Skip to main content

Segera Lengkapi Link External Dengan Rel Noopener

Jika Anda menambahkan link external di template maupun di dalam postingan dan menggunakan atribut target="_blank", maka segera lengkapi dengan atribut rel="noopener" pada link-link tersebut.

Sepertinya hal ini masih belum banyak diketahui oleh blogger (termasuk saya yang baru mengetahuinya hehehe...).

Ketika kita menautkan halaman web lain ke halaman blog kita menggunakan target="_blank", maka proses halaman baru yang berjalan di jendela baru browser sama dengan proses halaman kita. Jika halaman baru tersebut mengeksekusi JavaScript yang berat, maka kinerja halaman blog kita juga bisa terkena dampaknya. Ups... ternyata bisa sampai begitu dampaknya ya....

Atribut target="_blank" pada link external juga rentan keamanannya. Halaman baru memiliki akses ke objek jendela melalui window.opener, dan bisa mengarahkan halaman kita ke URL yang berbeda dengan menggunakan window.opener.location = newURL.

Untuk itu silahkan perbaiki link external yang menggunakan target="_blank" pada blog Anda dengan menambahkan atribut rel="noopener" seperti contoh berikut:


<a href="http://www.domainLain.com/" rel="noopener" target="_blank" title="Domain Lain">Domain Lain</a>

Jika digabungkan dengan rel="nofollow" maka penulisannya menjadi seperti berikut:


<a href="http://www.domainLain.com/" rel="nofollow noopener" target="_blank" title="Domain Lain">Domain Lain</a>

Semoga bermanfaat.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB