Skip to main content

Memahami Error Reduce Initial Server Response Time Pada LightHouse

Memahami Error Reduce Initial Server Response Time Pada LightHouse - Sebelumnya ada beberapa teman yang menanyakan error reduce initial server response time. Error ini muncul pada tool-tool penguji kecepatan blog, salah satunya tool LightHouse.

Lighthouse melaporkan Time to First Byte, yaitu waktu yang diperlukan browser pengguna untuk menerima byte pertama konten halaman.

Error reduce initial server response time ini muncul pada tab Performance di LightHouse pada saat browser menunggu lebih dari 600 ms agar server menanggapi permintaan dokumen utama.

Perlu diketahui bahwa rata-rata pengguna tidak suka jika halaman membutuhkan waktu lama untuk dimuat. Waktu respons server yang lambat adalah salah satu kemungkinan penyebab pemuatan halaman yang lama.

Dari itu, kemudian saya mencoba untuk memahami masalah yang terjadi ini, khususnya untuk Blogger.

Kenapa error reduce initial server response time ini terjadi? Bagaimana cara mengatasinya pada Blogger?

Sebelumnya perlu diketahui juga bahwa tool LightHouse ini mengecek kecepatan blog pada versi mobile. Sementara untuk Blogger sendiri menggunakan redirect URL untuk mobile yaitu dengan parameter URL ?m=1.

Sehingga ketika kita menge-test dengan LightHouse dengan URL biasa tanpa ?m=1, maka masalah redirect ini akan memengaruhi proses audit Lighthouse. Pada tool ini juga muncul pesan seperti berikut:

Jika diartikan kurang lebih seperti ini.

Halaman mungkin tidak dimuat seperti yang diharapkan karena URL pengujian Anda (https://www.nulisinfo.com/) dialihkan ke https://www.nulisinfo.com/?m=1. Coba uji URL kedua secara langsung.

Nah, jadi untuk menguji kecepatan blog pada LightHouse ini lakukan pada URL mobile dengan parameter ?m=1.

Kemudian untuk kecepatan respon server ini bisa kita tingkatkan dengan DNS Cloudflare seperti yang sudah saya bahas sebelumnya. Silahkan simak artikel berikut ini: Tingkatkan Performa Blog Dengan DNS Cloudflare, tetapi hal ini hanya berlaku untuk custom domain saja.

Jadi, dengan cara di atas tadi maka sebenarnya pada Blogger ini tidak akan ada masalah reduce initial server response time.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB