Skip to main content

Cara Merekam Telpon di iPhone

Cara Merekam Telpon di iPhone - Kadang ada beberapa momen di mana kamu ingin merekam percakapan yang sedang berlangsung di telpon bersama orang-orang tertentu. Hal ini bertujuan agar kamu bisa kembali mengulang momen tersebut.

Dalam kondisi tertentu, rekaman percakapan di telpon juga bisa dijadikan sebagai barang bukti di pengadilan. Bagi pengguna gadget android, maka melakukan rekaman telpon termasuk perkara mudah. Karena di sistem android sudah terdapat fitur untuk melakukan rekaman telpon tersebut.

Namun sedikit berbeda pada iPhone. Di produk milik Steve Jobs tersebut tidak tersedia fitur untuk merekam telpon. Hal ini karena pihak Apple berpendapat bahwa percakapan di telpon termasuk bagian dari privasi, sehingga mereka tidak menyematkan fitur recording telpon ke produk mereka.

Namun bagaimana jika kamu memiliki ponsel iPhone dan ingin merekam percakapan telpon kamu?

Tenang saja... karena kamu tetap bisa merekam telpon di iPhone kok. Caranya dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasinya di App Store. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa cara merekam telpon di iPhone yang bisa kamu terapkan.

Cara Merekam Telpon di iPhone

Satu-satunya solusi dan cara merekam telpon di iPhone yaitu dengan menggunakan aplikasi. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Pertama, buka aplikasi App Store yang ada di iPhone kamu. Aplikasi ini memiiki ikon bertuliskan huruf "A" yang dibentuk seperti alat tulis (berlatar warna biru). Pada umumnya, aplikasi ini bisa kamu temukan di bagian home screen.

Jika sudah dapat, maka langsung saja tekan tombol "Search" atau Cari. Bagian "Search" ini letaknya di bagian kanan atas (ada ikon seperti kaca pembesar).

Klik ikon pencarian tersebut, lalu ketik nama aplikasi perekam telponnya. Namun ada satu hal yang harus kamu tahu dulu nih, yaitu aplikasi merekam telpon ini berbayar ya. Sehingga kamu mesti menyiapkan sejumlah uang agar bisa menggunakannya.

Aplikasi perekam suara terbaik yang bisa kamu pilih itu ada tiga, yang pertama adalah Call Recorder-IntCall, yang kedua TapeAcall Pro, dan yang terakhir Call Recoreding by NoNotes.

Berikut rinciannya:

Call Recorder- IntCall

Call Recorder ini memang dapat kamu unduh secara gratis. Namun ketika kamu akan menggunakannya, maka di situlah kamu akan dikenakan biaya.

Sistem pembayarannya cukup unik dan agak sedikit memberatkan. Jadi setiap per menit panggilan telpon, kamu akan dikenakan biaya sekitar 0,10 dolar AS (setara dengan 1.000 rupiah).

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kamu juga harus memastikan koneksi internet kamu stabil ketika melakukan perekaman.

TapeACall Pro

Cara merekam telpon di iPhone selanjutnya bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi TapeACall Pro. Aplikasi ini mengharuskan kamu membayar 9,99 dolar AS. Meskipun harus membayar di awal, namun kamu bisa menggunakannya dengan bebas (tidak terkena tarif lagi saat menggunakannya).

Call Recording by NoNotes

Berikutnya adalah Aplikasi Call Recording by NoNotes. Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi Call Recorder di atas. Di mana kamu akan dikenakan biaya ketika memulai melakukan perekaman.

Aplikasi ini menetapkan tarif permenit sebesar 0,25 dolar AS (setara dengan 2.500 rupiah).

Kabar baiknya, untuk kamu yang baru pertama kali mengunduh aplikasi ini, maka kamu akan diberikan akses merekam gratis selama 20 menit. Jatah perekaman telpon gratis ini akan kamu dapatkan setiap sebulan sekali.

Cara merekam telpon di iPhone dengan menggunakan salah satu aplikasi di atas cukup mudah kok. Pertama, kamu bisa menekan tombol Get yang letaknya berada di samping aplikasi.

Apabila kamu ingin melakukan pembelian, tombol tadi akan diganti dengan harga yang harus kamu bayar (jika ingin menggunakan aplikasi tersebut). Lalu klik install. Tombolnya berada di posisi yang sama persis dengan tombol "Get" tadi. Silahkan input sandi ID Apple kamu. Maka, App Store akan langsung memprosesnya.

Bagi kamu yang sudah login, maka tidak perlu menginput ID nya lagi. Dan jika iPhone kamu sudah dilengkapi dengan sidik jari, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk login ke App Store kamu.

Jika sudah, maka kamu bisa menjalankan aplikasi ini. Cobalah untuk membuat sebuah panggilan. Oh ya, tampilan antara ketiga aplikasi perekam telpon ini hampir sama saja.

Dan pada umumnya ketiga aplikasi ini juga mempunyai sistem kerja yang sama. Jadi kamu akan langsung terhubung dengan aplikasi. Setelah itu buatlah panggilan, maka panggilan yang kamu lakukan akan berusaha menghubungi nomor yang kamu tuju.

Jika ketika melakukan panggilan muncul pop-up persetujuan (atau ketentuan dan syarat), maka kamu bisa menyetujuinya kemudian memasukkan nomor telpon kamu. Jika telponnya sudah diangkat, aplikasi ini langsung melaksanakan tugasnya. Bila panggilan telpon kamu melebihi jatah dari aplikasi tersebut, maka proses perekaman akan berhenti secara otomatis.

Nah sekarang kamu sudah bisa memutar hasil rekaman yang tadi kamu lakukan. Letaknya hasil rekaman tersebut ada di ruang penyimpanan internet (atau di daftar rekaman aplikasi).

Apabila kamu menggunakan aplikasi Call Recorer, maka kamu bisa menyentuh pilihan Recording (letaknya di bagian bawah layar). Hal ini bertujuan agar rekaman kamu langsung ditampilkan. Kemudian langsung ketuk ikon Play, agar kamu bisa memutar hasil rekaman yang sudah kamu lakukan.

So, tampaknya akan lebih bagus jika kamu memilih aplikasi yang mengharuskan kamu membayar sejumlah uang, daripada harus membayar biaya rekaman per menitnya. Karena walau biayanya cukup mahal di awal, namun kamu bisa menggunakannya secara bebas tanpa harus membayar lagi saat menggunakannya (seperti beberapa aplikasi lainnya).

Demikianlah beberapa cara merekam telpon di iPhone. Semoga bermanfaat.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB