Skip to main content

Cara Menghemat Daya Baterai Ponsel Agar Lebih Awet dan Tahan Lebih Lama

Sekarang ini ponsel merupakan alat komunikasi yang utama yang banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Dalam perkembangannya, ponsel atau sering disebut handphone atau hp tidak lagi hanya memiliki fungsi sebagai alat komunikasi saja. Namun saat ini handphone telah berubah fungsi menjadi alat yang serba bisa dengan banyak fungsi yang kemudian kini disebut dengan istilah ponsel pintar atau smartphone.

Di zaman serba canggih sekarang ini, selain berfungsi sebagai alat komunikasi, smartphone juga memilik fungsi sebagai alat yang banyak bantu segala aktifitas manusia. Mulai dari pesan makanan, menjual produk, nonton video, bersosial media, hingga untuk bermain game untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan penat setelah beraktivitas.

Namun, satu yang tetap tidak berubah dari dulu sampai saat ini dari sebuah ponsel adalah masih tetap menggunakan daya dari baterai.

Dan saat ini teknologi baterai telah berkembang cukup pesat, namun meskipun begitu pada kenyataannya sampai saat ini daya pada baterai ponsel masih memiliki jangka waktu dalam penggunaannya. Artinya sampai saat ini masih belum ada baterai hp yang dayanya tidak dapat habis atau tidak perlu di-charge.

Bahkan pada kenyataannya seiring dengan penggunaan harian sebuah ponsel, kemampuan daya dari baterai ponsel semakin menurun. Apalagi jika ponsel terlalu sering dipakai untuk beraktifitas rutin seperti menonton video dan bermain game, maka daya dari baterai ponsel akan cepat habis.

Lalu bagaimana cara untuk menghemat daya dari baterai ponsel agar hemat dan tahan lama?

Cara Menghemat Daya Baterai Ponsel

Dilansir dari blog oppotutorial yang menyediakan berbagai tutorial penggunaan ponsel, berikut ini ada beberapa cara untuk menghemat daya baterai ponsel agar awet dan tahan lama.

1. Matikan Mode Getar

Biasanya ketika seseorang tengah berada di suatu tempat tertentu, banyak di antaranya mengalihkan mode dering ke dalam mode getar. Alasannya tentu saja agar ketika muncul pemberitahuan di ponsel tidak mengganggu suarana karena suara dering yang muncul dari hp.

Namun agar daya baterai hp awet, sebaiknya kita tidak mengaktifkan mode getar, namun justru harrus mematikan mode getar. Hal ini karena untuk penggunaan mode getar justru akan membutuhkan daya baterai yang lebih besar jika dibandingkan dengan penggunaan mode yang lainnya. Sebaiknya di situasi seperti ini kita menggunakan mode pesawat saja.

2. Hindari Penggunaan Baterai Sampai Panas

Jika Anda termasuk seseorang yang sering menggunakan ponsel dalam waktu yang lama setiap hari, maka Anda harus berhati-hati. Sebaiknya Anda pastikan untuk mengistirahatkan ponsel secara berkala dalam penggunaannya. Dengan begitu maka baterai ponsel tidak akan cepat panas sehingga ini akan membantu memulihkan sistem kerja ponsel dan menghindari baterai ponsel meledak.

3. Gunakan Mode Penghemat Baterai

Cara lainnya yang dapat Anda gunakan untuk menghemat baterai ponsel dan menjadi awet yaitu dengan menggunakan atau menyalakan mode penghemat baterai hp. Dalam penggunaan mode penghemat baterai ini sebaiknya Anda lakukan pada saat baterai ponsel kita sudah akan habis. Dengan cara mode penghemat baterai ini, maka baterai yang tadinya sudah akan habis menjadi bertahan lebih lama lagi sampai kita men-charge-nya.

4. Matikan Menu GPS

Menu GPS di ponsel ini tentunya memiliki berbagai manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu berfungsi sebagai peta atau alat penunjuk jalan pada saat kita sedang bepergian. Dan ada beberapa aplikasi juga yang akan memerlukan fitur GPS ini ketika di-install. Namun jika aplikasi-aplikasi tersebut sedang tidak digunakan, maka sebaiknya matikan saja menu GPS ini. Karena apabila menu GPS di ponsel ini tidak dimatikan, maka fitur GPS ini akan terus-menerus bekerja untuk terus melakukan perbaharuan dan mencari lokasi. Tentunya hal tersebut nantinya akan sangat menguras daya dari baterai ponsel.

Selain dari beberapa cara untuk menghemat daya baterai hp, berikut ini ada beberapa faktor yang dapat membuat baterai ponsel cepat habis:

  • Tingkat brightness yang tinggi
  • Membuka aplikasi yang menghabiskan baterai
  • Mengaktifkan paket data, lokasi dan bluetooth secara bersamaan
  • Kualitas jaringan lemah

Nah demikianlah artikel tentang beberapa cara untuk menghemat daya baterai agar awet dan tahan lama. Silahkan kunjungi blog tutorialoppo untuk mendapatkan berbagai tutorial Oppo sepert cara root, flash ROM, hard reset, melakukan screenshot, unlock bootloader, ganti font, download tema, spesifikasi dan harga ponsel, dan beragam trik lainnya untuk bermain game Free Fire.

Semoga bermanfaat.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB