Skip to main content

Pengalaman Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense

Pengalaman Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense - Bagi Anda yang sering berkunjung ke blog Kompi Ajaib mungkin pada antara bulan Januari - Februari lalu sempat heran karena iklan Adsense di blog ini tidak tampil. Itu karena pada akun Adsense saya mengalami limit atau pembatasan iklan Adsense karena ada pihak yang jahil.

Tidak tahu alasannya apa, seseorang melakukan tindakan tidak terpuji pada blog saya sehingga mendapatkan invalid traffic yang berakibat pembatasan penayangan iklan di semua blog pada akun tersebut.

Hampir satu bulan pembatasan iklan ini berlangsung, dan alhamdulillah masalah ini bisa diatasi dan akun Adsense pulih kembali dari pembatasan penayangan iklan Adsense sehingga iklan bisa tampil lagi di semua blog saya.

Untuk itu, kini saya bagikan pengalaman saya ini dalam mengatasi pembatasan iklan Adsense ini bagi teman-teman yang kebetulan mengalami hal yang sama.

Penyebab Pembatasan Iklan Adsense

Dalam upayanya Google untuk melindungi pengiklan serta penayang dari penipuan pihak yang tidak bertanggung jawab, terkadang Google membatasi jumlah iklan yang ditampilkan pada sebuah akun AdSense.

Dan pembatasan penayangan iklan Adsense terjadi karena 2 faktor, yaitu Google perlu mencari tahu dan mengevaluasi tentang kualitas traffic pada sebuah akun, dan pembatasan iklan Adsense ini terjadi karena Google mendeteksi terdapat masalah traffic tidak valid atau invalid traffic di akun AdSense.

Akun sedang dinilai

Jika penayangan iklan di akun Adsense Anda dibatasi karena masalah traffic sedang dinilai, berarti untuk sementara Google sedang menilai kualitas traffic Anda dengan waktu yang tidak bisa ditentukan.

Tindakan yang harus dilakukan

Karena masalah ini berhubungan dengan traffic, maka tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan terus membuat konten atau mengupdate blog dengan membuat postingan-pontingan yang berkualitas untuk membangun audiens untuk meningkatkan lalu lintas pada blog Anda.

Saran dari saya

Saran dari saya adalah sebaiknya pada sebuah akun Adsense sebaiknya jangan digunakan pada 1 blog saja, tetapi digunakan untuk beberapa blog aktif sehingga traffic pada akun tersebut saling mendukung dari blog-blog tersebut.

Masalah traffic tidak valid

Jika masalah pembatasan penayangan iklan di akun Anda saat ini diakibatkan karena masalah traffic tidak valid atau invalid traffic, maka ini adalah masalah yang lebih serius dari masalah traffic sedang dinilai tadi.

Untuk itu maka kita harus proaktif untuk mengatasi masalah ini, karena jika tidak maka akan berakibat fatal yaitu akun bisa dibanned.

Dan hal ini juga yang sebelumnya saya alami pada akun saya yaitu invalid traffic yang diakibatkan oleh orang yang tidak terpuji.

Tindakan yang harus dilakukan

Karena masalah ini berhubungan dengan invalid traffic, maka kita harus memastikan bahwa blog kita sudah memenuhi pedoman Adsense. Salah satunya yaitu tentang penempatan iklan yang sesuai petunjuk Google serta tidak menggunakan trik-trik yang dapat menyebabkan invalid click seperti penggunaan popup atau elemen yang melayang di tengah blog dengan tombol close.

Namun jika invalid traffic ini diakibatkan oleh perbuatan seseorang yang sengaja melakukan tindakan tidak terpuji, silahkan ikuti saran saya di bawah ini untuk mengatasinya.

Saran untuk mengatasi invalid traffic

Dalam hal ini kita harus benar-benar mengetahui blog mana yang bermasalahnya jika pada akun tersebut terdapat beberapa blog.

Di sinilah pentingnya melakukan pemantauan terus-menerus pada akun kita, sehingga ketika terjadi sesuatu yang mencurigakan maka kita bisa langsung mengambil tindakan.

Pada kasus yang saya alami, ternyata script anti bom klik pun tidak bisa mencegah perbuatan keji seseorang. Jika orang tersebut benar-benar berniat mencelakai kita, maka dia bisa melakukan apa pun.

Jika hal itu sedang terjadi pada akun kita, maka tindakan terbaiknya yaitu dengan menonaktifkan atau menyembunyikan atau tidak menampilkan iklan pada blog kita yang sedang diserang.

  1. Untuk menonaktifkan iklan pada blog, bisa dengan menghapus dulu kode-kode iklannya atau cukup menghapus kode JS Adsense saja.
  2. Atau bisa menyembunyikan iklan dengan kode CSS. Silahkan tambahkan kode CSS berikut di style blog Anda:
    amp-ad,amp-ad[height],amp-ad[layout=fixed-height][height],ins.adsbygoogle,.google-auto-placed{display:none}

Namun jika terlanjur mendapatkan pembatasan iklan, maka langkah berikut bisa dicoba dan berhasil pada akun saya. Silahkan cabut dulu domain blog yang bermasalahnya, bukan menghapus domain yang ada di dashboard Adsense tetapi mencabut domain di dashboard blogger atau di hostingan jika menggunakan WordPress.

Tunggu sampai iklan muncul kembali dengan cara memantau iklan pada blog lainnya yang tidak bermasalah atau sampai notif pembatasan iklan hilang dari dashboard Adsense. Setelah itu silahkan pasang lagi domain blog yang dicabut tadi.

Untuk waktunya sampai iklan tampil kembali ini tidak bisa ditentukan, tetapi pengalaman saya yaitu dalam waktu satu bulan iklan sudah tampil kembali, alhamdulillah.

Note bagi yang jahil: Ingatlah, semua perbuatan kita ada karmanya.

Semoga bermanfaat.


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB