Skip to main content

Optimalkan Google My Business Untuk Meningkatkan Usaha Anda

Di zaman serba online seperti sekarang ini, sebaiknya kita benar-benar bisa memanfaatkan peluang usaha baik usaha online maupun offline.

Keduanya jenis usaha ini bisa digabungkan sehingga bisa saling mendukung satu sama lainnya.

Jika kita jeli dan kreatif, banyak sarana yang bisa kita manfaatkan secara tepat untuk menunjang usaha kita. Salah satunya adalah Google My Business.

Google My Business

Dengan Google My Business, kita bisa menyimpan tempat kita di halaman penelusuran Google dan Google Maps. Menampilkan alamat dan kontak agar konsumen lebih mudah menghubungi kita, menampilkan jam layanan usaha, website, dan kita juga bisa menampilkan produk-produk yang kita jual atau layanan yang kita sediakan. Dengan ini tentunya konsumen akan lebih mudah menemukan produk atau layanan jasa kita.

Untuk mulai membuat seperti gambar di atas, silahkan tandai dulu tempat usaha Anda di Google Maps dengan mengikuti tutorial berikut:

Setelah berhasil menandai tempat kita di Google Maps, langkah selanjutnya adalah memverifikasi alamat kita. Dengan alamat yang terverifikasi akan semakin menambah kepercayaan konsumen untuk berbelanja atau menggunakan layanan kita. Silahkan masuk ke maps alamat usaha kita lalu klik menu Claim this business di sidebar kiri dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Biasanya akan ada operator Google Maps yang menelepon langsung ke kita untuk menanyakan kebenaran alamat dan usaha yang kita submit di Google Maps. Setelah itu akan datang kode verifikasi Google Maps.

Untuk memverifikasi Google business Anda silahkan verifikasi di sini. Di bagian Locations silahkan klik tombol Get Verified pada lokasi Anda dan masukan kode yang dikirim Google.

Setelah itu silahkan Manage Location, atur semua hal tentang usaha kita seperti nomor telepon, waktu layanan, logo, label usaha, url website (jika ada, atau kita bisa membuat website di Google My Business di bagian menu website di sisi kiri).

Nah untuk menampilkan produk atau jasa usaha kita, silahkan buat post dengan klik menu Posts di samping kiri. Silahkan masukan gambar penunjang, deskripsi produk, dan tombol untuk beli atau daftar dengan memasukan URL web dari produk tersebut. Maksimal 10 post produk yang bisa kita tampilkan pada carousel tersebut.

Sebagai contoh silahkan cek Google Bisnis Kompi Ajaib berikut:

Bagaimana, mudah bukan?

Selamat mencoba, semoga usaha Anda semakin lancar.

UPDATE:

Untuk website yang dibuat di Google Business ini, selain menggunakan subdomain dari business.site yang disediakan oleh Google, sekarang ini kita juga bisa menggunakan domain sendiri dengan membelinya di Google Domain.

Di bagian atas editor site akan muncul rekomendasi domain untuk site kita dengan tombol "Beli" yang mengarah ke Google Domaain.

Dengan website dari Google Business ini, maka produk kita akan dapat lebih bersaing di halaman pencarian Google.

Tidak perlu website dengan tampilan yang wah, yang penting konsumen dapat dengan mudah menemukan produk kita dan menghubungi kita.


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB