Skip to main content

Apa Itu HKI? dan Bagaimana Peran Konsultan HKI

Apakah anda pernah mendengar istilah HKI? Mengapa suatu badan usaha atau bisnis memerlukan HKI? Lalu apa fungsi atau manfaat menggunakan konsultan HKI Terdaftar? Karena menyangkut perlindungan atas hak cipta, maka penting untuk memahami apa itu HKI.

Pengertian dan Fungsi Konsultan HKI

Secara harfiah, istilah HKI merupakan singkatan dari Hak Kekayaan Intelektual, yaitu hak untuk memperoleh perlindungan hukum yang sah, atas kekayaan intelektual, baik dari individu maupun suatu instansi atau kelompok usaha tertentu.

HKI dicetuskan pertama kali pada abad ke-17 dan 18 di Inggris, yang kemudian berkembang terus menerus hingga saat ini. HKI memiliki banyak jenis, beberapa yang terkenal adalah hak cipta, paten, merek dagang, dan rahasia dagang.

Secara garis besar, tujuan dari HKI adalah untuk mendorong terciptanya berbagai karya intelektual, menghindari adanya plagiat karya, memberikan perlindungan terhadap karya dan penciptanya, serta memberikan keuntungan kepada pemilik karya intelektual.

Lalu apakah peran konsultan untuk HKI penting? Jika anda baru pertama kali mengetahui apa itu HKI dan tidak tahu cara mendaftarkannya, konsultan untuk HKI lah yang memiliki peran penting dalam hal ini.

Apa yang Dilakukan Oleh Konsultan untuk HKI?

Mendapatkan HKI bukanlah hal yang boleh disepelekan, dalam hal kompetisi bisnis. Misalkan saja aturan pembayaran royalti untuk pemilik karya, dan pencegahan peniruan, seorang pelaku karya yang awam tentu memerlukan peran seorang konsultan.

Konsultan untuk HKI adalah orang yang memiliki keahlian pada bidang HKI, yang akan membantu customernya untuk melakukan pengajuan dan pengurusan permohonan HKI. Nah, berikut adalah peran yang dilakukan oleh seorang konsultan Hak Kekayaan Intelektual:

1. Membantu Pendaftaran HKI

Konsultan untuk HKI akan membantu anda melakukan pendaftaran HKI untuk produk, jasa, atau karya anda. Pendaftaran ini bisa dilakukan secara online maupun offline, yaitu ke Ditjen HKI. Konsultan juga akan membantu anda menyiapkan dokumen persyaratannya.

2. Mendapatkan HKI

Untuk mendapatkan HKI, tentu anda harus melakukan berbagai prosedur yang sudah ditetapkan. Tidak jarang juga ada kasus HKI yang gagal untuk didaftarkan. Jika tidak bisa didaftarkan, maka tidak akan mendapatkan perlindungan sah secara hukum.

Dalam hal ini, konsultan akan membantu anda mulai dari mengidentifikasi jenis produk atau jasa. Kemudian menentukan kategorinya, termasuk hak paten, merek, cipta, desain industri atau lainnya.

Jika pengkategorian ini salah, maka bisa menyebabkan HKI yang anda daftarkan gagal, atau tidak diterima oleh Ditjen HKI.

3. Memeriksa HKI

Perlu anda pahami bahwa HKI adalah hal serius, oleh karena itu, anda memerlukan bantuan konsultan untuk memeriksa produk atau jasa HKI, tujuannya adalah untuk proses komersialisasi.

HKI memang bisa digunakan untuk tujuan komersial, oleh karena itu, hal ini juga harus dirancang dengan benar. Mulai dari melakukan drafting perjanjian lisensi, royalti penggunaan karya, hukuman plagiat, dan peraturan lainnya.

4. Menyelesaikan Permasalahan HKI

Kerap kali, HKI pada suatu produk mengalami permasalahan, misalkan saja jika terjadi pelanggaran HKI karena penjiplakan oleh orang lain. Anda sebagai pemilik HKI memiliki hak untuk mengajukan tindakan tersebut secara hukum.

Nah, untuk membuktikan keaslian dari HKI anda, anda memerlukan semacam pengacara yang memahami dengan baik bagaimana cara anda mendapatkan HKI. Konsultan bisa menjadi pengacara dan membantu pengajuan gugatan secara hukum.

Itulah pengertian dan fungsi atau manfaat menggunakan konsultan HKI. Perlu dipahami sekali lagi, bahwa HKI tidak boleh anda sepelekan. Jika anda memiliki usaha atau bisnis, segera daftarkan HKI untuk produk anda, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB