Skip to main content

Pengertian dan Cara Mendapatkan Layanan Web Hosting

Pengertian dan Cara Mendapatkan Layanan Web Hosting - Apakah Anda berencana ingin membuat situs web milik sendiri untuk mengelola bisnis Anda secara online? Dan apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk mengelola bisnis Anda dengan melalui toko online?

Secara sederhana, yang pertama dilakukan untuk mulai membuat toko online yaitu Anda harus memiliki tempat di internet di mana nantinya toko tempat bisnis Anda bisa ditemukan oleh orang lain.

Ini seperti layaknya Anda menyewa lokasi komersial atau Anda menyewa sebidang tanah untuk membangun toko fisik untuk menjajakan produk-produk Anda dan menampilkan barang-barang dagangan Anda.

Jadi dengan kata lainnya adalah bahwa situs web merupakan toko online Anda, dan untuk web hosting adalah tempat di dunia maya di mana toko online Anda berada.

Dengan web hosting maka Anda dapat menyimpan semua file untuk toko online Anda seperti gambar produk, video, teks, dan lainnya yang diperlukan untuk menjalankan website.

Dan ada baiknya ketika akan memilih web hosting yang handal untuk toko online Anda untuk menyediakan ruang penyimpanan file-file toko online Anda, membaca dulu review web hosting agar mendapatkan pilihan web hosting yang terbaik dan bisa diandalkan ataupun tentang info teknologi terbaru dan terupdate lainnya.

Pengertian Web Hosting

Dengan layanan web hosting maka dapat memungkinkan Anda untuk dapat menyimpan file-file web dengan melalui jaringan komputer yang memiliki kemampuan tinggi yang disebut juga dengan istilah web server.

Ilustrasinya secara sederhana seperti berikut, ketika seorang pengunjung memasukkan alamat web Anda di browser, maka web server pada web hosting yang menyimpan file situs web Anda akan segera mentransfer informasi situs web Anda ke komputer pengunjung. Selanjutnya pengunjung dapat melihat dan kemudian menjelajahi web Anda secara online.

Layanan Web Hosting

Ada dua metode tentang bagaimana cara untuk mendapatkan layanan web hosting seperti berikut ini:

  1. Membuat server sendiri
    Jika memang Anda ingin menjalankan situs web Anda menggunakan server sendiri, maka Anda harus memiliki koneksi tetap ke Internet serta memiliki peralatan yang tepat untuk membangun web server. Internet Server Provider (ISP) Anda juga tentunya harus memiliki kemampuan untuk penggunaan tersebut. Selain itu, tertunya Anda juga harus memiliki waktu serta memiliki keterampilan dalam hal mengelola dan mengkonfigurasi web server, menginstal firewall, melakukan perlindungan virus, dan lain-lain.
  2. Sewa layanan web hosting
    Jika Anda tidak memiliki waktu dan kemampual untuk mengelola hosting situs web milik sendiri, maka cara yang mudahnya adalah dengan menggunakan penyedia web hosting dari pihak ketiga. Dengan begitu maka Anda bisa fokus dalam mengembangkan situs web Anda dan serahkan pekerjaan hosting yang rumit ke ahlinya.

Dan sebaiknya sebelum Anda memutuskan untuk memilih penyedia layanan web hosting, maka pastikan bahwa mereka memiliki serta menyediakan fitur-fitur berikut:

  • Memiliki server dengan koneksi jaringan yang kuat, hal ini untuk memastikan kalau situs web Anda nantinya akan dapat dimuat dengan cepat.
  • Dukungan Pelanggan 24/7, pastikan bahwa Anda bisa menghubungi support untuk layanan pelanggan untuk membantu masalah apa pun yang terjadi yang terkait dengan web hosting kapan pun.
  • Bandwidth, jumlah data yang bisa dikirimkan oleh situs web Anda dalam jangka waktu tertentu.
  • Control Panel, dengan ini dapat memungkinkan Anda untuk bisa mengelola situs web Anda untuk melakukan hal-hal seperti membackup file, membuat alamat email, dan lain-lain.
  • Database Management System, hal ini agar Anda bisa menambahkan basis data web Anda sendiri ketika saat dibutuhkan.
  • FTP (File Transfer Protocol) Access, hal ini digunakan pada saat Anda mentransfer file dari komputer Anda ke server.
  • Umumnya sebuah layanan web host biasanya menawarkan fitur-fitur tambahan seperti addon domain, sertifikat SSL, perlindungan spam, backup file, dan lain-lain.

Jenis Layanan Web Hosting

Berikut ini adalah jenis-jenis dasar layanan web hosting yang harus Anda perhatikan agar sesuai dengan jenis situs web yang Anda miliki, apakah itu untuk situs toko e-commerce, blog pribadi, halaman HTML statis, atau pun database-driven.

  • Website builder
  • Shared Web Hosting
  • Hosting VPS (Virtual Private Server)
  • Dedicated Hosting
  • Cloud Hosting

Selain dengan menggunakan layanan website hosting, hal lainnya yang harus Anda lakukan juga adalah membeli domain.

Namun, apa sebenarnya perbedaan antara web hosting dengan nama domain?

Seperti disebutkan di atas, web hosting adalah space server untuk sebagai tempat situs Anda, sedangkan untuk domain adalah alamat situs Anda.

Ketika pengunjung ingin mengakses situs Anda, maka mereka akan menuliskan nama domain ke kolom address pada browser, yang selanjutnya server akan menampilkan konten yang diminta.

Sama halnya dengan menyewa paket hosting, maka Anda wajib untuk membayar sewa nama domain untuk setiap tahun untuk mengamankan tanda kepemilikan domain.


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Buka Komentar
PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB