Skip to main content

Cara Mudah Menggunakan Public DNS di Android Dengan Intra

Cara Mudah Menggunakan Public DNS di Android Dengan Intra - Setelah sebelumnya saya membagikan artikel tentang penggunaan Public DNS di Windows, kini saya akan membagikan cara mudah untuk menggunakan Public DNS di Android.

Menurut saya, penting untuk menggunakan Public DNS agar koneksi internet yang kita gunakan menjadi lebih aman dan tentunya akan lebih cepat pula.

Untuk menggunakan Public DNS di Android, kita bisa dengan mudah menggunakan bantuan aplikasi Intra.

Dengan bantuan Intra, kita bisa menggunakan Public DNS dengan mudah, di antaranya kita bisa menggunakan:

  • Google Public DNS
  • Cloudflare 1.1.1.1 DNS
  • Quad9 Secure DNS
  • CleanBrowsing Security Filter
  • Foundation for Aplied Privacy
  • PowerDNS
  • DNS SB
  • Internet Initiative Japan
  • TWNIC Quad101
  • NetWeaver

Dengan Intra, kita bisa dengan cepat membuka browser ataupun membuka aplikasi lain. Anda akan merasa lebih cepat ketika membuka aplikasi Youtube, Facebook, dan lainnya.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, silahkan unduh Intra dan install di Android Anda.

Setelah terinstall, Intra akan meminta izin untuk memulai koneksi VPN dan centang lalu piih Selalu Izinkan.


Kemudian buka Menu garis 3 di kiri atas lalu pilih Setting. Kemudian klik Select DNS over HTTPS Server. Anda bisa memilih salah satu Public DNS yang sudah saya sebutkan tadi di atas pada bagian Built-in Server dan klik tanda panah. Atau bisa menggunakan Custom Server URL dengan menggunakan salah satu URL berikut:

  1. PureDNS: https://puredns.org/dns-query
  2. Google: https://dns.google/dns-query
  3. Cloudflare: https://cloudflare-dns.com/dns-query

Selesai, sekarang koneksi internet Anda sudah diproteksi dan rasakan kecepatan dan keamanan berinternet. Silahkan coba browsing atau buka aplikasi Youtube untuk merasakan perbedaannya.

Sebenarnya pada browser Chrome juga bisa menggunakan Public DNS atau DNS Aman, namun tentu saja hanya berlaku untuk browser Chrome saja, tidak untuk membuka aplikasi lain. Silahkan coba di Setelan > Privasi dan Keamanan > Gunakan DNS Aman > Pilih Penyedia lain. Di situ terdapat CleanBrowsing, Cloudflare, OpenDNS, dan Google dengan klik tanda panah. Atau bisa menggunakan URL Penyedia seperti di atas.

Semoga bermanfaat.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:

PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB