Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Tips dan Trik Menulis Artikel SEO Friendly


Tips dan Trik Menulis Artikel SEO Friendly - Memiliki website terutama website yang dibuat untuk tujuan bisnis harus bisa mengelola dengan baik agar website tersebut memiliki banyak pengunjung. Ketika website banyak dikunjungi, tentu akan membuka peluang penjualan yang lebih besar pula.

Karena itu pengelolaan websitenya harus benar-benar diperhatikan. Salah satunya adalah dengan cara menulis artikel SEO. Penulisan artikel SEO akan membuat artikel yang Anda buat bisa berada di halaman teratas mesin pencarian.

Bagaimana Menulis Artikel SEO friendly agar Masuk Halaman Utama Mesin Pencarian

Membuat atau menulis artikel SEO adalah salah satu cara digital promotion yang banyak digunakan oleh pemilik bisnis berbasis digital.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan SEO?

SEO (Search Engine Optimization) adalah metode mengoptimasi website agar bisa masuk ke halaman awal atau peringat tertinggi di dalam mesin pencarian.

Metode ini secara teknis menggunakan algoritma tertentu. Selain menggunakan algoritma tertentu, pemilik website juga harus menguasai teknik menulis yang tepat agar artikel yang dipost di websitenya bisa SEO froendly.

Menguasai teknik menulis artikel SEO friendly sangat penting untuk dikuasai agar artikel tersebut mudah dibaca mesin pencari dan masuk ke daftar tertinggi pencarian.

Lalu bagaimana caranya agar artikel tersebut bisa tergolong artikel yang SEO friendly?

Berikut ini adalah beberapa cara menulis artikel agar bisa SEO friendly.

Mengutamakan Artikel User Experience

Setiap hari akan selalu ada banyak artikel baru yang bisa ditemukan di dalam mesin pencarian. Banyak pula diantara artikel-artikel tersebut yang memiliki struktur, format bahkan pemilihan kata yang hampir sama.

Membuat artikel yang bersifat user experience atau berdasarkan pengalaman pribadi. Maksudnya pemilik blog benar-benar memperhatikan sudut pandang pembaca dalam menulis artikelnya. Hal ini selain unik juga akan meminimalisir manipulasi dari ranking pencarian.

Membuat Judul yang Menarik

Ketika melakukan pencarian, hasil yang pertama ditampilkan adalah judul artikel Anda. Karena itu, ketika menulis artikel SEO friendly, usahakan membuat judul yang menarik. Ketika judul ini muncul di mesin pencarian maka pembaca akan lebih tertarik membacanya.

Menerapkan Teknik Menulis Piramida Terbalik

Terkadang ada penulis yang suka merasa bingung saat akan menulis. Bingung tentang apa yang harus ditulis duluan, lalu bagian apa saja yang perlu dibahas dan tidak perlu untuk dibahas. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menulis dengan menggunakan teknik piramida terbalik.

Teknik ini juga merupakan teknik yang digunakan oleh jurnalis untuk menulis artikel berita. Teknik menulis piramida terbalik ini menempatkan bagian atau gambaran dari informasi paling penting yang harus diketahui pembaca di bagian atas atau awal artikel.

Setelah menempatkan gambaran besar hal utama yang akan dibahas di dalam artikel, baru selanjutnya Anda bisa menuliskan penjelasan lebih detail tentang gambaran utama tersebut. Di bagian ini juga bisa menyebutkan contoh. Baru di bagian akhir bisa menuliskan kesimpulan.

Memasukkan Keyword Latent Semantic Index

Hal selanjutnya ini sangat penting untuk mengoptimasi artikel yang Anda buat. Menggunakan LSI atau related keywords akan membuat artikel yang Anda buat akan secara otomatis muncul di mesin pencarian ketika ada pengguna yang memasukkan kata-kata yang berkaitan.

Membuat artikel yang SEO friendly tentu akan memberikan keuntungan lebih karena bisa mengoptimasi artikel yang Anda buat agar masuk di peringkat teratas mesin pencarian, bahkan di halaman utama.

Salah satu contoh artikel SEO friendly ini misalnya bisa Anda lihat di website www.anekahewan.com.

Namun menulis artikel SEO friendly juga bukan perkara mudah. Tidak seperti membuat artikel biasa, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti penjelasan di atas.

Postingan ini dikirim oleh:

Seorang mahasiswa sembari kerja sampingan, nge-blogging untuk tambahan biaya kuliah.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar