Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Solusi Google Translate Untuk Blog AMP

Baca juga:

Seperti kita ketahui bahwa di AMP tidak boleh menggunakan javascript, hal inilah yang membuat pengguna AMP merasa kesulitan untuk menggunakan widget Google Translate karena widget tersebut menggunakan javascript.

Akhirnya saya menemukan solusi untuk Google Translate di blog AMP, kita bisa menggunakan URL halaman Google Translate untuk menerjemahkan setiap halaman blog ke berbagai bahasa yang sudah tersedia di Google Translate.

Secara default, halaman akan diterjemahkan ke bahasa Inggris, namun selanjutnya pengunjung dapat menerjemahkan ke bahasa yang mereka gunakan dengan memilih bahasa pada bar di atas.


Untuk demonya silahkan coba terjemahkan halaman ini pada menu Translate di atas.

Jika Anda ingin mencobanya pada blog Anda, silahkan gunakan kode di bawah ini.


<a expr:href='&quot;https://translate.google.com/translate?hl=en&amp;sl=id&amp;tl=en&amp;u=&quot; + data:blog.url' itemprop='url' rel='nofollow noopener' target='_blank' title='Translate'><span itemprop='name'>Translate</span></a>

Silahkan simpan kode tersebut di edit HTML, misal disimpan pada menu header atau di bagian lainnya. Dan link Google Translate ini bukan hanya untuk blog AMP, namun juga bisa digunakan pada blog non AMP.

Ini berguna jika pengunjung blog Anda datang dari berbagai negara.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

UPDATE

Jika ada bagian element yang tidak ingin diterjemahkan oleh Google Translate, silahkan tambahkan atribut class="notranslate". Misal untuk tag pre, agar kode-kodenya tidak ikut diterjemahkan maka silahkan tambahkan atribut class="notranslate" menjadi <pre class="notranslate">.

Contoh, silahkan terjemahkan halaman ini ke bahasa lain, maka tulisan di bawah ini tidak akan diterjemahkan.

Teks ini tidak akan diterjemahkan.

You Might Also Like:


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar