Skip to main content

Apa itu Candi Borobudur? Simak Info Umum tentang Candi ini

Siapa sih yang belum tahu apa itu Candi Borobudur? Ya pastinya sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengetahui mengenai candi termegah di Indonesia ini. Candi Borobudur ini dikenal para wisatawan domestik maupun mancanegara karena memiliki pesone yang cukup unik dan menarik untuk dilihat seperti terdapat relief-relief di dinding, arsitek bangunan yang unik dan banyak hal lainnya yang menarik pada candi ini.

Sejarah Berdirinya Candi Borobudur

Menurut legenda Candi ini dibangun pada abad ke-8 atau sekitar tahun 750-an M pada masa Dinasti Syailendra. Candi ini terletak diatas bukit hijau yang bangunannya terdiri dari jutaan blok batu. Bangunan pada candi ini sendiri dibuat 3 struktur yang melambangkan tingkatan alam semesta menurut keyakinan Budha. 2.672 panel relief serta 504 patung Budha turut menambah keindahan pada candi ini.

Candi Borobudur ini sendiri pernah tertimbun abu vulkanik akibat letusan dahsyat yang terjadi di Gunung Merapi pada tahun 1006, namun pada tahun 1814 candi ini berhasil ditemukan kembali oleh insinyur Belanda bernama Cornelius. Kemudian pada tahun 60-an pemerintah dan UNESCO melakukan renovasi ulang Candi Borobudur hingga menjadi seperti sekarang.

Destinasi yang ada di Candi Borobudur

Selain menawarkan keindahan arsitektur budaya yang ada di Candi Borobudur. Tempat wisata bersejarah ini juga memiliki beberapa destinasi yang tidak kalah seru dan menarik. Didekat Candi Borobudur terdapat tiga museum yang bisa Anda kunjungi. Selain itu dari Puthuk Setumbu ini Anda bisa melihat pemandangan yang luar biasa asri Candi Borobudur dari kejauhan agar Anda bisa menjawab pertanyaan mengenai apa itu Candi Borobudur.

Didekat Puthuk Sumbu sendiri juga terdapat bangunan dengan bentuk yang cukup unik seperti ayam. Bangunan ini sendiri dikenal dengan nama Gereja Ayam. selain itu disekat Candi Borobudur juga terdapat beberapa candi yang bisa Anda kunjungi. Seperti Candi Ngawen, Candi Pawon, serta Candi Mendut

Hotel terbaik di Malioboro dekat Candi Borobudur

Setelah Anda berkunjung ke Borobudur dan menikmati suasana peninggalan sejarah di Borobudur sangat sayang sekali jika Anda tidak berkunjung ke Malioboro yang merupakan pusat pasar tersohor di Jogjakarta. Jarak antara Candi Borobudur ini tidak jauh hanya sekitar 39km jadi jangan sampai Anda tidak berkunjung ke Malioboro.

Selain merupakan pusat pasar dan pusat oleh-oleh terbaik di Jogjakarta, juga banyak terdapat hotel terbaik di Malioboro atau tempat penginapan yang bisa Anda jadikan tempat untuk beristirahat sejenak di Malioboro seperti hotel Yogyakarta Mariott, Hotel Jambuluwuk Malioboro, Hotel Tenteram, dll.

Nah pasti Anda sudah memiliki gambaran bukan mengenai Apa itu Candi Borobudur. Agar lebih dapat mengenal Candi Borobudur dengan baik Anda dapat berkunjung secara langsung ke Candi Borobudur dan menikmati nuansa candi yang super megah tersebut.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB