Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Cara Penempatan Unit Iklan AMP Auto Ads Di Blog AMP

Seperti kita ketahui, baru-baru ini Adsense merilis fitur baru yaitu Auto Ads yang menggantikan page-level ads yang sebelumnya sudah ada. Jadi fitur baru Auto Ads ini menggunakan kode iklan yang sama dengan kode iklan page-level, jadi untuk Anda yang sebelumnya sudah menggunakan iklan page-level tidak perlu melakukan perubahan apa pun pada template blog Anda.

Anda hanya perlu mengaktifkan option-option yang ada pada Auto Ads ini di dashboard Adsense. Namun tentu saja Auto Ads ini tidak serta merta bisa dipasangkan pada blog AMP karena akan menyebabkan error karena pemasangan script Auto Ads.

Karena pada AMP tidak diperbolehkan untuk memasang script selain yang sudah disediakan oleh AMP. Untuk AMP, Google menyediakan elemen amp untuk menampilkan Auto Ads pada blog AMP yaitu AMP auto ads.

Baca juga:

Sebenarnya status AMP auto ads ini di AMP Project masih experimental, artinya AMP auto ads hanya untuk uji coba dan belum bisa digunakan secara umum.

Untuk itu tidak semua akun Adsense dapat menguji untuk unit AMP auto ads ini, tapi Adsense memberikan kesempatan pada publisher untuk menguji coba auto ads ini pada blog AMP-nya.

Silahkan cek fitur ini di dashboard Adsense Anda, silahkan cek di bagian Optimization > Labs. Jika tampilannya sudah seperti gambar di bawah ini, maka Anda berarti bisa ikut serta menguji coba fitur AMP auto ads ini. Anda tinggal mengaktifkannya pada tombol switch toggle-nya lalu dapatkan kodenya.


Untuk kode pertamanya yaitu kode js amp-auto-ad silahkan simpan di atas kode </head> atau &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt; dan silahkan gunakan kode di bawah ini.


<b:if cond='data:blog.pageType not in {&quot;static_page&quot;,&quot;error_page&quot;} and not data:blog.searchQuery'>
<script async='async' custom-element="amp-auto-ads" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js"></script>
</b:if>

Kode di atas tidak akan ditampilkan di halaman static, halaman error, dan halaman pencarian blog.

Kemudian untuk kode kedua silahkan simpan di bawah kode <body> atau kode seperti berikut ini


<body itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/WebPage'>

Silahkan gunakan kode seperti berikut ini:


<b:if cond='data:blog.pageType not in {&quot;static_page&quot;,&quot;error_page&quot;} and not data:blog.searchQuery'>
<amp-auto-ads type="adsense" data-ad-client="ca-pub-1234567890"></amp-auto-ads>
</b:if>

Silahkan sesuaikan kode yang ditandai sesuai dengan kode data-ad-client Adsense Anda. Kode iklan di atas tidak akan ditampilkan di halaman static, halaman error, dan halaman pencarian blog.

Untuk saat ini, Februari 2018 iklan AMP auto ads hanya menampilkan iklan teks dan display saja dan akan menampilkan jumlah iklan yang disesuaikan dengan jumlah konten pada halaman blog. AMP auto ads saat ini hanya akan ditampilkan kepada pengguna yang menggunakan perangkat seluler, jadi silahkan lihat penampakannya dengan menggunakan perangkat seluler.

Saya sedang mencoba hanya memasang 2 unit iklan <amp-ad> di tampilan mobile yaitu iklan di atas postingan dan iklan matched content untuk melihat bagaimana perilaku AMP auto ads ini.

You Might Also Like:


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar