Skip to main content

Inilah Mitos Mengenai Nama Kopi!

Apakah kamu pernah mendengar mitos terkait nama kopi? Kopi termasuk jenis minuman yang sangat populer di dunia. Tidak hanya segar, kopi disebut mempunyai berbagai macam manfaat bagi Kesehatan. Hal itu pun sudah dilakukan penelitian oleh para ahli.

Adapun manfaat dari kopi di antaranya dapat memasok energi ke dalam tubuh, meningkatkan konsentrasi, serta menghindari terjadinya penyakit jantung. Kopi juga dapat melindungi tubuh dari adanya radikal bebas. Pasalnya di dalam kopi terdapat zat antioksidan yang sangat tinggi.

7 Mitos Mengenai Nama Kopi yang Banyak Dipercaya

Selain menyimpan banyak manfaat untuk Kesehatan, nyatanya kopi juga mempunyai deretan mitos tersendiri. Bahkan di jaman sekarang masih banyak orang yang mempercayainya. Mitos itu sendiri sangat berkaitan dengan kafein, zat yang terkandung dalam jenis kopi. Lantas bagaimana dengan keakuratannya? Di bawah ini adalah sederet mitos yang berkaitan dengan kopi.

1) Kopi yang diminum di siang hari membuat insomnia

Bahan-bahan aktif pada kopi yaitu kafein, yang merupakan zat psiko aktif yang banyak menjadi konsumsi setiap orang. Kafein merupakan stimulant, namun jika kamu mengonsumsi zat ini sewaktu siang hari, maka akan melalui proses yang begitu cepat. Lalu 75 persen kafein akan dikeluarkan oleh tubuh selama 4-7 jam. Dengan begitu, apabila kamu meminum kopi di waktu siang tidak akan berpengaruh dengan waktu tidur malam.

2) Kopi dapat menurunkan berat badan

Efek stimulasi dari oleh kafein dipercaya bisa menaikkan metabolisme tubuh, namun jumlahnya tergolong sedikit. Hal tersebut tidak akan cukup supaya berat badan menurun dalam jangka waktu panjang.

Kafein sendiri juga bisa mengurangi rasa lapar, itu pun hanya dengan waktu singkat. Jadi, tidak ada bukti yang cukup kuat jika dengan mengonsumsi kopi bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Lain halnya apabila kamu menghabiskan semua energi saat berolahraga.

3) Kafein sangat adiktif

Banyak orang yang percaya kafein dapat membuat sedikit ketergantungan. Namun kenyataannya, efek tersebut hanya bertahan sebentar saja. Jadi kopi bukanlah seperti heroin yang mempunyai ketergantungan pada apa pun. Kopi bukan sejenis obat yang menjadikan orang ketagihan.

4) Kopi menyebabkan penyakit berbahaya

Mengonsumsi kafein sebanyak 3 cangkir kopi atau 300 miligram setiap harinya, tidak akan membuat kesehatanmu bermasalah. Apabila tekanan darah cukup tinggi, detak jantungmu bisa meningkat untuk sementara, tetapi hal itu tidak diakibatkan oleh kafein. Begitu juga dengan penyakit lainnya. Justru apabila konsumsinya dalam batas normal, kopi sangat bermanfaat untuk kesehatan.

5) Wanita hamil tidak disarankan minum kopi

Kafein nyatanya tidak begitu berbahaya untuk janin. Meskipun begitu, ada baiknya ibu hamil untuk membatasi konsumsi harian kafeinnya. Maksimal sebanyak 200 miligram atau secangkir kopi. Kafein sendiri bisa melewati plasenta, bahkan menghampiri bayi. Namun, tidak terdapat penelitian kuat yang dapat membuktikan jika hal ini berbahaya.

6) Kopi mengakibatkan dehidrasi

Bagi kebanyakan orang mempercayai bahwa dengan meminum satu gelas kopi dapat membuat dirinya dehidrasi. Kafein yang terkandung dalam kopi mempunyai sifat diuretic, di mana dia bisa membuat orang jadi lebih sering buang air. Akan tetapi, bukti ilmiah yang menyatakan dehidrasi diakibatkan oleh kopi tidak cukup kuat buktinya.

7) Pertumbuhan tulang dapat terhenti

Umumnya, tidak ada jenis makanan ataupun minuman khusus yang membuat pertumbuhan tulang berhenti. Sebab, tulang akan berhenti tumbuh saat menginjak usia remaja. Jadi mengonsumsi kopi tidak ada pengaruhnya pada magnesium dan kalsium di tulang yang menghilang.

Sekian berbagai macam mitos yang sering terdengar dari nama kopi. Mengonsumsi kopi nyatanya tidak akan membuat kesehatan jadi terganggu. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya. Justru jika terlalu berlebih, akan mengganggu Kesehatan tubuh.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB