Skip to main content

Biaya Pendaftaran Merek Dagang

Biaya Pendaftaran Merek Dagang - Merek dagang atau brand merupakan identitas dari suatu produk, baik itu barang maupun jasa dari sebuah perusahaan tertentu. Brand tersebut nantinya akan memudahkan para calon konsumen untuk mengenal produk yang sedang ditawarkan.

Selain sebagai identitas, brand juga akan membuat bisnis anda semakin berkembang. Apabila anda belum melegalkannya, maka berikut ini akan diulas cara pendaftaran merek dan biayanya.

Biaya Mendaftarkan Merek Dagang

1. Pendaftaran Secara Offline

Pendaftaran merek dagang yang dilakukan secara offline ini, bisa anda lakukan di Kantor DJKI atau Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Caranya yaitu pertama tama anda harus mengajukan permohonan kepada DJKI, dengan melengkapi beberapa persyaratannya.

Permohonan pendaftaran tersebut, diajukan dalam bentuk dua rangkap yang diketik dengan menggunakan bahasa Indonesia serta memakai formulir yang telah ditentukan DJKI.

Formulir tersebut memuat beberapa hal seperti tanggal permohonan, nama lengkap pemohon, kewarganegaraan dan alamat pemohon. Apabila anda menggunakan kuasa hukum untuk menangani proses satu ini, maka formulir tersebut diisi nama lengkap dan alamat dari orang yang diberikan kuasa tersebut.

Tak lupa juga surat kuasa, yang menandakan bahwa anda telah menyerahkan urusan pendaftaran merek dagang tersebut.

Perpanjangan tersebut dalam jangka waktu selama enam bulan sebelum atau sampai berakhirnya perlindungan merek. Kemudian untuk tarif perpanjangan dalam jangka waktu paling lama enam bulan setelah berakhirnya perlindungan merek, dikenakan biaya sebesar Rp. 6.000.000 untuk umum.

2. Pendaftaran Secara Online

Pendaftaran secara online ini merupakan suatu terobosan terbaru yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, dengan tujuan memudahkan anda ketika akan melakukan pendaftaran merek dagang.

Setelah melakukan pembayaran, maka selanjutnya lakukan pengisian data permohonan pendaftaran merek.

Isilah identitas anda sebagai pemohon dan isi pula nama merek yang akan anda daftarkan ke dalam sistem. Apabila proses pengisian data dan klasifikasi merek telah dilakukan dengan lancar, maka anda tinggal menunggu pengecekan permohonan yang akan dilakukan oleh petugas DJKI.

Biaya pendaftaran merek dagang secara online Rp. 3.000.000. Beragam besaran tarif pendaftaran dan perpanjangan merek dagang yang dijelaskan di atas tersebut, berdasarkan PP Nomor 28 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Bagi anda yang ingin memberikan hak paten untuk merek atau brand dari produk anda, maka segeralah untuk mempersiapkan dana untuk pendaftarannya di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Apa Itu Sesungguhnya Identitas Produk?

Pernah dengar merk dan simbol? Bila pernah, maka hal itu adalah bagian dari satu proses dalam membuat product identity. Tiap barang atau produk pasti harus dikasih identitas supaya lebih jelas dan dapat diketahui oleh seluruh masyarakat.

Satu produk akan dilihat secara riil oleh customer. Waktu itu peranan satu identitas jadi penting untuk barang atau layanan yang Anda buat, hingga hasilkan sesuatu dengan kelebihan tertentu ke customer dalam mengenali satu barang atau layanan.

Satu merk dapat divisualisasikan adanya product identity itu. Masyarakat sekarang ini adalah penilai yang jelas.

Satu perusahaan harus membuat ide produk dan identitasnya hingga warga dapat memandang merk itu.

Ada kesan-kesan mendalam yang diberi perusahaan pada sesuatu produk untuk beberapa pelanggan. Seperti simbol yang unik, gabungan warna, nama produk dan lain-lain. Seterusnya perusahaan akan membuat team dibalik layar buat membuat merek dari produk.

Berikut tata nilai yang akan dibuat, satu product identity yang akan memperbandingkan dengan produk perusahaan lain. Satu produk dipandang benar-benar disukai bila identitas dari produk itu dapat memberi pengetahuan baru ke masyarakat dan melahirkan branding yang kuat.

Itu mengapa identitas satu produk menjadi sangat penting dan mempunyai bermacam jenis peranan buat mempromokan produk dengan beragam merk.

Kecuali jadi alat yang penting dalam peningkatan usaha, lakukan ini untuk membuat produk Anda lebih diketahui warga luas, dimulai dari merk, kemasan sampai tagline dari produk.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB