti jus, susu kedelai, atau susu.

Jika modal Anda kecil dan Anda tidak ingin terlalu repot, mungkin Anda cukup menjadi reseller minuman kemasan yang saat ini sedang menjadi tren. Anda dapat menjadi reseller produk susu atau minuman kesehatan yang saat ini tengah gencar berpromosi. Terlebih, produk tersebut juga masih dapat disimpan untuk beberapa waktu ke depan.

3. Bumbu Instan

Saat ini, banyak ibu rumah tangga yang tidak ingin mengolah bumbu dengan rumit. Mereka memilih bumbu instan yang dapat langsung mereka gunakan untuk memasak. Jika Anda gemar memasak, pastinya Anda sudah tahu takaran bumbu masakan yang pas untuk menu-menu favorit keluarga.

Pilih pasar potensial di sekitar kawasan Anda terlebih dahulu, sehingga Anda tidak perlu membuat bumbu terlalu banyak. Selanjutnya Anda dapat mengembangkan usaha ini. Pastinya, jika Anda berniat membuat bumbu instan kemasan, Anda harus memiliki ijin dari Badan Pengawas Obat-Obatan dan Makanan.

Sesuaikan dengan Anggaran dan Kemampuan

Contoh usaha modal kecil tersebut diatas hanya sebagian usaha termudah. Tetapi harus Anda pikirkan usaha apa yang sesuai dengan bakat Anda. Jika Anda tidak hobi memasak, tentu Anda tidak dapat memaksakan diri untuk menawarkan catering ke tetangga Anda meski mungkin usaha ini berpotensi besar. Namun, Anda perlu mencari cara lain yang lebih mudah dapat Anda lakukan sembari belajar.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB