Skip to main content

Mengganti Kotak Langganan FeedBurner di Blogger Dengan Follow.it

Seperti kita ketahui bahwa beberapa waktu yang lalu Google telah menghentikan layanan FeedBurner untuk langganan feed blog. Dan sampai saat ini sepertinya Google belum menyediakan pengganti FeedBurner.

Untuk itu, kini saya bagikan cara untuk mengganti kotak langganan FeedBurner di Blogger tanpa merubah desain kotak langganan yang sudah ada di blog.

Adalah Follow.it, sebuah platform yang menyediakan layanan langganan via RSS untuk pembaca setia website seperti halnya FeedBurner.

Namun bukan hanya untuk publisher atau pemilik website saja, kita juga bisa mengelola daftar baca kita dari website-website favorite kita.

Baiklah, untuk mulai mengganti FeedBurner dengan Follow.it, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Silahkan daftar akun (Sign Up) di https://follow.it/
  2. Setelah berhasil daftar dan login di dashboard Anda, silahkan pilih layanan basik (gratis) di bagian Features & Plans.
  3. Kemudian silahkan pilih Add Feed lalu masukan URL blog di kotak yang disediakan. Selanjutnya Follow.it akan mendeteksi URL Feed blog, silahkan pilih feed https://www.namablog.com/feeds/posts/default lalu continue.
  4. Di halaman selanjutnya, temukan bagian "Already have a form?" lalu silahkan copy kode HTML yang disediakan, simpan di notepad.

  5. Selanjutnya klik continue dan DONE.
  6. Masuk lagi ke sebuah halaman, klik continue.
  7. Selanjutnya silahkan masukan email untuk klaim feed yang kita buat tadi. Selanjutnya periksa email dan temukan Feed Claim Request on follow.it lalu copy kode meta yang diberikan lalu pasang di edit HTML blog di bagian <head>.
  8. Setelah itu, masih di email tadi, klik link untuk klaim feednya dan tunggu proses klaim selesai.
  9. Selesai.

Selanjutnya, masuk ke edit HTML blog dan temukan kode untuk kotak langganan blog seperti berikut ini (jump to widget FollowByEmail1).

<form action='https://feedburner.google.com/fb/a/mailverify' expr:onsubmit='&quot;window.open(\&quot;https://feedburner.google.com/fb/a/mailverify?uri=&quot; + data:feedPath + &quot;\&quot;, \&quot;popupwindow\&quot;, \&quot;scrollbars=yes,width=550,height=520\&quot;); return true&quot;' method='post' target='popupwindow'>
        <table>
          <tr>
            <td>
              <input aria-label='Email' class='follow-by-email-address' name='email' placeholder='Email address...' type='text'/>
            </td>
            <td>
              <input class='follow-by-email-submit' type='submit' value='Submit'/>
            </td>
          </tr>
        </table>
        <input expr:value='data:feedPath' name='uri' type='hidden'/>
        <input name='loc' type='hidden' value='en_US'/>
      </form>

Untuk kode yang ditandai, silahkan ganti dengan kode HTML dari Follow.it untuk form di langkah ke-4 tadi menjadi seperti berikut sebagai contohnya dari salah satu blog saya. Tambahkan kode target='_blank' agar ketika tombol langganan diklik terbuka di tab baru.

<form action='https://api.follow.it/subscription-form/Rll5VDJQc09iWHJDMFhNZkgyc2paZms2aGgrQW1uTHN5cnVJWCs5N0dYQzlQaHJCSHRjeldQUURuU0pqOTNKbHRyTFd2bk1YT291ZmVKcU50K0c3NjN1aHRjaXdLeVBnK3BlTEIvamlZNlVKaENXY1Jrb09vNU1MaDA5djA2MzN8eHlvM2xkTXY3MGpiVWNIZEpVVFNlb3lldUgzYjdXRG14N2ZIVkpNOFpzZz0=/8' method='post' target='_blank'>
        <table>
          <tr>
            <td>
              <input aria-label='Email' class='follow-by-email-address' name='email' placeholder='Email address...' type='text'/>
            </td>
            <td>
              <input class='follow-by-email-submit' type='submit' value='Submit'/>
            </td>
          </tr>
        </table>
        <input expr:value='data:feedPath' name='uri' type='hidden'/>
        <input name='loc' type='hidden' value='en_US'/>
      </form>

Selesai, silahkan save edit HTML, lalu silahkan test kotak langganan blog Anda untuk memastikan kalau kotak langganan sudah berganti menjadi Follow.it

Untuk daftar email pelanggan blog dan statistik silahkan cek di dashboard Follow.it Anda.

Anda juga bisa import list langganan sebelumnya dari FeedBurner, silahkan ikuti link berikut: Cara beralih dari Feedburner ke follow.it

Silahkan coba di blog saya yang sudah menggunakan Follow.it untuk mengganti kotak langganan FeedBurner: Pojok Info

Selesai, semoga bermanfaat.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB