Skip to main content

5 Software Desain Rumah Gratis Cocok Untuk Pemula

5 Software Desain Rumah Gratis Cocok Untuk Pemula - Apakah Anda ingin mendesain sendiri taman, kamar tidur, interior, atau bahkan rumah? Maka ada dua cara yang bisa Anda pilih. Pertama dengan mendesain dan menggambar semuanya secara manual di kertas. Atau bisa juga menggunakan software desain rumah dan interior untuk membantu menyelesaikan proyek desain rumah yang sedang dibuat.

Ada banyak sekali software untuk keperluan desain rumah dan interior di internet. Ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Jika ingin memakai software desain rumah yang memiliki fitur lengkap, Anda bisa membeli atau berlangganan software desain rumah yang premium alias berbayar. Tapi jika malas mengeluarkan uang hanya untuk keperluan desain, maka Anda bisa mencoba beberapa software desain rumah gratis yang akan saya bahas pada artikel ini.

Baca : 8 Software Desain Terbaik Yang Wajib Anda Coba

Software Desain Rumah dan Interior Gratis

Tidak selamanya yang gratis itu kualitasnya buruk. Disini saya berikan 5 software desain rumah gratis yang fitur dan kualitasnya tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan software desain rumah premium. Berikut kelima software tersebut.

1. Sketch Up Make

Sketch Up Make adalah software desain 3D gratis paling komprehensif yang sangat saya rekomendasikan. Software desain rumah ini mampu memberikan visual 3D yang apik sehingga membuat hasil desain rumah yang dibuat tampak nyata. Selain itu, Sketch Up Make ini cukup fleksibel dan mudah digunakan.

Sketch Up Make ada dua versi, yaitu free version dan pro version. Untuk Free Version sangat cocok untuk Anda yang masih pemula, sedangkan pro version lebih cocok untuk mereka yang sudah profesional di bidang arsitektur, konstruksi, dan desainer interior komersial.

2. Floorplanner

Floorplanner memungkinkan Anda untuk mendesain dan mendekorasi ruangan interior dalam bentu 2D dan 3D yang dapat dilakukan secara online tanpa harus mendownload softwarenya. Kelebihan utama dari Floorplanner ada pada fitur desain interiornya yang berfungsi untuk mendesain denah lantai. Setelah denah lantai jadi, Anda dapat beralih tampilan dan menghias ruang dalam mode 3D.

Mudah digunakan dan mudah dipelajari, jadi jika Anda mencari software desain rumah yang tidak terlalu sulit dipelajari, maka Floorplanner adalah pilihan terbaik.

3. Smart Draw

Smart Draw termasuk software desain interior yang hampir sama dengan Floorplanner untuk mendesain lantai. Cukup mudah dipelajari bagi para desainer pemula, juga dapat memberikan fitur tambahan yang lebih rumit untuk memfasilitasi desainer profesional.

Dengan pilihan furniture, mobil, bahan bangunan, dan ribuan template, Anda bisa berkreasi sebanyak-banyaknya untuk menciptakan desain rumah dan interior baru. Satu kelemahan software ini adalah versi gratisnya yang hanya bisa dipakai selama tujuh hari saja (Trial). Jika ingin menggunakannya lebih lama, maka Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli versi premiumnya.

Baca : 5 Software Emulator Android Terbaik Untuk Main Game di PC dan Cara Instalnya

4. Planner 5D

Planner 5D adalah software desain rumah yang paling cantik. Seperti versi gratis dari Sketch Up, software ini imersif, yang berarti Anda dapat menjelajahi desain Anda dengan visual 3D memukau.

Dengan Planner 5D Anda dapat membuat desain mulai dari awal atau menggunakan template yang sudah ada dan tinggal didekorasi dengan denah lantai jika tidak memiliki cukup waktu atau tidak ingin membuat desain yang rumit. Planner 5D dapat dibuka di iOS, artinya Anda dapat melihat desain di HP atau iPad.

Mulailah membuat desain dengan menyesuaikan bentuk lantai, ukuran, bahan dan warna. Kemudian tambahkan furnitur dan aksesoris. Setelah itu beralih ke 3D, lalu tambahkan jendela dan pintu. Tambahkan lantai kedua jika perlu beserta atapnya.

Kelemahan Planner 5D ada pada pilihan furnitur yang dibatasi. Untuk yang versi gratis, pengguna hanya diperbolehkan menggunakan tempat titur, kursi, sofa dengan bentuk dasar. Sementara untuk pilihan furnitur yang lebih banyak bisa diperoleh dengan cara membeli versi premiumnya.

Semua aspek desain dapat diubah dalam hal warna dan tekstur. Ketika desain sudah jadi, Anda dapat membagikan atau mencetaknya dalam format fotorealistik.

5. HomeByMe

HomeByMe adalah salah satu software desain rumah favorit. Sejauh yang saya tahu, software ini benar-benar gratis dan tidak ada versi berbayarnya. Keuntungannya adalah Anda dapat merencanakan desain rumah dan interior hingga selesai dan memiliki akses ke semua furnitur, aksesoris tanpa ada batasan.

Seperti halnya Planner 5D, Anda dapat beralih dari visual 2D ke 3D setelah selesai membuat denah lantai dan mendesain tampilan setiap ruangan. Atau, Anda dapat mulai dengan dekorasi dan klik summary, maka software akan menghasilkan denah lantai dengan semua furnitur dan peralatan di tempat yang tepat.

Penutup

Itulah kelima software desain rumah dan interior gratis yang mudah digunakan sehingga cocok sekali untuk Anda yang masih pemula. Pilih saja salah satu yang menurut Anda mudah digunakan dan sesuai dengan proyek desain yang akan dibuat.

Dan jika Anda ingin tahu lebih banyak lagi tentang software dan aplikasi terbaik lainnya, silahkan berkunjung ke PintaIT.com. Di sana ada banyak artikel yang membahas seputar software, aplikasi, android, pc, dan hal lain yang berhubungan dengan IT.

Postingan ini dikirim oleh:

Seorang pelajar yang hobi nulis buat ngisi waktu luangnya.

Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB