Skip to main content

Google reCAPTCHA Untuk Custom Contact Form WordPress

Belakangan ini saya sering mendapati email yang tidak jelas (spam) di kotak masuk email saya yang datang melalui contact form blog Wordpress saya. Untuk itu, kemudian saya memasang Google reCAPTCHA untuk menangkal serangan spam ini pada contact form blog Wordpress saya.

Saya menggunakan custom contact form atau contact form tanpa plugin di Wordpress. Namun ketika saya mencoba memasang Google reCAPTCHA pada contact form tersebut, saya mengalami kesulitan ketika membuat kode php untuk validasi penggunanya. Akhirnya saya menggunakan sebuah plugin untuk Google reCAPTCHA dan berhasil memasangnya di contact form blog Wordpress untuk menangkal pesan spam.

Jika kebetulan Anda mengalami hal yang sama dengan saya yaitu kesulitan memasangkan Google reCAPTCHA pada custom contact form di Wordpress, silahkan coba dengan bantuan plugin Google Captcha (reCAPTCHA) by BestWebSoft.

Silahkan ketikan Google Captcha (reCAPTCHA) by BestWebSoft pada kotak pencarian halaman plugin di dashboard Wordpress Anda dan silahkan install, kemudian silahkan masuk ke halaman setting-nya atau konfigurasi plugin-nya.

Kemudian silahkan masukan secret key dan site key Google reCAPTCHA. Untuk mendapatkan secret key dan site key Google reCAPTCHA silakan masuk ke https://www.google.com/recaptcha/admin dan daftarkan blog Anda pada kotak yang disediakan.

Setelah selesai dengan konfigurasi/setting pada plugin Google Captcha (reCAPTCHA) by BestWebSoft silahkan simpan perubahannya.

Kemudian untuk menampilkan atau menyimpan Google reCAPTCHA di custom contact form blog Wordpress Anda, silahkan masuk ke template contact form blog Anda misalnya contact.php. Kemudian tambahkan kode di bawah ini di atas kode tombol submit form.


<?php if( function_exists( 'gglcptch_display' ) ) { echo gglcptch_display(); } ; ?>


Yup, hanya cukup menuliskan kode di atas di custom contact form blog Wordpress Anda, maka Google reCAPTCHA akan tampil untuk menghalau para spammer hehehehe....

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB