Skip to main content

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan VPS Hosting

Ketika Anda memutuskan untuk memulai sebuah bisnis maka hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat sebuah website. Dalam hal ini website sangat berguna untuk menunjang keperluan bisnis yang sedang Anda bangun tersebut. Dan tentunya untuk membuat sebuah website Anda tentu menginginkan sebuah hosting terbaik agar kedepannya segala urusan dengan website dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Untuk itu penggunaan VPS menjadi salah satu pilihan yang harus Anda pertimbangkan untuk tempat hosting website Anda. Namun sebelum Anda mulai menggunakan VPS maka sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan VPS agar nantinya dapat memutuskan apakah VPS tersebut memang paket hosting terbaik yang sesuai dengan kebutuhan website yang akan Anda buat.

Berikut ini pengertian tentang VPS beserta dengan kelebihan dan kekurangannya yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya yang saya rangkum dari situs Exabytes Indonesia sebagai penyedia Hosting Indonesia yang berkualitas dan terpercaya.

Pengertian VPS

VPS atau Virtual Private Server merupakan sebuah server virtual yang memiliki sumber daya sendiri dan tentunya hanya dapat digunakan oleh 1 orang pelanggan saja. Disebut sebagai virtual server, hal ini karena VPS menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi sebuah server fisik menjadi beberapa mesin virtual atau menjadi beberapa sistem secara virtual.

Jadi perlu diketahui bahwa VPS bukanlah sebuah server pribadi yang memiliki satu server fisik saja melainkan bahwa sebuah VPS tentunya berada di dalam satu server fisik bersama dengan VPS yang lainnya. Namun tentu saja setiap VPS tersebut dapat menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang berbeda dengan VPS lainnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing penggunanya sehingga tidak akan mengganggu pelanggan VPS lainnya meskipun berada di dalam satu server fisik yang sama.

Jadi secara konsep pada dasarnya VPS hosting ini memiliki kesamaan dengan Shared hosting karena mereka sama-sama masih berbagi satu server fisik dengan pengguna yang lainnya. Bedanya adalah bahwa shared hosting ini tentu saja tidak menggunakan teknologi virtualisasi sehingga sumber dayanya tidak bersifat pribadi. Semua pengguna shared hosting dapat saling berbagi sumber daya dan juga akan terkena dampak dari pengguna lainnya.

Dan dari segi penggunaan, hosting vps ini menyerupai dedicated server di mana pengguna mempunyai sistem operasi serta sumber daya sendiri, mulai dari akses ke root server, mendapatkan IP address, port number, tables filtering, serta routing sendiri, sampai bisa untuk merestart VPS.

Kelebihan VPS

Selain Beberapa kelebihan yang sudah saya sebutkan di atas tadi, berikut ini ada beberapa kelebihan dari VPS yang bisa Anda dapatkan.

1. Sumber Daya yang Lebih Baik

Dengan menggunakan VPS, maka Anda sebagai pelanggan dapat menggunakan sumber daya penuh secara pribadi. Seperti penggunaan ram, CPU, dan bandwidth tidak akan bercampur atau berbagi dengan pengguna yang lainnya. Sehingga nantinya performa website Anda tentunya akan menjadi lebih baik.

2. Performa yang Lebih Baik

Karena penggunaan sumber daya ini secara pribadi atau sendiri, maka hal tersebut akan membuat performa server menjadi lebih baik karena server Anda tidak akan terpengaruh oleh pengguna lainnya sehingga kemungkinan terjadinya downtime akan lebih kecil. Dengan performa server yang lebih baik maka selanjutnya situs atau website Anda juga akan memiliki performa yang lebih baik juga.

3. Jaminan Keamanan dan Privasi

Dengan VPS maka pengguna dapat menyimpan berbagai bentuk file di dalam database sendiri tanpa bercampur dengan pengguna lainnya meskipun ada beberapa pengguna dalam satu server fisik yang sama. Selain itu, VPS memiliki sistem backup yang handal, sehingga ketika terjadi kesalahan maka file yang tersimpan akan memiliki keamanan serta dapat dipulihkan lagi dengan segera.

4. Fleksibilitas

Dengan mengguna VPS, maka pengguna dapat meningkatkan kemampuan RAM, CPU, dan bandwidth ataupun penyimpan dengan mudah, sehingga sumber daya dapat selalu menyeimbangkan dengan kebutuhan perkembangan yang Anda perlukan. Ketika website Anda menjadi lebih besar dengan trafik yang tinggi maka sumberdaya website Anda tidak akan kewalahan alias tetap lancar dan nyaman.

5. Kontrol Penuh

Dalam hal ini para pengguna VPS memiliki kontrol penuh atas server virtual mereka masing-masing meskipun mereka berada dalam satu server fisik yang sama. Para pengguna akan memiliki akses penuh ke SSH serta root server sendiri. Dengan begitu maka setiap pengguna dapat dengan leluasa untuk mengubah atau memodifikasi sistem operasi atau berbagi file atau menggunakan berbagai aplikasi yang diinginkan sampai mengkonfigurasi keamanan sesuai keinginan sendiri.

Kekurangan VPS

Selain memiliki beberapa kelebihan yang sudah saya sebutkan di atas, tentunya VPS juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya.

1. Pengguna Harus Memiliki Kemampuan Teknis

VPS memiliki kelebihan kontrol yang penuh untuk pengaturan di berbagai aspek VPS, untuk itu maka para penggunanya dituntut untuk dapat memahami atau memiliki pengetahuan teknis untuk mengoperasikan server secara baik dan benar. Dengan pengoprasian server yang baik dan benar, maka nantinya kinerja dari website dan aplikasi yang Anda jalankan akan menjadi lancar tanpa hambatan. Namun jika pengguna memiliki pengetahuan teknis tentang server yang kurang, maka pengguna dapat menggunakan tim profesional yang biasanya disediakan juga oleh pengelola hosting. Tim akan membantu mengurus segala hal mengenai pengelolaan server Anda serta mereka juga akan selalu memantau server secara 24 jam.

2. Harga yang Lebih Mahal

Karena VPS bersifat pribadi serta memiliki berbagai keunggulan secara eksklusif dibanding dengan shared hosting maka tentunya harganya juga menjadi lebih mahal. Belum lagi jika Anda memiliki pengetahuan tentang teknik yang kurang maka tentunya Anda harus menambah biaya untuk menyewa tim profesional agar server tetap dapat berjalan dengan lancar dan optimal.

Nah setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari hosting vps, maka kini saatnya Anda memutuskan apakah akan menggunakan VPS hosting untuk server website atau aplikasi Anda ataupun tidak.

Ketika Anda merasa perlu untuk menginstal berbagai software ataupun memerlukan konfigurasi software lanjutan atau pemrograman yang lebih tinggi, maka VPS merupakan salah satu pilihan untuk hosting yang lebih baik yang Anda perlukan dibandingkan menggunakan shared hosting.

Begitupun ketika Anda memerlukan privasi yang lebih tinggi, maka VPS menjadi pilihan yang tepat untuk hosting server Anda. Apalagi jika Anda memiliki transaksi atau pertukaran data di dalam situs, maka keamanan akan lebih diperlukan.

Anda tidak salah ketika memilih shared hosting ketika memulai membuat website untuk bisnis Anda karena mungkin saat itu website Anda masih baru dan tentunya pengunjungnya juga atau traffic nya juga masih sedikit. Namun ketika website Anda mulai banyak pengunjung sehingga shared hosting sudah tidak mumpuni lagi,maka akan lebih baik jika Anda meng-upgrade hosting Anda dengan menggunakan VPS hosting. Dengan begitu maka performa website Anda akan tetap lancar dan optimal sehingga pengunjung akan menjadi lebih puas ketika mengunjungi website Anda.

Kesimpulan

Demikian saja artikel tentang pengertian serta kelebihan dan kekurangan dari VPS hosting yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya. Dengan begitu sekarang Anda memiliki gambaran mengenai hosting mana yang akan Anda gunakan untuk mengelola website untuk menunjang bisnis yang tengah Anda geluti sekarang ini.

Jika Anda telah memutuskan untuk menggunakan VPS hosting maka rekomendasi saya adalah menggunakan VPS Indonesia yang disediakan oleh Exabytes Indonesia sebagai penyedia hosting Indonesia terbaik dan terpercaya.

Dengan VPS dari Exabytes Indonesia maka website Anda dijamin akan 10 kali lebih cepat, lebih handal, dan lebih stabil. VPS dari Exabytes Indonesia memiliki set up yang sangat cepat sehingga VPS dapat digunakan hanya dalam hitungan menit. Performa prosesor juga sangat tinggi karena menggunakan hexacore Intel Xeon dengan technical support selama 24 jam bisa melalui email, live chat, ataupun remote access.

Exabytes Indonesia menyediakan paket VPS hosting dengan harga mulai dari Rp. 50.000 per bulan. Anda dapat mengupgrade paket hosting kapan saja sampai paket tertinggi dengan harga Rp. 400.000 perbulan untuk 160 GB SSD Disk Space, 8 GB Memory, 8 vCPU, 1 Dedicated IP, Unlimited Data Transfer, 100 Mbps Bandwidth, serta bonus SSL/HTTPS gratis.

Jadi tunggu apalagi? Segera beli VPS hosting di exabytes Indonesia agar website bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Semoga bermanfaat.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB