Skip to main content

Tips Membuat Nama Perusahaan Yang Bisa Menjadi Terkenal

Nama perusahaan sudah tentu menjadi identitas penting dari suatu perusahaan. Tidak hanya sekedar nama, nama dari perusahaan sangat berpengaruh dengan brand yang akan Anda pasarkan ke masyarakat. Oleh sebab itu, Anda harus memilih nama yang melambangkan identitas dari perusahaan Anda.

Tips membuat nama perusahaan

Sampai sini, apakah Anda masih bingung bagaimana memilih nama terbaik untuk perusahaan Anda. Berikut tips untuk memilih nama yang bisa membuat brand perusahaan Anda terkenal dan berpengaruh kepada masyarakat.

1. Mencerminkan produk yang dijual perusahaan.

Sebagai sebuah identitas tentu saja nama dari perusahaan Anda harus mencerminkan produk atau brand yang Anda jual. Sebagai contoh, misalnya perusahaan Anda merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang food and beverage. Maka Anda bisa memberikan kata yang menggambarkan produk Anda tersebut, seperti penggunaan kata food atau boga.

Meskipun tips ini merupakan optional, nama dari perusahaan yang menggunakan kata yang berkaitan dengan produk akan memudahkan konsumen dalam mengetahui produk yang dipasarkan.

2. Singkat dan mudah diingat.

Meskipun nama brand yang lebih dikenal dari pada nama dari perusahaan, namun nama dari perusahaan juga harus mudah diingat oleh konsumen maupun mitra perusahaan lain yang ingin bekerja sama. Walaupun begitu, nama dari perusahaan juga akan berpengaruh pada permintaan dari sebuah produk. Apalagi untuk produk jasa, seperti perusahaan jasa tour & travel dan jasa konsultan yang lebih spesifik produknya.

Berdasarkan peraturan wajib, nama dari sebuah perusahaan minimal hanya terdiri dari tiga kata, terutama untuk perusahaan lokal. Hal ini dilakukan untuk membedakan perusahaan lokal dengan perusahaan asing. Jika Anda ingin membuat logo, buatlah logo dengan singkatan nama dari perusahaan agar nama bagi perusahaan Anda lebih mudah diingat.

3. Jangan plagiat dengan nama dari perusahaan lain.

Sebelum menentukan nama bagi perusahaan, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu. Anda bisa mengecek nama untuk perusahaan Anda melalui internet atau di situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Dengan cara ini, Anda lebih aman dari gugatan pengadilan karena menjiplak nama dari perusahaan lain. Hindari beberapa kata pasaran seperti “Sinar”, “Abadi” atau “Cahaya”. Kata-kata tersebut sudah banyak digunakan oleh banyak perusahaan.

4. Hindari penggunaan angka atau kata yang vulgar.

Walaupun harus memilih nama yang berbeda dan identik, Anda harus tetap mengikuti kaidah membuat nama untuk perusahaan. Salah satu aturannya adalah tidak diperbolehkan menggunakan angka sebagai huruf. Sebagai contoh PT. B0ga Sentosa, huruf “O” pada kata “boga” dilarang diganti menggunakan angka “0”.

Selain penggantian huruf menjadi angka, Anda juga harus menghindari kata-kata vulgar atau yang bernada negatif. Hal itu karena dapat menurunkan citra dari perusahaan Anda.

5. Mencari inspirasi lewat kamus.

Ketika Anda bingung dan sudah mentok dalam mencari nama untuk perusahaan Anda. Kamus bisa membantu Anda mencari referensi nama yang bagus. Dengan kamus, selain mencari nama yang bagus, kamu juga bisa sekaligus mencari makna dari nama yang kamu pilih untuk perusahaan kamu.

6. Menggabungkan dua kata.

Agar menjadi sebuah kata baru, kamu bisa menggabungkan dua kata menjadi satu sehingga nama tampak bagus untuk perusahaan kamu. Contohnya penggabungan kata “Ruang” dan “Guru” menjadi “RuangGuru” Dengan cara seperti ini nama untuk perusahaan Anda menjadi unik dan menarik.

Praktekkan Tips Untuk Nama Bagi Perusahaan Yang Bagus

Tips-tips di atas bisa segera Anda coba agar Anda cepat menemukan nama yang tepat untuk perusahaan Anda. Nama perusahaan akan sangat mempengaruhi bisnis Anda, oleh karena itu tips- tips yang telah Anda ketahui tersebut sangat direkomendasikan untuk Anda coba.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB