Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Custom Default Blogger Template Contempo Bagi Yang Mau Saja

Custom Default Blogger Template Contempo Bagi Yang Mau Saja - Saya melihat ternyata banyak juga yang menggunakan tema bawaan Blogger, khususnya tema Contempo. Untuk itu ini saya mencoba mengoptimasi kecepatan loadingnya dan menammbahkan beberapa elemen yang diperlukan.

Saya tidak banyak melakukan perubahan karena memang tema Contempo sudah responsive. Saya hanya menambahkan kekurangannya seperti menambahkan breadcrumb, related post, random post, dan lainnya.

Dari segi kecepatan, saya menambahkan CDN Staticaly pada semua gambar, mengganti komentar Blogger dengan Disqus dengan load on scroll, tidak menggunakan tombol follow Google+ yang menyebabkan blocking render js dari plusone.js.

Dan berikut custom yang saya lakukan pada tema Contempo ini.

1. Mempermudah mengganti warna header yang disesuaikan dengan warna link. Untuk mengganti warnanya melalui Theme > Customize > Advance > Link, lalu silahkan pilih dan sesuaikan warna link.

2. Menambahkan CDN Staticaly pada semua gambar.

3. Menambahkan random post dan related post dengan CDN Staticaly pada thumbnail-nya. Untuk mengatur jumlah post pada random post di sidebar pada kode berikut:


var RandomPostConfig = {homePage: &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;,numPosts:6};

Atur angka untuk numPosts

4. Membuat sticky sidebar dengan CSS position: sticky

5. Menambahkan slot iklan di header, di sidebar, 2 slot iklan di dalam artikel dan di bawah postingan. Untuk slot iklan di header dan sidebar, tambahkan kode iklan dari Layout atau Tata Letak. Untuk 2 slot iklan di dalam artikel cari kode <b:includable id='postBodyAdsense'> di edit HTML, simpan kode iklan di bawahnya. Untuk iklan di bawah post cari kode <b:includable id='postBodyAdsenseBelow'> di edit HTML, simpan kode iklan di bawahnya.

6. Menambahkan komentar Disqus dengan load on scroll. Cari kode var shortname = "kompicontempo"; dan silahkan ganti dengan shortname Disqus blog Anda.

7. Menambahkan Breadcrumb dengan schema.org.

8. Mengganti halaman pencarian dengan halaman hasil pencarian Google.


Bagi yang ingin menggunakannya, silahkan download di bawah ini


Untuk menginstall template tidak perlu menggunakan upload file xml. Langsung saja copy semua kode dari notepad lalu timpah semua kode di edit html.

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar