Skip to main content

Ini Dia Jenis Makanan Dan Cara Pemberian Makanan Ikan Koi Yang Bagus



Ini Dia Jenis Makanan Dan Cara Pemberian Makanan Ikan Koi Yang Bagus - Makanan ikan koi yang bagus tentu harus memenuhi kebutuhan gizinya. Perubahan suhu air kolam yang tidak menentu menjadi salah satu penyebab ikan koi memerlukan asupan gizi yang berimbang. Ikan koi bersifat omnivore. Maka dapat makan tumbuhan dan hewan kecil.


Jenis Makanan Ikan Koi

Secara garis besar, makanan ikan koi terdiri dari pakan alami dan buatan. Sebagian dari makanan ikan koi terbuat dari bahan sayur-sayuran, roti, cacing, dan buah-buahan.

Menurut okdogi.com secara alami, udang dan cacing ialah makanan yang disukai ikan koi. Ikan koi juga dapat bertahan hidup dengan memakan tumbuhan alga saja.

Ulat juga merupakan salah satu makanan alami yang dapat diberikan pada ikan koi dan merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi ikan.

Selain itu sayuran dan buah-buahan seperti semangka dan jeruk juga disukai koi. Jika belum terbiasa, ikan koi mungkin tidak mau makan sayuran dan buah. Maka Anda perlu melatihnya.

Tetapi ada beberapa biji-bijian yang tidak cocok untuk ikan koi. Ikan koi tidak dapat mencerna kacang polong dan jagung. Sehingga sebaiknya jangan diberikan.

Di samping memenuhi gizi yang cukup, makanan ikan koi juga harus terjaga kualitasnya. Makanan yang kadaluarsa karena sudah terlalu lama disimpan, tidak baik untuk koi. Proses oksidasi yang dialami oleh pakan ikan bisa berakibat buruk bagi kesehatan ikan koi. Usahakan makanan ikan koi tidak lebih dari 3 bulan disimpan.

Cara Membuat Pakan Alami Untuk Makanan Ikan Koi Sendiri

Pakan alami untuk ikan koi dapat dibuat dan dipersiapkan sendiri. Bahan-bahan pakan ini terbuat dari bahan alami. Berikut ialah langkah-langkah pembuatannya:

  1. Bahan yang digunakan ialah udang kecil.
  2. Campurkan udang dengan telur, wortel, bawang putih, agar-agar, dan vitamin C.
  3. Tambahkan sedikit air, kemudian blender sampai halus.
  4. Buat aroma dari pelet ikan sambil menunggu adonan dalam blender halus. Caranya dengan memasukkan pelet dalam air panas dan taburi dengan bubuk agar-agar.
  5. Campurkan kedua adonan. Lalu dinginkan.
  6. Setelah dingin, potong kecil-kecil adonan menjadi berukuran kecil dan tampak menyerupai cacing alami. Ini untuk memudahkan dimakan ikan.
  7. Campurkan pakan alami buatan ini dengan pakan yang biasa diberikan.

Pakan alami buatan lain yang dapat diberikan ialah makanan ikan koi dengan mengaplikasikan bahan probiotik. Jenis pakan ini dipercaya dapat membuat pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat dari ikan yang tidak menggunakan probiotik. Karena daya tahan tubuh ikan koi menjadi lebih tinggi dari ikan lainnya. Pakan alami dari udang yang telah dibuat sebelumnya, dapat dicampur dengan bahan probiotik. Dengan cara direndam secara bersamaan dan ditambahkan vitamin C.

Dengan begitu jumlah kandungan nutrisi dalam pakan dapat naik berlipat jumlahnya. Karena dari proses perendaman tersebut, terdapat pertumbuhan mikroorganisme baru yang kaya akan nutrisi dan baik bagi ikan koi.

Jenis pakan buatan ikan koi sangat banyak dijumpai di pasaran. Pakan pelet untuk makanan ikan koi biasanya dijual di toko-toko pakan ternak, toko ikan hias, dan tempat lain. Umumnya, jenis pelet untuk ikan koi terdiri dari pelet sinking/tenggelam, dan pelet floating/mengambang. Untuk anakan ikan koi, biasanya diberikan pelet floating dari jenis mengapung yang lama-lama tenggelam agar dapat menjangkau anakan ikan koi di setiap usia kedalaman ikan.


Pakan Untuk Anakan Ikan Koi

Hal utama ialah ukuran pakan agar bisa ditelan oleh ikan. Seperti yang kita ketahui, setelah menetas 3-5 hari, burayak atau anakan ikan koi dilengkapi dengan kuning telur sebagai cadangan makanan. Lalu, burayak dipindahkan ke kolam yang kaya akan makanan alami.

Biasanya, penghobi ikan koi mulai memelihara ikan koi dengan membeli bibit setelah berusia 1 bulan karena mudah dalam pemeliharaan. Untuk ikan koi kecil, diberi makan pelet yang berukuran 250 mikron.

Pelet untuk anakan ikan koi bisa memiliki fungsi yang khusus. Ada pelet yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan saja. Tetapi ada juga pelet yang berfungsi untuk mencerahkan warna koi. Makanan alami yang berfungsi untuk mempertegas warna ikan koi ialah makanan yang kaya kandungan karotin, seperti wortel, tomat, kubis, ganggang, kepiting, dan cacing.

Makanan ikan koi yang mengandung probiotik sangat baik untuk meningkatkan daya tahan ikan koi dari serangan penyakit. Kandungan spirulina pada pelet ikan dapat membuat sisik ikan lebih berkilau.

Pelet ikan koi hendaknya mengandung protein yang cukup. Kandungan wheat germ pada pelet ikan berfungsi untuk membuat kulit ikan koi lebih putih. Dan juga mengandung protein tinggi yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bulat memanjang pada ikan koi.

Tetapi pemberian pakan roti harus berhati-hati. Ini dapat menyebabkan kegemukan karena tingginya karbohidratnya.

Tips Pemberian Makanan Ikan Koi

Pemberian pakan secara tepat merupakan faktor penting bagi pertumbuhan dan kesehatan ikan koi. Berikut ini beberapa tips memberi makan ikan koi yang perlu Anda perhatikan.

  • Pemberian pakan yang terlalu banyak dapat mengotori air dan dapat bersifat racun jika berubah menjadi amoniak.
  • Perut ikan koi tidak seperti manusia. Sehingga ikan koi memiliki kecenderungan makan secara berlebihan. Jika hal ini tidak diawasi maka kondisi kekenyangan dapat menyebabkan kematian dengan cepat.
  • Proporsi jumlah makanan ikan koi ialah untuk ikan kecil 5% dari berat tubuhnya. Untuk ikan dewasa, jumlah pakan ialah 2% dari berat tubuhnya. 
  • Saat memberi makanan ikan koi, pakan harus langsung habis. Usahakan dalam waktu kurang dari 5 menit, pakan sudah habis tidak tersisa dari kolam. 
  • Terlalu banyak menuangkan pakan dalam kolam dapat menyebabkan ikan koi menjadi kekenyangan. Ini tidak baik dan dapat menyebabkan ikan mati. 
  • Ikan yang terlalu banyak makan atau kekenyangan akan mengeluarkan terlalu banyak feces. Feces ini menyebabkan kondisi kolam menjadi tidak sehat, dan dapat menyebabkan ikan koi stres, tidak nyaman, yang akhirnya mati.
  • Perubahan jenis pakan utama ikan koi sebaiknya dilakukan secara bertahap. Sedikit demi sedikit mengurangi porsi pakan lama dan mengganti dengan jenis pakan yang baru. Perubahan makanan ikan koi secara mendadak akan menyebabkan ikan koi sulit beradaptasi.
  • Makanan ikan koi yang baik biasanya mengandung protein, karbohidrat, mineral, lemak, dan vitamin. Pemberian pakan dapat juga mempengaruhi keindahan warna ikan koi.
  • Perhatikan juga makanan yang mengandung serat yang besar, seperti sayuran atau buah-buahan. Jangan sampai sisa-sisa yang tidak termakan dapat mengotori kolam, menyumbat saluran pengeluaran, menutup lubang kipas, atau menutup lobang pipa-pipa yang ada dalam kolam. Jika terjadi hal demikian, sebaiknya Anda membersihkannya.

Jadwal Pemberian Makanan Ikan Koi

Pada pemberian makanan ikan koi, Anda harus memperhatikan cuaca dan iklim kolam tempat ikan koi tinggal. Hal ini karena berkaitan dengan suhu kolam ikan. Frekuensi makan dapat dikurangi pada suhu rendah.

Berikut ialah rincian hubungan suhu air dengan frekuensi makanan ikan koi:

  • Suhu metabolisme tertinggi ikan koi pada suhu air 22˚ - 26˚C. Pada suhu ini, ikan koi diberikan makanan ikan koi yang mengandung kadar protein tinggi sebanyak 3-4 kali sehari.
  • Pada suhu 18˚ - 22˚C, pemberian pakan cukup 1-2 kali sehari, dengan kadar protein 40%.
  • Pada suhu sekitar 16˚C, pemberian pakan koi dilakukan 1 kali sehari. Kadar protein 30% dan dalam kondisi ini makanan dapat dicampurkan sedikit bahan lain seperti sayuran.
  • Saat suhunya menurun hingga 15˚C, cukup diberi makan 1 kali sehari. Dan dalam kurun waktu seminggu, hanya diberikan pakan 6 kali. Sehingga ada 1 hari yang tidak diberi makanan sama sekali. Dalam kondisi ini kadar proteinnya 25%, dan bisa dicampur dengan bahan tinggi karbohidrat. 
  • Jika suhu turun hingga  15˚C derajat celcius, pemberian makanan ikan koi hanya dilakukan 4-5 kali dalam seminggu. Atau hanya diberikan ketika ikan benar-benar lapar.

Kesalahan Umum Saat Pemberian Makanan Ikan Koi

Umumnya kesalahan pemberian makanan ialah berkisar pada:

  • Memberi pakan dalam jumlah yang terlalu banyak
  • Mengganti pakan secara tiba-tiba
  • Memberi terlalu banyak suplemen

Hal-hal demikian bukannya membuat ikan koi bertambah sehat, tetapi  juga dapat berakibat buruk pada ikan koi. Akibat terburuk ialah kematian pada ikan koi.

Demikian beberapa jenis makanan ikan koi yang dapat diberikan dalam budidaya ikan koi. Pakan alami memang baik untuk ikan koi. Tetapi untuk cara lebih mudah, biasanya peternak ikan koi dapat memberikan pelet sebagai makanan utama.

Itulah ulasan mengenai jenis makanan dan cara pemberian makanan ikan koi yang bagus. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat.


You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Buka Komentar
PrivacySitemap
©2019 KOMPI AJAIB