Skip to main content

Memilih Nama Perusahaan untuk Bisnis Baru

Selain produk dan layanan suatu usaha, nama perusahaan juga memiliki andil dalam keberhasilan sebuah bisnis. Dengan kata lain, nama memberi pengaruh besar dalam bisnis. Sama halnya ketika memberi nama pada anak yang baru lahir, nama harus memberi sebuah kebanggaan bagi keluarga. Selain memiliki arti yang bagus, nama juga harus menarik dan mudah diucapkan.

Mengapa Nama Perusahaan Begitu Penting?

Memilih nama usaha sangat penting untuk kelangsungan bisnis jangka panjang. Sayangnya beberapa orang masih menganggap remeh hal tersebut. Berikut ini alasan kenapa perusahaan harus dinamai sebaik mungkin.

Nama sebagai identitas perusahaan

Nama dimaknai sebagi gagasan, konsep, dan doa. Dilihat dari ilmu metafisika, ternyata penciptaan sebuah nama pada akhirnya dapat berujung pada keberhasilan atau kegagalan. Dari ilmu tersebut, setiap huruf dan kata berikut irama pengucapannya bekerja sebagai sebuah program yang menentukan arah dan langkah jalannya kehidupan seseorang mengikuti alur waktu tertentu dari saat ia lahir hinga dewasa.

Filosofi tersebut perlu diterapkan ketika memberi nama pada suatu perusahaan. Nama harus merepresentasikan perusahaan. Ketika memikirkan nama untuk usaha Anda, hubungkanlah dengan produk yang dijual, jenis industri, dan tempat bisnis tersebut berada.

Misalnya saja perusahaan Aqua Golden Mississippi yang merupakan perusahaan air minum paling besar di negara kita. Mau tahu bagaimana sejarah nama tersebut? Mungkin Anda heran kenapa perusahaan yang didirikan oleh Tirto Utomo tersebut menggunakan bahasa Inggris.

Ternyata, pangsa pasar Aqua memang tidak hanya terbatas pada pasar dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Kata golden mississippi dipilih karena Mississippi adalah nama sungai terpanjang di Amerika Serikat, di mana sungai identik dengan sumber mata air. Sementara itu, aqua diambil dari nama kecil Tirto Utomo, yaitu Kwa Sien Biauw yang kerap dipanggil A Kwa.

Dari contoh di atas, jelas sekali bahwa pemilihan nama tersebut mencerminkan produk yang dijual dan pendiri perusahaan. Contoh lain adalah perusahaan raksasa Google. Kata google bahkan sudah masuk ke dalam kamus sebagai sebuah kata kerja yang berarti mencari informasi di internet menggunakan mesin pencarian Google.

Awalnya, pendiri Google berniat menggunakan nama Googol yang merupakan bilangan yang sangat besar. Nama ini mencerminkan mesin pencarian Google sebagai gudang pencarian informasi tak terbatas di internet. Namun, ketika mengetikkan nama domain, terjadi salah ketik dari Googol.com menjadi Google.com.

Di sini terlihat bahwa penamaan perusahaan terkadang terjadi karena sebuah ketidaksengajaan. Walaupun demikian, ketidaksengajaan tersebut ternyata membawa hoki yang tak terduga bagi perusahaan. Nama memang memiliki cerita dan sejarah tersendiri yang menggambarkan perjalanan sebuah perusahaan.

Penting dalam pemasaran

Nama sebuah perusahaan juga memegang peranan penting dalam pemasaran. Nama yang enak didengar dan mudah diucapkan akan cepat diingat konsumen dan sering dibicarakan. Hal ini dapat menjadi strategi marketing yang efektif.

Bayangkan ada konsumen yang puas membeli produk dari perusahaan Anda dan ia hendak merekomendasikan perusahaan Anda pada koleganya. Jika nama bisnis Anda terlalu panjang dan sulit diucapkan, alhasil konsumen Anda akan lupa dan gagal menginformasikan nama tersebut pada orang lain. Karena itulah, nama sebaiknya dibuat pendek dan mudah dilafalkan.

Kesimpulannya, memberi nama suatu perusahaan tidak boleh sembarangan. Selain melambangkan citra bisnis, nama perusahaan yang tepat dan menarik akan mencuri perhatian konsumen sehingga bisnis Anda akan cepat melesat.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB