Skip to main content

Syarat Pendaftaran Merek dan Manfaat Jasa Pendaftaran Merek

Untuk melindungi merek bisnis yang anda miliki, sangat penting untuk menggunakan jasa pendaftaran merek dagang agar proses pendaftaran bisa berjalan dengan baik. Hal ini dilakukan agar tidak ada yang menggunakan brand bisnis anda. Tentunya anda tidak ingin orang lain mengambil brand bisnis anda yang sudah lama dibangun dengan susah payah.

Sebagai identitas sekaligus alat promosi, itulah salah satu dari dua fungsi terpenting dari sebuah merek bisnis. Konsumen akan lebih mudah percaya pada kualitas barang atau jasa yang ditawarkan oleh merek bermerek. Adapun syarat pendaftaran merek menjadi mudah bersama jasa pendaftaran merek.

Pada dasarnya, jika suatu usaha menjual suatu produk atau jasa dan telah memiliki merek, maka merek tersebut harus didaftarkan pada suatu lembaga resmi. Merek yang telah didaftarkan di suatu tempat resmi akan diakui legalitasnya dan akan mendapat pengakuan dimata hukum. Simak manfaat lainnya berikut ini.

Manfaat Jasa Pendaftaran Merek Dagang

Sebagai Identifikasi

Konsumen dapat dengan jelas melihat merek yang tertera dan menjadi identitas suatu produk. Dengan demikian, akan memudahkan konsumen untuk mengidentifikasi produk yang akan mereka beli. Konsumen dapat memilih sendiri alternatif terbaik untuk suatu kategori produk dan pilihan terbaik dalam pilihan kategori yang lebih spesifik.

Sebagai Jaminan

Merek resmi akan memberikan jaminan kepada konsumen. Jaminannya tetap memberikan kualitas yang sama kepada konsumen, meskipun produk dibeli di tempat dan waktu yang berbeda. Jika sebuah merek telah terdaftar secara resmi, itu pertanda bahwa konsumen akan mengkonfirmasi citra yang mereka dapatkan dari merek produk yang mereka beli.

Adanya Identitas Produk

Setiap layanan atau produk yang diluncurkan oleh bisnis anda dapat memiliki identitas. Strategi branding di komunitas yang anda lakukan dapat menentukan identitas produk anda. Brand anda bisa dikenal sebagai produsen yang mengutamakan kualitas, memberikan harga yang murah, atau mungkin sering memberikan bonus dan diskon.

Menjadi Pembeda dengan Produk Lain

Hal ini juga dapat menjadi pembeda kualitas antara produk satu merek dengan produk merek sejenis lainnya, sehingga tidak hanya terbatas pada klasifikasi bisnis yang berbeda.

Mendapatkan Perlindungan

Jika anda telah mendaftarkan merek dagang dan memperoleh sertifikat dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, maka merek bisnis anda sudah bisa mendapatkan perlindungan hukum. Oleh karena itu, merek anda tidak akan mendapatkan perlindungan hukum selama merek tersebut belum didaftarkan, karena masih berstatus umum.

Jadi kelemahannya adalah pemilik asli merek tidak dapat menuntut secara hukum jika terjadi pencurian, karena setiap orang dapat dengan bebas menggunakannya. Sejak tanggal penerimaan sampai dengan 10 tahun ke depan, negara akan memberikan hak eksklusif kepada pemilik merek terdaftar dan melindungi merek tersebut secara penuh.

Jika jangka waktu 10 tahun telah berakhir, maka pemilik merek perlu memperpanjang hak merek dagang usahanya. Merek bisnis anda dilindungi sepenuhnya oleh Undang-Undang Merek dan Indikasi Geografis, setelah anda berhasil mendaftarkan merek dagang.

Memiliki Nilai Ekonomis

Basis konsumen yang lebih besar dapat diperoleh oleh merek-merek yang berhasil melakukan branding dengan baik dan masyarakat juga dapat dengan mudah menerima setiap produk baru yang dikeluarkan. Umumnya calon konsumen biasanya kurang percaya diri pada produk yang tidak memiliki merek atau identitas.

Berbagai ulasan di atas dapat menunjukkan betapa pentingnya mendaftarkan merek bisnis. Saat ini anda sudah bisa menggunakan layanan pendaftaran merek Patendo yang kini dapat mempermudah proses pendaftaran merek anda.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB