Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Korupsi Dan Etika Online Seorang Blogger

Baca juga:

Membaca judulnya saja mungkin Anda kurang tertarik dengan pembahasannya. Anda pasti mengatakan, Koruptor kan hanya identik dengan kelakuan para politikus, bukan para pemain online? Bagaimana kelakuan para politikus ini bisa menjangkiti para pemain online, katakanlah para blogger.

Kini perilaku Korupsi ini dijadikan metode untuk menggeruk penghasilan di dunia maya, bahkan dengan cara ekstrim seperti penyebaran konten hoax misalnya. Para pemain dunia maya yang kebanyakan punya latar belakang pendidikan ini biasanya suka memantik permusuhan, menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya.

Oke, saya mungkin terlalu dalam membahas hoax dalam kehidupan maya kita. Perilaku koruptor nyatanya bisa muncul sesederhana kita dalam menggunakan template pada blogspot, theme pada CMS Wordpress dan aplikasi pada perangkat elektronik kita.

Seperti tidak pernah jadi mahasiswa saja, kamu ini! Anda pasti protes dengan pernyataan saya di atas. Saya juga bukanlah pribadi yang sempurna dalam menggunakan setiap produk informasi. Nyatanya saya juga masih menggunakan produk yang mungkin terlarang dalam hal lisensi. Tapi tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri bukan?

Studi kasusnya adalah seorang Blogspot User (karena saya juga seorang blogger amatiran). Saya sudah mengenal platform kepunyaan Google tersebut semenjak semester satu kuliah. Agaknya di tahun 2012 silam itu adalah waktu saya bermain-main dengan blogger. Bergabung dengan grup Blogger di facebook. Dari situlah saya mengetahui tentang hidup kelam terangnya seorang blogger.

Saya suka membaca post anggota grup yang bercokol di timeline facebook. Mulai dari aktifitas Blogwalking, Klik Cendol, jual akun adsense hingga transaksi Template Premium. Dan hei, dari sinilah saya terinspirasi menulis artikel ini. Betapa kita yang sekarang ini menganggap diri kita seorang blogger, justru tidak mau menghargai hasil karya orang lain. Dan sebagian dari kebiasaan kita itu adalah inti dari praktek korupsi dalam kehidupan online seorang blogger.

Membagikan template bisa dianalogikan seperti memberikan kepercayaan kepada si pemakai. Kita sebagai pemakai dalam hal ini tentunya tidak ingin menghancurkan tanggung jawab itu bukan? Kecuali bagi seorang pengkhianat.

Seorang Blogger seharusnya memanfaatkan kepercayaan itu dengan menggunakan template sebaik-baiknya. Terlepas itu Free atau Premium Lisensi. Free berarti dengan konsekuensi terdapat Credit Link si pembuat, atau Premium berarti dengan menggelontorkan sejumlah dana.

Di sinilah saya mulai sadar akan pentingnya tahap pencapaian profesionalisme dalam dunia blogging. Dan kemarin tepatnya saya memutuskan untuk membeli template Premium Kompi Flexible dari Kompi Ajaib yang benar benar ajaib.

Bagaimana tidak, sebelumnya saya sudah mati-matian mengoptimasi blog saya menggunakan template gratisan, tetapi tidak kunjung tembus 2 k per hari. Dan kemarin sehari setelah saya pasang template Kompi Flexible ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah per-blogging-an saya, langsung tembus 2,7 k sehari (ini mungkin sebuah pencapaian yang biasa bagi master blogger sekalian).

Dan dalam pencapaian ini saya semakin ingin fokus memperbaiki diri menjadi seorang blogger yang memiliki etika dan moral online. Mengembangkan blog dan menghasilkan pundi-pundi rupiah secara halal dan toyyib.

Bukankah menjadi seorang blogger "lurus" itu menyenangkan? Punya banyak teman dan selalu didukung oleh keluarga? Well, blogger memang tidak sekaya politikus. Tetapi menjadi blogger menghadirkan kebanggaan tersendiri bagi yang memilihnya sebagai passion.

Postingan ini dikirim oleh:

Seorang Blogger ingusan yang ingin lurus dan konsisten mengembangkan blog www.kosngosan.com dan menghasilkan income sedini mungkin. Amin.

You Might Also Like:


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar