Skip to main content

Pentingnya Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek

Jasa pendaftaran merek sangat penting untuk melindungi merek bisnis anda. Hal ini dilakukan agar merek tersebut tidak digunakan oleh sembarang orang. anda tentu tidak ingin brand yang sudah lama dibangun dan susah payah, tiba-tiba diambil orang lain begitu saja. Oleh karena itu, perlu dipahami apa saja manfaat pendaftaran merek bagi pelaku usaha.

Sebagai pengusaha pemula, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mengembangkan merek. Fungsi utama dari merek dagang adalah sebagai alat identifikasi dan promosi. Merek bermerek yang memiliki kualitas bagus pasti lebih mudah dipercaya oleh konsumen. Berikut adalah beberapa Keuntungan dan manfaat pendaftaran merek untuk bisnis.

Pentingnya menggunakan jasa pendaftaran merek

Dapatkan Perlindungan Merek baru dapat memperoleh perlindungan hukum setelah didaftarkan dan mendapat sertifikat dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Artinya, selama merek tersebut belum didaftarkan, merek tersebut berstatus umum dan tidak mendapat perlindungan.

Setiap orang juga bebas menggunakan merek tersebut dan pemiliknya tidak bisa menuntut, sistem seperti ini disebut konstitutif. Kondisi berubah ketika anda telah mendaftarkan merek dagang. Dalam sistem pendaftaran konstitutif, prinsip yang berlaku pada penerimaan merek adalah pertama mengajukan.

Siapa pun yang mendaftar terlebih dahulu akan diterima untuk pendaftaran. Tujuannya untuk mencegah kecurangan, pemalsuan dan pencocokan dengan milik orang lain. Merek yang sudah terdaftar, maka akan mendapatkan perlindungan dalam 10 tahun dan bisa diperpanjang atau diwariskan.

Memiliki Identitas Produk

Manfaat selanjutnya dari daftar merek adalah memberikan identitas pada bisnis anda. Sebagaimana dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Identitas ini tergantung pada strategi branding di masyarakat.

Jadi, tentukan apakah anda akan memperkenalkan merek sebagai produsen murah atau mengutamakan kualitas, bahkan memberi banyak bonus.

Memperoleh Hak Eksklusif

Setelah mendaftarkan merek, tidak ada pihak yang bias menggunakan merek anda secara sewenang-wenang dan anda dapat menuntut secara hukum jika ada masalah.

Memiliki Nilai Ekonomis

Merek yang sudah sukses dalam brandingnya akan memiliki basis konsumen lebih besar dan lebih mudah diterima masyarakat jika mengeluarkan produk baru. Biasanya, produk yang tidak memiliki merek resmi akan kurang dipercaya oleh para calon konsumen.

Ulasan tentang manfaat pendaftaran merek di atas dapat menunjukkan berbagai manfaat yang akan diperoleh dengan mendaftarkan merek atau merek yang pada akhirnya berdampak positif pada bisnis yang dijalankan.

Mencegah Digunakan Pihak Lain

Merek terdaftar dapat menjadi landasan hukum agar orang lain tidak menggunakan merek yang sama untuk produk atau jasa yang anda miliki. Jika anda belum mendaftarkan merek tersebut, maka akan mudah bagi pihak lain jika ingin menggunakan merek tersebut.

Bisa Dijual Melalui Waralaba

Jika anda ingin mengembangkan bisnis dengan sistem franchise atau waralaba, maka anda harus mendaftarkan merek anda. Setelah merek terdaftar maka anda dapat mengembangkan bisnis dengan sistem waralaba.

Sebagai Bukti Kepemilikan Sah

Kasus masalah merek saat ini cukup banyak, jika tidak ada bukti sah kepenilikan, maka akan merugikan pemilik aslinya. Ketika anda mendaftarkan merek, anda akan memiliki sertifikat pendaftaran merek yang dapat digunakan sebagai bukti kepemilikan merek jika terjadi perselisihan.

Merek yang terdaftar di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual meningkat nilainya. Merek yang anda miliki adalah aset yang berharga, jadi setelah anda mendaftarkan merek, asetnya akan meningkat.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB