Skip to main content

Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultan HKI Saat Pendaftaran Merek

Pendaftaran merek dagang bisa anda lakukan sendiri di kantor DJKI, atau bisa melalui kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI yang ada di daerah anda. Namun, keuntungan memakai konsultan hki yang sudah terdaftar tentunya akan lebih banyak dari pada melakukan sendiri.

Perlu anda ketahui, bahwa konsultan HKI adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam pendaftaran HKI dan menyediakan jasa untuk mengelola permohonan pendaftaran paten, merek dagang, hak cipta, indikasi geografis, dan lainnya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan menggunakan jasa ini.

Pendaftaran Hak Merek Dagang online

Pendaftaran Hak Merek online dapat dilakukan melalui aplikasi Merek yang disediakan oleh DJKI.

Pertama pesan nomor pembayaran di Simpaki. Caranya buka situs simpaki.dgip.go.id dan isi kolom yang tersedia dan lakukan pembayaran. Setelah itu, masuk ke Aplikasi Merek. Jika anda belum memiliki akun Aplikasi Merek, silakan daftar akun/aktifkan e-biling terlebih dahulu. Lalu masukkan data merek, lalu kirim. Data lamaran yang dikirimkan dapat dicetak dan akan dicek oleh petugas.

Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultan HKI

Perlu anda ketahui, bahwa proses pendaftaran merek dagang akan cukup melelahkan, dan prosesnya lama. Apalagi jika persyaratan yang dibutuhkan saat mengajukan pendaftaran merek tidak mencukupi. Lain halnya jika anda mengajukan hal tersebut ke layanan pendaftaran merek di Indonesia.

Jika Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual mengirimkan surat mengenai persyaratan pendaftaran merek atau memberikan surat penolakan atas permohonan pendaftaran merek, maka segala urusan surat tersebut akan ditangani dengan baik oleh layanan pendaftaran merek.

Selain itu, tidak jarang jasa pendaftaran merek juga menyediakan jasa arbitrase terkait sengketa merek. Sengketa merek umumnya terjadi ketika pihak lain menggunakan merek terdaftar tanpa izin/lisensi pemiliknya.

Panduan Memilih Konsultan HKI

Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mendirikan layanan pendaftaran merek di Indonesia, simak tips memilih konsultan HKI yang tepat.

Pastikan pihak konsultan HKI tersebut sudah terdaftar dalam database konsultan kekayaan intelektual. Bagaimana cara mengetahuinya? Silahkan kunjungi website Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, kemudian pilih menu e-information HKI – Database Konsultan HKI. Setelah itu, gunakan fitur pencarian untuk mencari konsultan yang cocok dengan yang anda inginkan.

Tips kedua adalah memastikan konsultan HKI mematuhi kode etik profesi yang berlaku bagi konsultan HKI Indonesia. Penjelasan kode etik profesi konsultan HKI Indonesia adalah sebagai berikut:

Jangan memberikan informasi yang bisa menyesatkan masyarakat, atau menghina konsultan HKI, dan berkata-kata dengan mengandung membawa citra buruk konsultan HKI.

Tidak dibenarkan mengklaim memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pegawai pemerintah yang bersangkutan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tidak diperbolehkan memberikan jaminan keberhasilan. Anda dapat melihat pengalaman konsultan dengan cara melihat portofolionya.

Jasa Konsultan HKI Patendo Terpercaya

Sebagai jaringan kantor hukum dan kantor konsultan, Patendo siap memberikan pelayanan terbaik terkait arbitrase sengketa bisnis, izin kerja ekspatriat, penanaman modal asing, pendirian badan usaha, hingga pendaftaran merek.

Patendo memiliki pengalaman dalam menangani kasus-kasus yang berkaitan dengan hak kekayaan intelektual seperti perwakilan perusahaan domestik dan multinasional untuk menangani kasus pelanggaran merek dan membantu klien dalam mengajukan permohonan pendaftaran merek.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan jasa pendaftaran merek yang bisa anda peroleh, serta cara memilih konsultan HKI saat pendaftaran merek. Bagi para pemilik usaha yang sedang membutuhkan konsultan HKI, segera hubungi Patendo.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB