Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Keajaiban Template

Memulai untuk mengembangkan blog bagi saya hanya sebuah motivasi kecil saja, mungkin karena saya jarang makan dan minun berdampingan dengan orang-orang yang membutuhkan informasi. Mulai muncul sedikit niat, dan waktu luang yang cukup akhirnya tercebur juga.

Sempat berhenti ngeblog semenjak Indonesia berada dalam krisis besar, *hehe bercanda... Sempat berhenti ngeblog semenjak kesibukan pekerjaan yang mulai banyak menyita waktu.

Akhirnya, kembalilah lagi memulai blog tanpa harus ada waktu yang dikorbankan.

Melihat banyaknya blogger yang kerepotan mendapat persetujuan dari AdSense, mulailah saya mencuri waktu pekerjaan untuk mencari dan mencari apa yang membuat mereka kerepotan.

Ternyata, karena AdSense benar-benar profesional dalam membangun kerja sama. Singkat cerita, mulailah saya mencari template yang menurut saya sesuai dengan kriteria AdSense.

Entah apa yang membawa saya mengarah ke Kompi Ajaib, banyak sekali pilihan template berkualitas, dari yang simple sampai yang profesional benar-benar memberikan pilihan sesuai dengan macam-macam kriteria blogger, dan mulailah saya bernegosiasi dengan adminya, sempat berfikir akan mendapat balasan lama ternyata lebih cepat dari yang saya perkirakan.

Saya gunakan template AMP dari Kompi Ajaib, Karena AMP adalah sahabat perangkat mobile sebagai alat berselancar terbesar untuk mencari informasi. Mulailah saya mendaftar AdSense pada hari pertama, apa yang terjadi? Minggu depanya saya mendapat balasan yang mengejutkan, "100% aprove non-hosted account" dengan jumlah 20 artikel amatiran. Beruntung? Mungkin, tapi saya yakin bahwa ini semua akibat dari menggunakan template Kompi Ajaib, yang tidak memberikan saya untuk melakukan usaha terlebih dahulu dalam proses pendaftaranya. hehe..

Setelah itu mulailah saya menelusuri banyaknya postingan yang membahas AdSense, dan kebanyakan hampir sama saja. Semuanya sama-sama memberikan syarat yang berat dan panjang dalam proses AdSense non-hosted.

Mungkin sebagian kesalahan terbesar yang dilakukan blogger adalah salah paham melihat siapa audiens mereka. Saya melihat banyak blog tempat para blogger mengerti topik dengan jelas, namun mereka gagal terhubung dengan audiens mereka dengan posting mereka.

Blogger harus memahami masalah yang dihadapi audiens mereka dan apa yang pembaca sudah tahu tentang topik tersebut, untuk membuat kiriman yang memberikan informasi bermanfaat.

Membuatnya terlalu rumit dan mendasar. Atau, posting gagal untuk menjelaskan masalah yang dipecahkan, dan pembaca tidak dapat memasukkan informasinya ke dalam konteks.

Kesalahan terbesar yang dilakukan blogger termasuk saya adalah mencoba menjadi segalanya bagi semua orang. Kita tidak dapat melebih-lebihkan keuntungan dari fokus, dan jelas misi kita adalah untuk blogging, semakin besar kemungkinan mengembangkan niche.

Misalnya, jika seorang blogger bisnis sangat tertarik pada generasi penerus untuk pinjaman usaha kecil, sebaiknya jangan membuang waktu dan tenaga untuk mencoba menulis tentang pasar hipotek. Sebagai gantinya, dia harus memusatkan energi pada niche dan topik menarik dalam pinjaman usaha kecil.

Saya tidak mengesampingkan siapa-siapa, karena saya pun hanya seorang amatiran yang terus belajar dengan kekayaan topik yang lebih spesifik, dan akhirnya lebih informatif juga menarik.

Percayalah, satu-satunya kesalahan blogger terbesar adalah meliput terlalu banyak topik. Seperti yang saya lakukan, Banyak blogger ingin menarik sebanyak mungkin audiens, jadi mereka menulis tentang berbagai topik.

Masalahnya dengan ini adalah bahwa ruang lingkup blog bisa menjadi hilang dan mungkin melumpuhkan pembaca. Mendefinisikan beberapa bidang utama yang dapat ditutupi oleh posting blog dapat mengasah konten dan fokus pengetahuan dan keahlian blogger dengan mudah.

Kesalahan blogger berikutnya adalah ketidakkonsistenan, baik dalam kualitas maupun frekuensi publikasi. Bagian yang sulit adalah bahwa kedua unsur kesuksesan ini sering kali bekerja sebagai kekuatan yang berlawanan, sobat yang baru memulai pasti dapat dengan mudah merasakan kedua hal ini, dan masih berlaku untuk senior.

Masuk akal di permukaan, menetapkan dan mematuhi jadwal publikasi atau tingkat frekuensi. Blog yang sukses dalam jangka panjang adalah mereka yang membuat rutin penerbitan, tidak berdasarkan inspirasi harian. Nah, saya sebagai amatiran tentu saja selalu mendapatkan inspirasi harian dan terkesan murahan, hehe...

"Keseimbangan antara kebutuhan yang secara konsisten dipublikasikan dan kebutuhan akan kualitas yang konsisten adalah kunci sukses blogging jangka panjang", kenapa saya katakan seperti itu? Karena faktanya topik campur dalam blog malah mengurangi fokus sobat untuk blogging.

Berarti kita harus lebih dari sekedar menulis dong? Sobat sudah tahu jawabanya, sobat juga perlu menulis posting kaya kata kunci dengan judul persuasif dan menarik yang akan dibaca, dihubungkan dan disebar-sebar di situs media sosial hehe..

Saya mungkin akan tetap konsisten untuk tidak konsisten memfokuskan diri kedalam suatu topik secara lebih spesifik. Karena saya membawa deskripsi besar, yaitu amatiran.. hehe

Tetaplah fokus untuk satu topik untuk menjadikan kekayaan isi bagi satu topik tersebut. Kecuali bagi yang membangun blog hanya untuk hiburan seperti saya. Terima kasih untuk Kompi Ajaib dan support dari bos Adhy Suryadi untuk proses yang Ajaib ini.

Postingan ini dikirim oleh:

Saya ingin lebih dari sekedar membangun blog, mencoba sesuatu yang baru, dan melawan arus, selama itu positif insya Allah selalu ada kemudahan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar