Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Mengenal Burung Lovebird Yang Selalu Setia Sama Pasangannya


Mengenal Burung Lovebird Yang Selalu Setia Sama Pasangannya - Bagi kicau mania tentu saja sangat mengenal burung yang satu ini. Selain warnanya yang bagus dan beragam, suara kicauan burung lovebird ini sangat disukai oleh pecinta burung.

Jika Anda berencana ingin memelihara burung dengan warna bulu dan suara yang indah ini, berikut adalah fakta-fakta menarik mengenai burung lovebird ini yang perlu kita ketahui.

Mengenal Burung Lovebird

Burung lovebird atau burung cinta adalah salah satu jenis burung dengan sembilan jenis burung dengan spesies genus Agapornis.

Ukuran burung lovebird cukup kecil yang memiliki ukuran tubuh antara 13 cm sampai 17 cm dengan berat hanya 40 gram hingga 60 gram.

Burung lovebird memiliki sifat sosial dengan hidup berkelompok dan melakukan aktivitasnya secara bersama-sama.

Burung lovebird telah siap dikawinkan ketika memasuki usia 10 bulan. Setelah memiliki pasangan, maka mereka akan selalu setia pada pasangan sampai mati. Dari sifat setia itulah, burung ini diberi nama lovebird atau burung cinta.

Burung lovebird selalu setia pada pasangan sampai mati.

Delapan dari jenis spesies ini berasal dari daratan Afrika, sementara satu spesies burung lovebird lainnya dengan kepala abu-abu berasal dari daratan Madagaskar.

Memiliki Suara Yang Merdu

Salah satu ciri dan daya tarik dari burung lovebird ini adalah suaranya yang merdu, namun dari tiap jenis burung lovebird memiliki kicauan yang unik dan berbeda.

Kicau dari burung lovebird ini sering dikenal dengan istilah ngekek, ngeroll, dan gacor. Ketika ngekek, suara burung lovebird akan terdengar mirip seperti suara tembakan yang sangat cepat.

Ketika ngeroll, suara burung lovebird terdengan sambung menyambung dengan beberapa variasi suara. Sedangkan kalau gacor, burung lovebird akan rajin berkicau secara terus menerus.

Makanan Burung Lovebird

Kita tidak boleh sembarangan memberikan pakan atau makanan pada burung lovebird ini, namun kita bisa memberikan makanan atau pakan secara variatif agar burung lovebird tidak merasa bosan.

Pakan atau makanan yang bisa diberikan pada burung lovebird ini adalah berupa biji-bijian dan pelet, namun kita juga bisa memberikan sayuran segar seperti jagung muda, kangkung, tauge, dan lainnya sebagai pakan selingan agar burung lovebird tidak merasa bosan.

Kita harus rutin memberikan makanan pada burung lovebird sebanyak 1 - 2 kali dalam seminggu.

Memelihara Burung Lovebird

Jadi bagaimana, apakah Anda sudah memutuskan untuk memelihara burung lovebird? Akan ada banyak pilihan burung lovebird, terutama berdasarkan jenis warna bulunya yang indah.

Pilihlah burung dengan warna bulu yang Anda sukai, namun Anda juga bisa mencari burung dengan warna populer yang banyak dicari oleh pecinta burung.

Dan yang terpenting adalah rawatlah burung Anda dengan sepenuh hati agar burung Anda juga mencintai Anda dan bisa menjadi burung juara.

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar