Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Gak Mau Ribet? Ini Cara Mudah Sewa Apartemen Secara Online


Gak Mau Ribet? Ini Cara Mudah Sewa Apartemen Secara Online - Sewa apartemen memang dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun di Jakarta saat ini, sewa apartemen secara online tampaknya menjadi yang paling digemari.

Alasannya sewa melalui daring dinilai lebih mudah, dibanding harus bertatap muka langsung dengan pemilik. Belum lagi jika penyewa sedang berada di luar kota, namun membutuhkan apartemen yang diincar dalam waktu dekat.

Keunggulan lain dari sewa apartemen secara online adalah database lengkap yang dimiliki oleh situs-situs penyedia properti. Di situs tersebut Anda dapat membandingkan unit per unit, mencari sewa apartemen di Jakarta murah atau menemukan apartemen dengan fasilitas yang lengkap.

Tertarik untuk sewa apartemen di Jakarta murah secara online?

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda terapkan.

Langkah 1: Kenali Kebutuhan Anda

Sebelum menelusuri internet untuk menemukan apartemen Anda, penting untuk terlebih dahulu membuat daftar yang Anda butuhkan di apartemen baru.

Tulis lokasi mana yang Anda inginkan, budget yang Anda miliki, berapa jumlah kamar tidur dan kamar mandi yang Anda perlukan serta perabotan yang Anda butuhkan, misalnya mesin cuci, AC, pengering pakaian, dsb.

Tentukan juga berapa luas ruangan yang Anda perlukan. Jika Anda lajang, unit apartemen seluas 25 m2 mungkin sudah cukup untuk kebutuhan tempat tinggal Anda, tetapi tidak untuk Anda yang telah menikah. Luas yang diperlukan bisa dua kali lipatnya.

Langkah 2: Mulai Menelusuri Secara Online

Mulailah menelusuri apartemen Anda di situs penyedia sewa apartemen berdasarkan daftar yang telah Anda buat sebelumnya.

Situs-situs seperti Yukstay, Travelio dan Jendela360 menyediakan beragam unit apartemen yang dapat Anda telusuri dan bandingkan antara satu dengan lainnya.

Langkah 3: Periksa Foto Unit Apartemen

Ini adalah langkah ketika Anda mulai menemukan beragam foto-foto unit apartemen. Ketika memeriksa foto apartemen, tetaplah berpatokan pada daftar yang telah Anda buat sebelumnya di langkah pertama.

Perhatikan juga deskripsi unit, apakah sudah sesuai dengan apa yang Anda butuhka? Jika ada ulasan dari penyewa sebelumnya, bacalah dengan seksama untuk meyakinkan Anda.

Berhati-hatilah ketika berada di tahap ini, karena tidak semua foto unit apartemen yang ada di situs penyedia properti adalah foto asli. Ada juga foto palsu atau tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya dan penyedia situs tidak akan mengecek kebenarannya.

Untungnya, beberapa situs seperti Jendela360, memeriksa unit-unit apartemen yang ada di listing mereka. Di Jendela360, unit-unit yang memiliki logo verified artinya sudah dikunjungi dan segala deskripsi yang tertulis di situs bisa terjamin kebenarannya. Begitu juga dengan unit starlisting, yang tidak hanya terjamin kebenarannya, tetapi juga sudah didekorasi.

Langkah 4: Hubungi Pemilik Unit

Jika Anda sudah mantap dengan unit yang Anda taksir, saatnya untuk menghubungi landlord dari apartemen idaman Anda. Anda bisa mengirimkannya surel atau menelponnya untuk membuat janji pertemuan.

Terdengar mudah dilakukan, namun pada kenyataannya cara seperti ini sulit menemui titik temu. Apalagi jika kedua belah pihak memiliki kesibukan yang tidak bisa diganggu gugat. Solusinya? Gunakan jasa pihak ketiga.

Selain menyediakan platform untuk listing apartemen, Jendela360 juga mempekerjakan advisor profesional yang sudah berpengalaman menangani proses sewa.

Anda bahkan bisa minta showing unit secara langsung, jika kurang puas dengan foto ataupun 360 derajat virtual tour yang ada di situs Jendela360.

Langkah 5: Isi Formulir Online

Anda sudah yakin dengan unit yang Anda pilih, kini tinggal mengisi formulir online untuk langkah lebih lanjut.

Di dalam formulir, Anda biasanya perlu menyertakan kartu kredit atau nomor akun untuk mengamankan transaksi Anda.

Sertakan juga data diri pribadi, seperti tanggal lahir, nomor HP, hingga alamat saat ini kepada pihak yang bertugas mengurus penyewaan apartemen Anda.

Pihak penyewaan apartemen mungkin perlu data diri tentang latar belakang Anda untuk menyetujui penyewaan. Caranya mudah, tinggal mencentang kotak di formulir online yang menyatakan persetujuan akan hal tersebut.

Langkah 6: Menunggu Email Konfirmasi

Langkah terakhir adalah menunggu email balasan dari pihak yang menangani penyewaan apartemen Anda.

Jika Anda belum juga mendapat email konfirmasi setelah beberapa hari menunggu, Anda dapat melakukan follow up kepada pihak yang bersangkutan.

Sewa apartemen di Jakarta murah secara online memang menggiurkan dan caranya tidak sulit, namun Anda tetap harus berhati-hati.

Jangan sampai Anda terkena scam oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Bagi Anda yang baru pertama kali sewa apartemen Jakarta Barat secara online, hal-hal berikut perlu dihindari.

Berhadapan Secara Langsung dengan Landlord

Cara ini terdengar aman dalam urusan sewa apartemen, namun tidak menutup kemungkinan jika Anda akan berhadapan dengan pemilik yang tidak jujur dalam memberikan informasi terkait apartemen mereka. Di sinilah pihak ketiga sangat berperan dalam meminimalisir resiko.

Percaya Pada Penawaran Semu

Meski tujuan Anda adalah sewa apartemen di Jakarta murah, Anda tetap perlu waspada pada penawaran yang sifatnya too good to be true.

Misalnya sebuah unit 3BR (fully furnished) apartemen premium di daerah Sudirman disewakan dengan harga kurang dari Rp 2 juta per bulan, tentu ini tidak sesuai dengan harga di pasaran.

Anda perlu melakukan riset perbandingan harga terlebih dulu sebelum melangkah lebih jauh menanggapi tawaran tersebut.

Melakukan Pembayaran dengan Metode yang Tidak Aman

Ketika Anda membayar untuk apartemen yang Anda pilih, mau itu uang deposit ataupun pembayaran sewa bulan pertama, Anda perlu memastikan bahwa metode pembayarannya aman.

Biasanya, perusahaan sewa properti yang terpercaya sudah memiliki metode pembayaran mereka sendiri yang lebih aman dan bisa dilacak.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menyewa apartemen secara online. Bagi first renter, sangat penting untuk melakukan riset tentang unit apartemen idaman mereka terlebih dahulu sebelum menandatangani kontak sewa.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar