Skip to main content

Fungsi dan Tugas Konsultan Pajak Yang Harus Anda Ketahui

Saat ini masyarakat Indonesia semakin melek pajak. Oleh karena itu perusahaan membutuhkan jasa konsultan pajak. Konsultan pajak akan membantu urusan perpajakan, seperti konsultasi dan melaporkan atau membayar pajak klien.

Konsultan penting agar perpajakan klien bisa sesuai dengan UU pajak, serta bisnis klien dapat berkembang. Secara umum pengertian konsultan pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada Wajib Pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Apa itu konsultan pajak ? Jadi, konsultan pajak merupakan orang yang akan membantu wajib pajak dalam mengurus hal hal tentang pajak. Dengan adanya konsultan perpajakan, diharapkan pihak yang menggunakan jasanya bisa melaksanakan sistem perpajakannya dengan baik dan bisa merasakan manfaat dari membayar pajak.

Fungsi Konsultan Pajak

Berikut adalah fungsi konsultan pajak yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan jasa mereka.

Konsultan pajak akan memberikan bimbingan dan membuat perkiraan tanggungan wajib pajak, melakukan koreksi dan sebagainya. Membantu menyiapkan dan mengelola data yang akan dilaporkan sesuai ketentuan perpajakan suatu perusahaan.

Konsultan akan membantu menekan biaya pajak tanpa melanggar UU perpajakan. Karena wajib pajak tidak memiliki waktu yang cukup untuk memperhatikan perkembangan dunia perpajakan, maka jasa konsultan pajak bertugas untuk mengatur pajak suatu perusahaan sesuai dengan perkembangan peraturan yang berlaku.

Konsultan pajak juga wajib memberikan informasi kepada wajib pajak tentang peraturan perpajakan terbaru. Konsultan pajak akan membantu dalam hal pemeriksaan Wajib Pajak, keberatan dari Wajib Pajak dan pengajuan banding yang dilakukan oleh Wajib Pajak.

Dengan memanfaatkan konsultan pajak, Anda dapat meminimalkan risiko perpajakan. Hal ini dapat mengurangi beban perusahaan, sehingga perusahaan dapat lebih fokus mengembangkan usahanya. Dengan menggunakan jasa konsultan pajak, perusahaan menjadi lebih efisien.

Saat ini di Indonesia banyak perusahaan yang menggunakan konsultan pajak untuk efisiensi perusahaan. Peran konsultan pajak di Indonesia, untuk memasarkan jasanya secara online yang sangat dibutuhkan untuk membantu suatu perusahaan.

Bagi wajib pajak saat proses pengajuan SPT mungkin akan terasa membingungkan jika dilakukan sendiri. UU perpajakan sering diperbarui, ketidaktahuan pelaku bisnis mengenai aturan pendapatan yang perlu dilaporkan adalah contohnya.

Akibatnya, Anda sebagai wajib pajak bisa saja melakukan kesalahan yang justru mengurangi pembayaran yang seharusnya dibayarkan atau bahkan pembayaran yang dilakukan berlebih. Tentu dua hal ini akan sangat merugikan wajib pajak.

Konsultan pajak adalah layanan yang memberikan saran ahli kepada pelapor pajak. Konsultan pajak yang terpercaya akan memperlakukan kliennya berdasarkan kebutuhan klien. Masalah perpajakan pasti akan menjadi rumit, sehingga banyak orang yang menggunakan konsultan. Wajib pajak dalam keadaan tertentu akan memilih konsultan pajak. Misalnya, jika mengalami kesulitan berurusan dengan wiraswasta, pajak penghasilan perusahaan, pendapatan sewa, dan sebagainya.

Apakah Anda Membutuhkan Konsultan Pajak?

Jika Anda yakin akan menggunakan jasa konsultan pajak, maka perhatikan hal-hal tersebut. Kemudian kembali lagi, tanyakan sekali lagi apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Jika iya, maka Anda bisa mulai menghitung biaya yang harus Anda keluarkan untuk merekrut konsultan pajak.

Setelah itu, Anda bisa mulai mencari konsultan pajak dengan kriteria diatas. Jika ternyata biaya yang Anda miliki lebih sedikit, maka Anda bisa menyesuaikan kembali kriteria konsultan pajak yang diinginkan, begitu seterusnya hingga akhirnya biaya yang Anda miliki dan konsultan pajak yang Anda inginkan sesuai.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:

PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB