Skip to main content

Pentingnya Brand Consultant Indonesia

Merek yang membuat bisnis anda lebih dikenal oleh konsumen. Untuk itu, brand anda harus dilindungi agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Salah satu hal penting untuk melindungi bisnis anda adalah hak merek itu sendiri. Untuk membantu anda memahami apa itu hak merek dan mengapa hak itu penting bagi bisnis anda.

Apa itu Hak Merek?

Hak merek merupakan identitas sebuah bisnis. Selain sebagai pembeda, merek juga merupakan instrumen yang mewakili sebuah perusahaan. Oleh karena itu, keberadaan dan komunikasi merek menjadi faktor kunci dalam memasarkan suatu produk, baik barang maupun jasa.

Melihat betapa pentingnya arti sebuah merek dalam sebuah bisnis, maka wajar jika sebuah merek layak mendapatkan perlindungan hukum melalui instrumen Hak Merek. Hak merek adalah hak eksklusif bagi pemilik merek terdaftar untuk menggunakan merek tersebut dalam perdagangan barang dan/atau jasa, sesuai dengan kelas dan jenis barang/jasa yang mereknya didaftarkan.

Dengan memiliki hak atas merek tersebut, anda memiliki kebebasan untuk menggunakan merek tersebut untuk tujuan komersial, dan berhak untuk melarang pihak lain menggunakan merek tersebut untuk kelas dan jenis barang/jasa yang sama.

Mengapa brand consultant indonesia penting untuk bisnis?

Nama, logo, dan produk bisnis adalah kekayaan intelektual yang harus diakui dan dilindungi. Untuk melindungi nama bisnis anda, logo dan aset penting lainnya dalam bisnis anda, anda harus mengajukan permohonan pendaftaran Hak Merek. Ini dapat mengurangi kemungkinan perusahaan lain menipu produk atau kekayaan intelektual bisnis anda. Dengan demikian, dapat memberikan anda posisi yang lebih tinggi di atas kompetisi.

Selain itu, mendaftarkan hak merek juga membawa berbagai manfaat. Jadi anda bisa lebih mudah mendatangkan investor. Bagi anda yang belum tahu, sebelum berinvestasi di suatu perusahaan, investor tidak hanya melihat laporan keuangan, tetapi juga bagaimana kepemimpinan pemilik perusahaan dan seberapa signifikan brand atau merek di mata masyarakat.

Hak Merek adalah aset kekayaan intelektual. Jika dikelola dengan baik, sebuah merek dapat memiliki nilai atau valuasi yang jauh melebihi perusahaan itu sendiri. Dengan begitu, banyak perusahaan menjual merek mereka, tanpa menjual seluruh perusahaan. Contohnya adalah brand SariWangi yang beberapa tahun lalu ramai diperbincangkan.

Siapa yang Berhak Mengajukan Hak Merek Dagang?

Orang yang paling berhak untuk mengajukan hak merek adalah pemohon Hak Merek itu sendiri. Karena, merekalah yang memiliki legal standing untuk itu. Jadi, tanpa surat kuasa khusus, anda tidak dapat mendaftarkan merek dagang yang dibuat oleh orang lain.

Perlu dicatat bersama bahwa merek bebas digunakan oleh siapa saja, sampai seseorang mendaftarkan merek tersebut ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Oleh karena itu, dalam pendaftaran merek dikenal istilah first to file, artinya hak merek bisa dipegang siapa saja yang mengajukan permohonan terlebih dahulu, tentunya permohonan tersebut tidak melanggar Hukum dan regulasi.

Hanya saja, karena proses pendaftaran merek ini membutuhkan proses yang tidak sedikit dan memakan waktu yang lama. Maka gnda juga bisa menggunakan Konsultan Kekayaan Intelektual yang terpercaya seperti Patendo.

Dengan surat kuasa khusus dari anda, brand consultant indonesia ini dapat menangani semua proses pendaftaran hingga selesai. Tentunya anda juga harus membayar biaya jasa dari konsultan ini. Namun dengan konsultan Patendo, anda bisa mendapatkan harga murah.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB