Skip to main content

Membuat Banyak Tab di Google News Untuk Blogger

Membuat Banyak Tab di Google News Untuk Blogger - Kemarin ada teman Blogger yang bertanya bagaimana cara membuat banyak tab di Google News seperti Kompi Ajaib. Untuk itu pada postingan kali ini saya akan membagikan cara untuk membuat banyak tab di Google News.

Sebenarnya untuk tab lainnya selain tab utama adalah kumpulan postingan per label, jadi di situ kita akan menggunakan feed blog untuk tiap label yang ingin ditampilkan.

Untuk dapat membuat seperti itu, tentunya kita harus membuat atau mendaftarkan blog ke Google News sampai blog kita disetujui.

Dan untuk membuat banyak tab di Google News sebenarnya bisa dilakukan sekaligus ketika daftar atau bisa dilakukan setelah blog disetujui untuk tampil di Google News.

Membuat Banyak Tab di Google News Untuk Blogspot

OK... saya anggap Anda sudah daftar dan disetujui oleh Google News. Untuk membuat banyak tab seperti pada gambar di atas, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Menambahkan Tab per Label

1. Silahkan masuk ke dashboard publisher Google News Anda, lalu silahkan pilih bagian Content kemudian klik Edit Content.

2. Setelah berada di bagian Content, silahkan klik tombol +New Section untuk mulai menambahkan Tab baru. Selanjutnya silahkan isi kolom title dengan nama label yang ingin ditampilkan. Untuk kolom feed silahkan isi dengan kode berikut.

https://www.kompiajaib.com/feeds/posts/default/-/Blogger?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc

Kode yang ditandai silahkan sesuaikan dengan label yang diinginkan, perhatikan besar kecilnya huruf harus sama dengan label postingan blog Anda. Jika labelnya terdiri dari 2 kata atau lebih, spasinya ganti dengan %20 sehingga menjadi seperti ini

https://www.kompiajaib.com/feeds/posts/default/-/Github%20Pages?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc

Untuk kolom yang lain ikuti seperti pada gambar, namun untuk Rendering preferences silahkan pilih AMP jika blog Anda menggunakan AMP atau Use feed content untuk blog non AMP.


3. Setelah diisi semua, silahkan simpan perubahan yang sudah dilakukan dengan klik tombol biru Save di pojok kanan atas. Kemudian silahkan pilih bagian Review & Publish, jika masih ada masalah silahkan kembali lagi ke bagian Content lalu silahkan refresh feed yang tadi ditambahkan. Tunggu sebentar lalu reload halamannya dan pastikan artikelnya sudah termuat, jika belum silahkan refresh feed lagi dan tunggu lagi sampai artikel termuat. Setelah itu silahkan pergi ke bagian Review & Publish lalu reload halamannya dan pastikan artikel blog sudah muncul di Preview.

Lakukan hal yang sama untuk label lainnya yang ingin ditambahkan seperti langkah-langkah di atas.

Selanjutnya silahkan cek di halaman Google News untuk melihat perubahannya, jika belum berubah silahkan tunggu dan cek secara berkala.

Sebagai hasilnya, Anda bisa cek blog Kompi Ajaib di Google News.

Anda juga bisa mengikutinya dengan klik tombol Follow untuk mendapatkan update-update dari blog Kompi Ajaib. Selanjutnya temukan feed Kompi Ajaib di bagian Following atau Mengikuti.

Dan ternyata asik juga membaca artikel dengan aplikasi Google News atau Berita di smartphone, kita masuk ke blog tanpa menggunakan browser dan membaca artikel dengan mudah seperti menggunakan aplikasi.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB