Apa itu UNICEF?

UNICEF adalah singkatan dari United Nations Children's Fund atau kalau dalam Bahasa Indonesia adalah Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Unicef adalah sebuah organisasi PBB yang didirikan untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan kesejahteraan jangka panjang kepada anak-anak dan ibunya di negara-negara berkembang.

Di Indonesia sendiri Unicef sudah ada sejak tahun 1948. Saat itu UNICEF berfokus pada penyediaan bantuan darurat untuk mencegah bencana kelaparan di pulau Lombok di awal-awal kemerdekaan Indonesia.

Setahun kemudian tepatnya di tahun 1949, akhirnya perjanjian kerja sama resmi yang pertama antara Unicef dan Republik Indonesia ditandatangani dengan tujuan untuk membangun dapur susu di Yogyakarta yang menjadi pusat pemerintahan baru Republik Indonesia pada waktu itu.

Kemudian pada tahun 1969, UNICEF dan organisasi PBB lainnya terlibat dalam memberikan bantuan teknis dalam Rencana Pembangunan Lima Tahun pertama dari Pemerintah Indonesia.

Dan keterlibatan UNICEF telah berkembang selama beberapa dekade berikutnya dengan mencakup area program yang lebih luas yang semuanya memiliki tujuan untuk terus membantu mewujudkan hak-hak anak-anak dan perempuan di Indonesia.

Peran UNICEF Di Indonesia Saat Ini

Peran dan upaya Unicef saat ini yaitu terus mendukung Pemerintah Indonesia untuk terus mengutamakan hak dan kelangsungan hidup, perkembangan, serta perlindungan anak dengan cara membantu mitra nasional dalam memantau serta mengukur kemajuan terhadap hak-hak anak-anak melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Pada tahun 2018 saat gempa bumi dahsyat dan tsunami yang terjadi di pulau Sulawesi, tercatat bahwa UNICEF menjadi badan PBB yang pertama yang mengirimkan pasokan darurat pasca bencana ke wilayah bencana tersebut.

Unicef bersama dengan Pemerintah terus membantu 1,4 juta orang di Sulawesi dan Lombok yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami, termasuk di antaranya terdapat 475.000 anak-anak.

Di tahun yang sama, Unicef bersama dengan mitra Pemerintah dan masyarakat sipil kembali bergerak dengan memulai fase yang kedua yaitu kampanye imunisasi nasional selama dua tahun dengan memvaksinasi hampir 70 juta anak-anak Indonesia agar terhindar dari wabah campak dan rubella.

Dan di Brebes, Unicef telah mendukung gerakan inisiatif Kembali ke Sekolah dengan 7.000 anak dapat memiliki kembali kesempatan untuk kembali ke bangku pendidikan formal dan non-formal.

Dan tentu saja Unicef akan terus berupaya untuk terus meningkatkan kesehatan, pendidikan dan lingkungan, serta menawarkan harapan untuk masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak Indonesia.

Cara Berdonasi di Unicef Indonesia

Jika Anda tertarik untuk mendukung komitmen Unicef untuk memastikan bahwa tidak ada anak-anak Indonesia yang tertinggal, Anda bisa ambil bagian dengan berkontribusi dengan melalui donasi.

Sumbangan atau donasi yang Anda berikan akan sangat berarti untuk membantu memperbaiki kehidupan anak-anak di seluruh Indonesia.

Cara berdonasi di Unicef Indonesia cukup mudah, Anda dapat menyalurkan bantuan Anda melalui ONLINE atau langsung melalui rekening yang disediakan.

Berikut adalah cara melakukan donasi di Unicef secara online:

  1. Silahkan masuk ke situs Unicef.
  2. Kemudian silahkan pilih tipe donasi dan besaran donasi yang ingin diberikan.
  3. Selanjutnya silahkan berikan informasikan data diri seperti nama, e-mail, serta nomor telepon.

Di sini Anda bisa memilih cara berdonasi dengan melalui kartu kredit, transfer bank, internet banking atau convenience store. Namun untuk tipe donasi rutin, donasi hanya bisa dilakukan melalui kartu kredit.

Dan untuk lebih jelasnya, Anda bisa menghubungi:

  1. Layanan donatur: (021) 80662100
  2. Untuk berdonasi: (021) 53170999 atau 021) 25508200
  3. Via e-mail: ids.donorlove@unicef.org

Atau Anda juga bisa mengunjungi langsung kantor UNICEF Indonesia di World Trade Center 6, Lantai 10, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 31 Jakarta 12920, Indonesia pada saat jam operasional Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Dan berikut gambar cara donasi Unicef agar lebih jelas.

Cara Berhenti Donasi UNICEF

Jika Anda adalah donatur dengan tipe donasi rutin UNICEF Indonesia, namun Anda ingin berhenti berdonasi di Unicef Indonesia karena adanya alasan permasalahan keuangan dan lainnya, maka Anda bisa berhenti menjadi donatur rutin. Cara berhenti donasi Unicef ini bisa dengan cara menghubungi Layanan donatur pada jam operasional setiap hari Senin sampai hari Jumat pukul 09.00 - 17.00 WIB:

Berikut adalah 2 cara berhenti donasi Unicef, yaitu:

  1. Menghubungi Layanan Donatur melalui Phone: (021) 8066 2100 dengan menyatakan ingin berhenti donasi rutin.
  2. Menghubungi Layanan Donatur melalui Email: ids.donorlove@unicef.org dengan subjek Berhenti Donasi Rutin.

Nah, demikianlah postingan singkat tentang apa itu Unicef dan bagaimana peran Unicef di Indonesia, cara jadi donatur serta cara berhenti donasi Unicef Indonesia, semoga bermanfaat.