Skip to main content

Tips Supaya Anak Rajin Belajar di Rumah Saat Pandemi


Tips Supaya Anak Rajin Belajar di Rumah Saat Pandemi - Apakah anak-anak masih tetap rajin untuk belajar di rumah selama pandemi ini? Atau malah justru mereka tambah malas untuk belajar selama pandemi?

Beberapa dari orang tua saat ini mungkin sedang mengeluh karena anaknya jadi malas belajar di rumah yang tentunya dengan berbagai macam alasan yang mereka buat.

Mungkin saja anaknya beralasan kalau sekolahnya masih libur, jadi mereka merasa tidak perlu belajar. Atau mungkin mereka memberikan alasan lainnya seperti capek belajar atau juga capek mengikuti berbagai kelas online yang diadakan oleh sekolah.

Rasa malas anak ini tentunya memang wajar-wajar saja, tetapi tentunya hal ini tidak boleh dibiarkan terus karena hal tersebut bisa saja mempengaruhi prestasi akademik anak nantinya.

Tips Supaya Anak Rajin Belajar di Rumah

Untuk dapat memotivasi anak-anak agar tetap mau belajar di rumah, tentunya jangan hanya menyerahkannya kepada gurunya di sekolah. Karena seharusnya School From Home (SFH) atau belajar di rumah ini hendaknya orang tua dan guru bekerjasama untuk membantu anak-anak untuk belajar di rumah.

Dikutip dari blog pojok edukasi, berikut ini ada beberapa tips untuk memotivasi anak-anak agar rajin belajar selama di rumah saat pandemi seperti sekarang ini.

Mencoba Bernegosiasi dengan Anak

Melakukan negosiasi dengan anak merupakan hal yang sering dilupakan oleh para orangtua. Mereka sering lupa untuk melakukan diskusi dengan anak, lupa untuk menanyakan apa yang menjadi minat anaknya, lupa untuk memperhatikan bakat anaknya, dan tidak mengerti tujuannya belajar.

Bahkan orang tua sering kali memutuskan sendiri untuk memilih kegiatan yang harus diikuti anaknya, atau mendaftarkan sendiri anak ke banyak les pelajaran online, dan banyak yang lainnya lagi.

Yang harus diingat adalah bahwa semua yang baik menurut orang tua tersebut belum tentu merupakan hal-hal yang baik bagi anak-anaknya.

Oleh karena itu, sebaiknya orang tua perlu melakukan negosiasi dengan anaknya. Coba untuk menanyakan apa yang menjadi mimpi anaknya, lalu tanyakan juga apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan mimpinya itu.

Tidak hanya itu saja, memahami kesulitan dalam belajar anak juga merupakan hal yang sama pentingnya dengan melakukan negosiasi dengan anak. Orang tua juga harus memahami tentang kesulitan belajar anaknya, sehingga nantinya dapat membantu anaknya dalam proses belajar di rumah dengan lebih baik lagi.

Memahami Mood Anak

Karena masih anak-anak, bisa saja mood anak-anak untuk belajar di rumah secara online sering naik turun. Dan tentunya hal ini sangatlah wajar dialami oleh anak-anak.

Ketika mood belajar anak sedang menurun, sebaiknya orang tua jangan memarahi anak. Sebaiknya cobalah untuk memahami mood anak lalu coba untuk mendukungnya dengan cara-cara yang dapat menyenangkan.

Jika ternyata anaknya memang sedang butuh waktu istirahat, maka sebaiknya biarkan anak untuk beristirahat. Lalu coba berilah stimulasi yang lainnya supaya anaknya kembali rajin belajar.

Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Ada saatnya orang tua juga harus turun tangan untuk mengajari anaknya. Saat orang tua beralih peran sebagai guru di rumah, maka jadilah sosok seorang guru yang menyenangkan.

Belajar yang baik adalah tentunya belajar yang menyenangkan, maka di sini kesabaran orang tua sangat dibutuhkan. Berikan pelatihan-pelatihan pelajaran yang menyenangkan dengan juga memberikan alternatif jawaban untuk mengisi dan menjawab soal latihan yang diberikan gurunya sebagai tugas sekolah seperti kunci jawaban tema 6 kelas 4 atau kunci jawaban tema 6 kelas 4 Halaman 2, 3, 5, 8, 9.

Alternatif jawaban seperti itu tentunya akan sangat berguna bagi anak-anak maupun orang tua yang sedang membantu anaknya dalam mengerjakan dan menyelesaikan semua tugas sekolah yang diberikan oleh gurunya.

Ketika suasana belajar di rumah menjadi menyenangkan, maka anak-anak tentunya akan merasa lebih nyaman, sehingga nantinya mereka akan dapat lebih banyak menyerap ilmu pelajaran yang diberikan orang tuanya.

Memberikan Pujian pada Anak

Sebaiknya jangan coba menekan anak untuk terus belajar di rumah, namun akan lebih baik jika dukung anaknya dengan pujian. Misalnya, orang tua coba memberikan pujian pada anaknya dalam usahanya mengerjakan tugas-tugas sekolahnya dan juga usahanya untuk tetap mengikuti kelasnya secara online.

Bagaimanapun juga, bahwa anaknya tentunya sudah berusaha dan mencoba sebaik mungkin dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Untuk itu, sebaiknya orang tua harus percaya bahwa anaknya dapat meningkatkan semangat belajarnya.

Jadi, coba berilah feedback yang positif yang dapat memotivasinya dalam belajar di rumah, karena hal ini tentunya jelas lebih baik daripada hanya memarahinya.

Dan yang perlu diingat adalah ketika memberikan pujian juga tentunya harus pada waktunya yang tepat. Namun juga jangan terlalu banyak memujinya supaya nantinya anak tidak menjadi sombong.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB