Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Kompi Minimalis Selamatkan Semangat dan Gairah Menulis Pemula

Kompi Minimalis Selamatkan Semangat dan Gairah Menulis Pemula. Mungkin terdengar berlebihan tapi setidaknya itulah yang saya alami. Sebagai pemula, ada yang lucu yang mungkin layak untuk saya ceritakan di sini. Seperti pemula yang lainnya, saya selalu terus belajar dan belajar. Termasuk salah satu cara ampuh untuk diterima adsense.

Mulai dari keunikan konten, hingga template blogspot yang bisa diterima adsense. Seperti kebanyakan blogger pemula lainnya. Saya hanya menghabiskan sedikit waktu luang mengelola blog. Mulai dari posting artikel, mengubah dan mengatur template serta melakukan share ke media sosial.

Awalnya blog saya KoranSekolah.com adalah blog yang fokus kepada kegiatan publikasi ekstrakurikuler di sebuah Tsanawiyah di ujung negeri Sumatera Barat. Meski memiliki banyak viewer, baik dari sosmed dan maupun organik. Tapi tetap saja blog saya belum diterima oleh google adsense.

Sempat putus asa, dan meng-draft-kan semua postingan yang telah mencapai angka tiga digit. Padahal semua postingan adalah karya anak-anak didik saya di kelas eskul mading. Bahkan mereka sempat bertanya, kenapa tulisan kami di google ketika di klik malah nunjukin ini pak lapor mereka di inbox (mereka kirimkan tangkapan layar error 404).

Setelah saya menambah bacaan saya, saya menemukan satu situs yang menurut saya benar-benar ajaib. Kenapa saya berani bicara demikian? Jawabannya adalah situs ini bisa terbuka dengan cepat meski kondisi internet di sekolah saya cenot-cenot, maklum daerah ujung. Tahukah sobat? Situs apakah itu? Ya benar, Itu dia KompiAjaib.com yang benar-benar ajaib.

Mulai saat itu, saya rutin mengunjungi KompiAjaib di setiap kesempatan. Tentunya saat saya memiliki waktu senggang. Saya membaca dan terus membaca artikel yang ada di KompiAjaib. Meski jujur saya sering tidak paham dengan beberapa artikel yang menurut saya sebagai pemula sangat berat (entahlah).

Hingga suatu saat saya coba meng-klik salah satu situs Kang Adhy yang ada di bagian footer. Saya mengklik dikarenakan dorongan kuat yang terjadi setelah membaca salah satu artikel yang membahas kompiminimalis

Akhirnya bertandanglah saya ke Kompi Template dan lucunya saya membaca kompi minimalis justru tertarik membeli kompi magazine. Mungkin karena saya tipe fan holic template yang menunya muncul dari samping dan sembunyi juga ke samping. Ditambah web saya KoranSekolah.com juga awalnya fokus ke News kegiatan sekolah. Kompi Magazine menurut saya mungkin cocok.

Akhirnya deal, Kompi Magazine resmi saya beli dan menjadi template pertama yang saya beli dari KompiAjaib. Akhirnya saya terapkan di KoranSekolah.com dan konten yang tadi saya draft kan, saya kembalikan. Yup kompi magazine resmi jadi template KoranSekolah.com setelah itu. Kang Adhy adalah orang tersabar yang saya kenal, sabar menghadapi pertanyaan pemula seperti saya.

Setelah mengadopsi Kompi Magazine di template, mengembalikan konten yang sempat di draft kan. Saya kembali bersemangat untuk meminang adsense ke mbah google untuk KoranSekolah.com. Setelah menunggu, bahkan sampai 3 bulan. Tak ada balasan dari Adsense di email saya. Saya cek-cek kembali, About, Term dan segala hal yang menyangkut persyaratan utama diterima adsense. Semua telah lengkap.

Bosan menunggu, Saya benar-benar kesal dengan perlakuan si mbah. Saya menghapus semua konten yang telah ditulis dengan susah payah oleh anak-anak didik saya. Dan cerobohnya saya tidak melakukan backup sama sekali terhadap semua konten. Akhirnya, Semua hilang begitu saja, KoranSekolah.com blank tanpa ada konten sama sekali.

Berjalan sekitar dua bulan, saya membeli template kompi minimalis dari Kang Adhy dan ini adalah template kedua yang saya beli. Meski tidak yakin dengan semangat yang telah hilang apakah akan kembali.

Template yang saya beli mungkin baru seminggu diaplikasikan ke KoranSekolah.com. KoranSekolah.com benar-benar tak ada konten sama sekali. Termasuk pages pendukung seperti About, terms dan kontak.

Setelah penerapan template kompi minimalis di KoranSekolah.com. Saya coba melakukan re index di search console. Template yang saya terapkan adalah kompi minimalis versi amp bloggue.

Saya coba menulis konten lagi, dan dalam satu bulan alhasil saya cuma bisa menulis 10 konten. Jauh dari persyaratan umum diterima adsense. Setelah itu baru saya tulis about dan sebagainya. Penulisan konten supaya valid amp ini tak mudah khususnya bagi saya pemula yang belajar ngeblog otodidak, bolak balik ke KompiAjaib dan nyinyiran sama Kang Adhy. Dan sekali lagi, mungkin tidak berlebihan jika saya mengatakan Kang Adhy adalah suhu blogger yang paling yang saya kenal.

Meski saya sebagai blogger Minangkabau nan tau jo nan ampek, Serta menjunjung tinggi raso jo pareso. Sudah menangkap gelagat kesal dari Kang Adhy. Betapa tidak dalam sehari untuk satu konten saja saya nyinyiran ke Kang Adhy mungkin puluhan kali. Baik via email, chat telegram maupun Twitter. (Maafkan saya Kang Adhy)

Singkat cerita, setelah konten saya genap 10 biji dengan umur satu bulan setelah semua konten di hapus. Saya iseng daftar adsense lagi. Alhasil dan Alhamdulillah, saya langsung diterima adsense, mungkin tidak kurang dari dua jam saya dapat balasan full approve.

Dan saya tidak dapat menyimpulkan apa-apa. Selain template kompi minimalis dari Kang Adhy benar-benar ajaib. Dan ternyata valid AMP dengan sepuluh biji konten pun valid amp (mungkin) jadi dasar utama diterimanya saya. Wallahu Alam bis-shawab.

Dan Kompi Minimalis benar-benar Keren menurut saya. Selain setting yang lumayan mudah bagi pemula seperti saya. Kang Adhy pun termasuk suhu yang (responsif) dalam menanggapi setiap pertanyaan yang masuk. Dan dalam artikel ini, saya minta diri dan minta ijin belajar lebih dalam sama Kang Adhy dan mohon doa dan support agar segera bisa gajian. Terima kasih Kang Adhy, KompiAjaib dan teman-teman yang membantu.

Postingan ini dikirim oleh:

Owner dan Admin di KoranSekolah.com.

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar