Skip to main content

Mengenal Mesin Laminating untuk Kebutuhan Usaha Anda dan Cara Perawatannya

Mengenal Mesin Laminating untuk Kebutuhan Usaha Anda dan Cara Perawatannya - Mesin laminating umumnya banyak dijumpai dan digunakan di perkantoran, usaha kecil, dan juga sekolah-sekolah. Laminasi banyak dibutuhkan untuk menjaga dokumen agar tersimpan lebih lama, terhindar dari noda, dan tentunya juga menjadi kedap air.

Dan seperti yang sudah kita ketahui, di pasaran sudah banyak beredar mesin laminating ataupun mesin laminasi dengan berbagai macam tipe dan bentuknya. Anda hanya tinggal memilih mesin laminating atau memilih mesin laminasi mana yang cocok dengan dana yang Anda miliki dan tentunya juga yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

Oleh karena itu, untuk membantu Anda memilih yang terbaik, ada baiknya Anda memiliki pengetahuan tentang mesin laminating dan juga cara perawatannya.

Mengenal Mesin Laminating

Mesin laminating yang beredar di pasaran umumnya dibagi berdasar proses laminasi. Mesin laminating atau mesin laminasi tersebut yaitu mesin laminating panas dan juga mesin laminating dingin.

Mesin laminating panas ini dikenal juga dengan istilah laminator thermal. Mesin ini tentu saja menggunakan panas untuk proses laminatingnya dengan melelehkan bahan laminasi atau melelehkan bahan perekat laminasi di atas dokumen.

Yang kedua yaitu mesin laminating dingin yang tergolong jenis mesin baru yang beredar di pasaran. Proses laminasi dengan mesin laminasi dingin ini menggunakan perekat dan juga tekanan. Mesin laminasi dingin ini juga dikenal sebagai mesin laminating yang terbilang sensitif terhadap tekanan.

Harga laminating dingin pun biasanya cenderung lebih murah dari harga mesin laminating panas karena mesin laminasi dingin tidak memerlukan pemanas.

Bentuk dan Ukuran Mesin Laminating

Mesin laminating yang ringan serta ringkas dapat dipilih jika Anda sering mengubah posisi mesin, namun jika memilih untuk meletakkan mesin laminating secara permanen, maka Anda dapat memilih mesin laminasi yang lebih berat.

Mesin laminating yang portabel biasanya memiliki daya tahan yang kurang baik. Sedangkan mesin laminasi yang ukurannya besar dan berat biasanya memiliki daya tahan yang tergolong awet.

Rol pada Mesin Laminating

Pada umumnya mesin laminating yang memiliki kualitas yang tinggi biasanya memiliki lebih banyak rol untuk menekan, memanaskan, dan menyegel plastik laminating pada dokumen yang dilaminating.

Kualitas mesin laminating sebenarnya tidak hanya tergantung pada berapa banyaknya rol. Tetapi biasanya untuk mesin laminating yang memiliki jumlah rol yang banyak maka proses menerapkan panas ke plastik laminating menjadi lebih konsisten sehingga mampu menghindari kemacetan.

Sedangkan untuk mesin laminating entery-level yang biasa digunakan hanya memiliki 2 rol untuk menekan dan memanaskan dokumen dan material laminating secara bersamaan.

Nah, jika Anda memiliki budget yang lebih, maka sebaiknya Anda memilih mesin laminasi yang memiliki jumlah roler paling banyak.

Memilih mesin laminasi yang harganya sedikit lebih mahal dengan kualitas yang bagus tentunya akan lebih baik, dari pada Anda membeli mesin laminating yang harganya murah tetapi cepat rusak.

Cara Perawatan Mesin Laminating Agar Awet

Mesin laminasi yang tidak dirawat dan tidak dioperasikan dengan baik dan benar tentunya bisa mempengaruhi keawetan dari mesin laminasi itu sendiri.

Berikut ini cara perawatan mesin laminating yang dapat Anda lakukan agar mesin laminating Anda tetap awet:

  • Bersihkan mesin laminasi secara teratur.
  • Jangan laminating dokumen yang mengandung logam atau bahan konduktif lainnya.
  • Jauhkan kabel listrik dan juga tangan Anda dari bagian yang panas selama proses laminating.
  • Jangan mencoba untuk menggunakan benda tajam untuk membersihkan karet rol.
  • Atur penggunaan mesin dengan menghindari penggunaan mesin secara terus menerus lebih dari dua jam.
  • Hindari penggunaan mesin laminating di luar ruangan.
  • Pastikan sudah mematikan mesin setelah selesai menggunakannya.

Membeli Mesin Laminating di Maxipro

Maxipro adalah perusahaan resmi yang khusus menjual berbagai produk percetakan termasuk menjual berbagai mesin laminating dengan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan untuk service dan pembelian mesin.

Maxipro memberikan pelayanan service selama 1 tahun dengan garansi uang kembali apabila terdapat cacat pada produk saat instalasi. Pelanggan juga mendapat layanan training untuk pengoperasian mesin sampai bisa serta jaminan ketersediaan suku cadang.

Nah, tunggu apa lagi? Segera cari mesin laminasi yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda secara langsung website Maxipro di link berikut: Mesin Laminating Maxipro

Demikian artikel mengenal mesin laminating dan cara perawatannya, semoga bermanfaat.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB