Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Amp-ad Tidak Terblokir Oleh AdBlocker Di UCBrowser

Iklan adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari web/blog. Banyak provider iklan yang memberikan kesempatan kepada para Blogger untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi publisher atau penampil iklan, salah satunya adalah Adsense. Dikelola oleh Google, Adsense sudah tidak perlu diragukan lagi legitabilitasnya dengan terbukti membayar para publisher-nya.

Namun keberadaan AdBlocker menjadi suatu hal yang membuat para publisher mengusap dada. Bagaimana tidak, AdBlocker menyembunyikan iklan yang tampil di blog yang tentu saja ini menyebabkan publisher iklan tidak mendapat penghasilan.

Memang alasan AdBlocker untuk menghilangkan iklan di web masuk akal yaitu untuk meringankan loading blog dengan menghilangkan loading dari iklan. Namun yang jadi pertanyaannya, mengapa AdBlocker memukul rata semua iklan dengan menghilangkan semua jenis iklan? Jika hal itu dilakukan pada iklan-iklan yang mengganggu saja, tentu saja bisa diterima.

Google sendiri memang melarang untuk menggunakan iklan-iklan nakal yang mengganggu pengunjung. Iklan-iklan nakal itu diantaranya seperti iklan popup dan sejenisnya, iklan melayang yang menutupi layar baik dengan tombol close maupun timer, dan lainnya.

Lalu mengapa iklan yang disimpan sesuai aturan dan tidak mengganggu pengunjung juga tetap diblock AdBlocker?

Jika alasannya pada loading iklan sepertinya tidak masuk akal juga karena semua elemen web/blog memiliki loading karena harus dimuat dari server.

Dan kebetulan kemarin ada teman yang mengeluh, blognya memiliki traffic yang banyak tetapi tidak sebanding dengan jumlah klik iklan. 95% pengunjung blognya adalah dari mobile dan UCBrowser menjadi browser yang paling banyak digunakan.

Lantas saya menerka, mungkinkah jumlah klik iklan yang sedikit disebabkan oleh iklan yang tidak muncul karena AdBlocker pada UCBrowser?

Lantas teman saya juga melanjutkan bertanya, jika memang iklan tidak tampil oleh AdBlocker, kenapa iklan di Kompi Ajaib tetap muncul meskipun menggunakan UCBrowser dengan AdBlocker?

Kompi Ajaib menggunakan iklan AMP pada mobile, saya sendiri baru menyadarinya bahwa amp-ad tidak terblockir oleh AdBlocker di UCBrowser.



Screenshot di atas diambil dengan UCbrowser dengan mengaktifkan Adblocker. Tampak ada notifikasi di bar untuk 2 buah iklan yang diblock, namun semua iklan di blog tetap tampil.

Jadi sementara waktu, amp-ad bisa menjadi solusi untuk menghindari adblocker, namun tentunya Anda harus mengaktifkan AMP pada blog Anda.

Tidak perlu script mengalihan browser dari UCBrowser ke Chrome yang tidak efektif jika pengguna tidak menginstall Chrome pada hp-nya.

Entahlah, tidak tahu sampai kapan AdBlocker tidak bisa memblockir amp-ad. Mudah-mudahan selamanya hehehe....

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar