Skip to main content

Cara Mudah Mengkonversi File Video Atau Audio Menjadi Text

Cara Mudah Mengkonversi File Video Atau Audio Menjadi Text - Postingan kali ini saya akan membagikan cara mudah mengkonversi file video atau audio menjadi teks. Sebelumnya saya sudah pernah membuat sebuah postingan cara menulis postingan dengan menggunakan audio yaitu dengan berbicara di Google Translate.

Sehingga kita tidak perlu mengetik kalimatnya, nanti kita akan dibantu oleh Google Translate untuk mengetikkan kalimat, kita tinggal mengobrol saja menggunakan mic pada Google Translate.

Caranya akan saya bagikan ini sebenarnya mirip seperti itu, namun kasusnya bahwa kita sudah memiliki file video atau audio. Jadi sekarang kita tinggal mengubah file video tersebut atau file audio tersebut menjadi kalimat teks.

Ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya dari video menjadi sebuah postingan blog. Namun di sini saya sarankan untuk menggunakan video atau audio milik sendiri, jangan video-video dari orang lain. Nanti ke depannya tidak ada sangkutannya dengan copyright dan lain sebagainya.

Cara ini tentu saja berguna untuk video-video tutorial, ceramah, atau video-video yang sejenisnya seperti itu yang kemudian kita akan buatkan sebuah halaman postingan misalnya, jadi di sini kita tinggal upload file video atau audio.

Namun di sini ada syaratnya agar nantinya hasil konversinya maksimal yaitu video atau audio harus jelas, jadi obrolan-obrolan kita itu harus jelas kemudian tidak saru dengan background.

Ada background musik boleh, cuman mungkin 10% nya dari suara kita sehingga suara kita tidak kesalip sama background.

Jika Anda ingin mencobanya. Silakan ikuti postingan saya ini. Kita akan menggunakan tool dari Sonic. Silakan akses Sonic.ai, kita bisa menggunakan tool ini gratis dan kita diberikan waktu konversinya 30 menit.

Nanti di sini kita akan disuruh untuk registrasi, bisa dengan registrasi akun Google dan lainnya. Ya silakan registrasi, nah jika sudah registrasi silahkan masuk ke akun Anda.

Nah, kemudian nanti akan muncul halaman, silakan upload videonya. Jika videonya sebelumnya atau audio sebelumnya sudah ada di Dropbox, Google Drive, atau YouTube, maka silakan pilih atau jika file videonya ada di komputer, silakan pilih filenya di komputer.

Kemudian nanti videonya akan di-upload, kita tunggu saja. Jika file video atau audio nya sudah terupload, maka langkah selanjutnya silakan tentukan bahasa yang digunakan, kemudian klik tombol Start.

Untuk masalah privasi dan keamanan, di sini Sonic sendiri sudah menjelaskan di halaman security. Bahwa kita yang mengontrol akses untuk file-file yang kita upload. Jadi di sini semua apa yang yang kita upload kita yang hanya bisa akses. Di sini disebutkan bahwa pegawai Sonix semuanya tidak memiliki hak akses kepada file-file yang kita upload kecuali kita memberikan izin. Ketika kita misalnya ingin menghapus file dari Sonix, ketika kita menghapus file maka otomatis itu akan dihapus dari server Sonic secara otomatis.

Nah, jika statusnya sudah hijau berarti sudah selesai. silakan cek email kita atau klik nama filenya untuk membuka hasil konversinya.

Selanjutnya misalnya ada yang kurang pas, itu mungkin karena dari ucapan kita yang kurang jelas nanti tinggal edit sedikit-sedikit saja. Kita juga bisa mendapatkan file Word atau txt dengan klik tombol export.

Setelah itu kita tinggal copy teksnya kemudian tinggal paste di postingan blog, lalu kita tinggal sesuaikan dan betulkan apa-apa yang kurang jelas.

Jika ternyata waktu gratis 30 menit nya sudah habis maka kita bisa upgrade untuk menambah waktu konversinya.

Sebagai contohnya, postingan ini merupakan hasil konversi video saya di bawah ini dan diedit sedikit agar sesuai untuk postingan blog.

Semoga bermanfaat.


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB