Skip to main content

Mengenal Trademark di Indonesia serta Manfaatnya bagi Bisnis

Ada banyak perusahaan yang mendaftarkan trademark indonesia dan memang menggunakan merk dagang pada suatu produk perusahaan sangat penting. Hal ini agar menghindari merek Anda dicuri idenya, mulai dari nama, manfaat serta kualitas pada barang atau jasa tersebut.

Trademark juga sering disebut sebagai merek dagang, dan biasa ditunjukkan dalam bentuk slogan, logo, simbol ataupun kata. Setiap produk pada umumnya memiliki nama merek dagang mereka sendiri, hal ini dilakukan agar konsumen dapat membedakan brand dengan merk lain.

Tanpa adanya trademark, maka setiap orang bisa dengan mudahnya menggunakan nama atau logo suatu barang atau jasa usaha. Tentunya hal tersebut dapat merugikan suatu perusahaan, sebab konsumen tidak dapat membedakan produk yang biasa mereka beli.

Persaingan bisnis semakin ketat setiap harinya, selalu ada brand baru dengan kualitas serta manfaat lebih baik dari kebanyakan produk serupa. Hal ini tentunya mengancam produk sebelumnya, bukan tidak mungkin bahwa suatu perusahaan bisa kehilangan konsumen loyalnya.

Mengenal Apa Itu Trademark di Indonesia

Bagi pengusaha tentunya istilah trademark sudah tidak asing lagi, bahkan merek dibuat sebelum mereka memasarkan produk perusahaan. Karena mereka ingin konsumen bisa mengenal nama produk tersebut lebih dulu, kemudian mengetahui apa manfaat dan kualitas yang didapat.

Trademark hadir dalam beberapa bentuk, seperti kata, gambar, logo atau frasa. Jika ingin barang atau jasa perusahaan selalu diingat dan dikenang oleh konsumen, maka perusahaan perlu memikirkan hal unik seperti apa yang akan membekas di pikiran target konsumen mereka.

Seperti halnya perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, dimana beberapa perusahaan tersebut memiliki slogannya masing-masing, yang mudah diingat dan dikenali. Hal tersebut tentunya berdampak positif, sebab perusahaan dapat membangun brand awareness pelanggan.

Bukanlah hal mudah dalam membuat trademark indonesia dan beberapa produk laris sekalipun mudah dilupakan oleh pelanggan, dan hanya menarik perhatian mereka pada awal pembelian. Tentunya hal ini merupakan salah satu kondisi, yang ingin dihindari oleh perusahaan.

Meskipun membuat merek dagang terbilang sulit, namun Anda juga perlu memikirkannya dengan cepat dan sekreatif mungkin, sebelum ide Anda digunakan oleh perusahaan lain. Dan ingat untuk membuat sebuah merek, yang sesuai dengan manfaat dan kualitas pada produk.

Jangan pernah mencoba untuk membohongi pelanggan, dengan memberikan iming-iming yang tidak sesuai dengan khasiat barang atau jasa. Tentunya hal tersebut dapat menghilangkan rasa kepercayaan pelanggan, dan berdampak negatif pada brand perusahaan nantinya.

Manfaat Trademark di Indonesia bagi Bisnis Anda

Pada setiap bisnis di Indonesia, kebanyakan mereka menggunakan merek dagang sebagai identitas suatu produk. Tanpa adanya trademark, maka brand akan sulit dikenali dan ditemukan oleh konsumen, berikut manfaat lain yang dimiliki oleh trademark pada bisnis Anda.

1. Menjadi Alat Komunikasi bagi Target Market

Dengan adanya trademark pada perusahaan Anda, maka secara resmi Anda telah memberikan tanda pada produk tersebut. Melabeli produk sebagai representasi dari reputasi barang atau jasa tersebut, serta bisa menjadi alat komunikasi bisnis yang efektif kepada target konsumen Anda.

Dengan melihat logo perusahaan, maka konsumen bisa menilai brand Anda dengan mudah, bagaimana kualitas serta reputasi produk yang dimiliki. Maka dari itu menghasilkan barang atau jasa dengan kualitas terbaik, juga tidak kalah penting untuk pebisnis pikirkan.

2. Menghindari Plagiarisme

Manfaat mendaftarkan trademark di Indonesia berikutnya, menghindari plagiarism dimana setiap barang atau jasa yang Anda hasilkan bisa saja diikuti oleh perusahaan lain, jika pebisnis tidak mendaftarkan trademark produk perusahaan.

Jangan sampai hal ini terjadi, sebab barang atau jasa Anda akan sulit dikenali oleh konsumen nantinya. Pasti setiap orang tidak suka jika hal yang mereka buat dengan pikiran dan usaha sendiri, dijiplak atau diikuti oleh orang lain bukan.

3. Sebagai Identitas Produk

Logo atau nama telah Anda buat khusus pada suatu produk yang Anda hasilkan, tentunya bertujuan agar produk tersebut menjadi pembeda dengan barang atau jasa lain. Hal ini menjadikan trademark juga berfungsi sebagai identitas, dan merepresentasikan produk Anda.

4. Mendapat Perlindungan Merek

Manfaat lain dari trademark di Indonesia adalah, pebisnis bisa mendapat perlindungan merk. Dengan adanya perlindungan merek, maka hal tersebut membuktikan bahwa merek barang atau jasa Anda asli dan tidak dapat ditiru oleh perusahaan lain.

Jika suatu perusahaan terbukti menggunakan merek dagang Anda, maka pihak peniru tersebut bisa ditindak tegas karena melanggar peraturan perundang-undangan. Pebisnis juga akan mendapat hak eksklusif, berupa pemberian hak untuk seseorang menggunakan merek Anda.

Trademark yang Tidak Dapat Didaftarkan

Tidak semudah itu Anda mendaftarkan merek dagang pada negara, tentunya merek Anda akan diperiksa terlebih dahulu, mulai dari apakah trademark pada produk tersebut sesuai dengan kualitasnya, serta belum ada perusahaan yang menggunakan merek serupa.

1. Trademark Berlawanan dengan Ideologi Negara

Tentunya trademark yang pebisnis gunakan, harus sesuai dengan ideologi negara, undang-undang, agama, moralitas dan lainnya. Jika berlawanan dengan hal-hal tersebut, maka terpaksa trademark perusahaan tidak dapat didaftarkan dan perlu diperbaiki kembali.

2. Terdapat Varietas Tanaman yang Dilindungi pada Produk

Faktor lain membuat trademark di Indonesia tidak dapat didaftarkan adalah, pada produk yang dihasilkan mengandung jenis tanaman dilindungi oleh negara. Hal tersebut tentunya bersifat illegal, dan bertentangan dengan aturan pemerintah.

Karena dengan penggunaan varietas tanaman dilindungi, maka perusahaan Anda mendukung penggunaan tanaman tersebut, sehingga tingkat kelangkaan tanaman berpotensi terus mengalami pengurangan.

3. Tidak ada Pembeda dengan Produk Lain

Jika pada barang atau jasa yang perusahaan hasilkan terbukti tidak ada pembeda, antara produk sejenis lainnya dengan merek berbeda, maka hal tersebut bisa berpotensi Anda melakukan plagiarisme, sehingga pendaftaran trademark tidak dapat diproses.

4. Mengandung Keterangan yang Berlawanan dengan Manfaat Produk

Hal lain yang bertentangan dengan pendaftaran trademark di Indonesia adalah, pada produk perusahaan terdapat keterangan yang berlawanan dengan manfaat produk. Tentunya hal ini dapat menipu pelanggan, dan jika dibiarkan maka barang atau jasa Anda bisa mendapat kecaman.

Selain itu jika terbukti keterangan barang atau jasa tidak sesuai, antara keterangan yang diberikan dengan kualitasnya, maka produk tidak dapat didaftarkan. Hal ini tentunya tidak dapat dibiarkan, sehingga perusahaan harus memberikan keterangan yang sesuai dengan manfaatnya.

Trademark Dapat Menarik Perhatian Konsumen

Salah satu manfaat dari trademark di Indonesia adalah, perusahaan melalui produknya bisa menarik perhatian konsumen. Kebanyakan kasus yang terjadi, meskipun produk tidak lebih baik dari produk sejenisnya, namun memiliki trademark menarik pada produk tersebut.

Maka produk tersebut bisa mendapat pelanggan, sebab banyak klien merasa penasaran dengan trademark yang diberikan, mereka ingin membuktikan apakah trademark yang diberikan sesuai dengan kualitas dari barang atau jasa tersebut.

Mendapat perhatian konsumen pastinya menjadi hal yang selalu diinginkan oleh perusahaan, terlebih lagi jika Anda baru mengeluarkan produk terbaru. Antusias yang diberikan oleh konsumen.

Hal ini membuat calon konsumen lain juga merasa penasaran dengan produk tersebut. Para pebisnis pasti sudah terbiasa dengan istilah trademark, dengan adanya merek dagang yang Anda buat, pastinya hal tersebut menjadi pengingat bagi konsumen.

Terutama akan kualitas atau reputasi pada barang atau jasa Anda. Jadi segera daftarkan merek dagang Anda, dan rasakan manfaat trademark di Indonesia yang berdampak positif pada perkembangan bisnis Anda.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB