Skip to main content

Pahami Cara Perpanjangan Merek di Waktu Sekarang

Berbicara cara perpanjangan merek patendo sudah pernahkah kamu dengar program study hukum usaha? Dalam prakteknya, mahasiswa jalur hukum usaha akan belajar segala hal yang terkait berkenaan hukum penyelenggaraan aktivitas dagang, industri, atau keuangan. Salah satunya materi yang masuk ke kapabilitas belajar mahasiswa hukum usaha ialah perpanjangan merek.

Sudah mengetahui belum apakah itu perpanjangan merek? Untuk kamu yang tertarik sama jalur kuliah satu ini, harus sekali memerhatikan keterangan sekitar perpanjangan merek di bawah ini.

Apa itu perpanjangan merek?

Perpanjangan merek atau haki sebagai hak atas segala hal yang terbentuk proses dari berpikiran manusia dan mempunyai nilai ekonomi. Haki dikatakan sebagai hak terbatas karena diberi secara eksklusif ke pribadi atau barisan yang membuat kreasi berkaitan.

Jika masih bimbang, deskripsi simpelnya semacam ini. Misalkan kamu sukses membuat suatu lagu. Karena lagu sebagai kreasi yang lahir dari kreasi seorang musikus, karena itu lagu itu dapat didaftarkan untuk mendapat perpanjangan merek buat menghindar plagiarism dan penggandaan file secara ilegal.

Di mata global, agunan atas haki tertera dalam universal declaration of human rights pasal 27 ayat (2) yang mengatakan jika tiap pribadi memiliki hak memperoleh pelindungan secara kepribadian dan kebutuhan material atas literatur, sains, atau seni yang dibuatnya.

Sementara di indonesia hukum berkaitan haki ditata lewat undang-undang no.28 tahun 2014 berkenaan hak cipta dan undang-undang no.13 tahun 2016 yang mengulas masalah paten. Jika seorang dijumpai menyalahi hak cipta, aktor dapat terima pidana penjara paling lama empat tahun dan/atau denda sampai satu miliar rupiah.

Argumen kenapa aktor usaha perlu mendaftarkan perpanjangan merek

Selainnya dua point yang sudah disebut sebelumnya, program pelindungan kekayaan cendekiawan punyai beberapa faedah tambahan. Salah satunya ialah:

  • Memberi payung hukum atas semua karyamu
  • Memudahkan proses lisensi dan peralihan usaha
  • Lebih gampang untuk meluaskan market share misalnya dengan membuat franchise misalkan.
  • Dapat didaftarkan untuk program investasi dan/atau ipo
  • Memperhitungkan pelanggaran haki oleh seseorang

Tipe perpanjangan merek

Berdasar ketetapan direktorat jenderal kekayaan cendekiawan (djki), perpanjangan merek dibagi jadi dua tipe, yakni hak kekayaan industri dan hak cipta.

Hak cipta

Menurut penuturannya, hak cipta ialah hak terbatas yang dikasih ke pembuat hingga mereka memiliki hak umumkan, perbanyak, dan memberikan ijin atas ciptaannya. Contoh-contoh kreasi yang dapat didaftarkan untuk mendapat hak cipta yakni program computer, karya tulis, khotbah, musik, koreografi, seni batik, photografi, dan arsitektur.

Hak kekayaan industri

Hak kekayaan industri meliputi hak paten, hak atas merk, design industri, dan tanda-tanda geografis. Apa yang membandingkan keempatnya? Keterangan simpelnya semacam ini.

Hak paten

Silahkan mengambil contoh merek sepatu converse. Dengan kantongi hak atas merk, faksi converse bebas menandai tiap produknya bernama converse dan memiliki hak memberi pengakuan berkaitan orisinalitas produk.

Hak atas merk

Sementara contoh dari hak paten ialah contoh ada seorang penemu tehnologi jam tanpa battery. Dia dapat mempermanenkan penemuannya dan mempunyai hak terbatas untuk manfaatkan tehnologi penemuannya dan memberikan ijin pada pihak lain jika ingin memakai tehnologi itu.

Design industri

Program pelindungan design industri terkait dengan wujud dan formasi garis atau warna yang memberi kesan-kesan estetis dan unik di suatu produk, barang, atau kerajinan tangan.

Tanda-tanda geografis

Tanda-tanda geografis ditujukan untuk memberi pertanda berbentuk wilayah asal satu barang hingga sanggup membuat karakter tertentu dan tingkatkan harga jual barang itu.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB