Skip to main content

Cara Mengatasi Download Aplikasi di Google Play Store Yang Tertunda

Cara Mengatasi Download Aplikasi di Google Play Store Yang Tertunda - Sedang asik-asiknya menunggu download aplikasi di Google Play Store tahu-tahu angka persentase downloadnya berhenti? Wah! Itu namanya tertunda tuh guys! Kira-kira kenapa sih kok download aplikasi di Play Store bisa tertunda begitu saja?

Sebenarnya banyak lho penyebabnya, mulai dari sinyal yang suka naik turun nggak jelas karena faktor hujan, ruang penyimpanan yang hampir habis, atau bahkan aplikasi Google Play Store yang belum diperbarui juga memengaruhi tingkat kecepatan download aplikasi, lho!

So, beberapa cara di bawah ini adalah tentang bagaimana kamu harus mengatasi download aplikasi yang tertunda di Google Play Store sebagaimana dikutip Rancah Post berikut ini.

1) Hapus Cache di Google Play Store

Ketika kamu sering mendownload aplikasi di Google Play Store, maka hal tersebut akan menimbulkan sampah atau cache yang membuat ruang penyimpananmu bertambah. So, dengan begitu ketika kamu melakukan aktivitas download kembali, suatu aplikasi akan mengalami hambatan seperti, tertunda misalnya.

Nah! Untuk mengatasi aplikasi yang didownload namun tertunda di Google Play Store, berikut penjabaran langkah-langkahnya.

Pertama, masuklah ke menu setelan atau setting, kemudian pilih opsi my apps. Setelah itu kamu akan dapat melihat semua aplikasi di ponselmu yang sudah terinstall, maka pilihlah Google Play Store.

Setelah itu kamu scroll ke bawah, maka akan ditemukan tulisan hapus cache maka langsung klik saja untuk membersihkan cache atau sampah yang ada di Google Play Store kamu.

2) Mengubah Pengaturan Koneksi Menjadi Terhubung ke Wifi

Kenapa harus mengubah koneksi ke wifi? Hal ini dikhawatirkan koneksi paket datamu terhenti karena kuotanya tidak mencukupi sehingga terjadilah download yang tertunda, maka kamu perlu mengubah konektivitas agar terhubung ke wifi.

So, caranya sangat mudah. Kamu pergi saja ke menu setelan atau setting, lalu pilih opsi WIFI. Setelah itu, aktifkan wifi kamu menjadi on lalu carilah jaringan wifi yang tersedia. Setelah ketemu jaringannya, kamu tinggal klik dan akan muncul tulisan terhubung jika wifimu berhasil konek ke wifi sumbernya.

3) Memeriksa Kapasitas Memori Internal

Salah satu hal yang menyebabkan tertundanya download aplikasi adalah kapasitas ruang penyimpanan internal yang penuh. Maka tugasmu agar aktivitas download kembali lancar adalah mengurangi penggunaan kapasitas ruang penyimpanan.

Kamu hanya perlu masuk ke menu setelan, lalu pilih aplikasi yang tidak terlalu penting untuk dihapus.

4) Mengupdate Google Play Store ke Versi Terbaru

Hal lain yang menghambat lancarnya aktivitas download bisa jadi disebabkan karena adanya aplikasi Google Play Store di ponsel Android kamu yang lawas. Maka agar download berjalan dengan lancar, kamu perlu mengupdatenya lebih dulu ke versi terbaru.

Nah! Biasanya aplikasi Google Play Store terbaru ini sama dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang bisa kamu dapatkan di Play Store.

5) Uninstall Aplikasi Google Play Store serta Me-reset Android

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tertundanya download aplikasi di Google Play Store, kamu perlu melakukan uninstall aplikasi Google Play Store kemudian mengatur ulang kembali ke setelan pabrik.

Dengan mengatur ulang ponsel android kembali ke setelan pabrik, maka ruang penyimpanan ponselmu akan kembali seperti semula ketika ponselmu masih baru.

Nah! Itulah beberapa solusi yang dapat kamu ikuti untuk mengatasi download aplikasi yang tertunda. Semoga bermanfaat dan dapat membantu, ya!


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Buka Komentar
PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB