Skip to main content

Fungsi Atribut Lang Pada HTML Blog dan Setting Terjemahkan Laman Web di Chrome

Fungsi Atribut Lang Pada HTML Blog - Secara sederhana, atribut lang pada HTML berfungsi untuk memberitahu browser untuk bahasa yang digunakan pada sebuah halaman website. Sehingga dengan ini browser dapat menentukan apakah bahasa pada sebuah halaman sama atau tidak dengan bahasa utama penggunanya. Seperti pada browser Chrome yang memiliki translator otomatis ketika menemukan bahasa sebuah halaman berbeda dengan bahasa yang digunakan oleh penggunanya.

Pada gambar di atas, Chrome mendeteksi sebuah halaman yang saya kunjungi memiliki atribut lang="en" pada HTML yang berarti halaman tersebut berbahasa Inggris, yang tentunya berbeda dengan bahasa utama saya yaitu bahasa Indonesia. Sehingga Chrome menawarkan untuk menerjemahkan halamannya ke bahasa Indonesia. Fitur ini juga bisa di-setting untuk menerjemahkan otomatis ketika menemukan sebuah halaman memiliki bahasa yang berbeda dengan bahasa utama penggunanya.

Penulisan atribut lang pada HTML

Penulisan atribut lang pada HTML ini khususnya di Blogger pada edit HTML seperti pada gambar berikut ini.

Gambar di atas adalah edit HTML blog Kompi Ajaib ini dengan menggunakan atribut lang="id" yang berarti halaman blog Kompi Ajaib ini berbahasa Indonesia.

Sehingga ketika ada pengunjung yang berbeda bahasa, maka browser Chrome yang digunakannya dapat dengan mudah menerjemahkan halamannya.

Jadi yang belum menyesuaikan atribut lang pada HTML blognya, silahkan segera sesuaikan dengan bahasa yang digunakan pada blognya. Anda bisa mengunjungi laman pada link berikut ini untuk menemukan kode lang yang sesuai dengan bahasa blog Anda.

Setting Terjemahkan Laman Web di Chrome

Saat Anda menemukan sebuah halaman yang ditulis dalam bahasa yang berbeda dengan bahasa Anda atau bahasa yang tidak Anda mengerti, maka Anda dapat dengan mudah menggunakan Chrome untuk menerjemahkan halaman tersebut.

Secara default, Chrome menawarkan untuk menerjemahkan halaman yang ditulis dalam bahasa yang tidak Anda pahami.

Untuk mengatur bahasa pada Chrome agar sesuai dengan bahasa Anda, bisa dilakukan seperti pada gambar berikut:

  1. Di komputer Anda, silahkan buka browser Chrome.
  2. Di kanan atas, klik ikon titik 3 lalu lalu pilih Setelan.
  3. Di bagian bawah halaman Setelan, silahkan klik Lanjutan.
  4. Di bagian "Bahasa" di sebelah kiri, klik Bahasa di sebelah kanan.
  5. Di samping bahasa yang ingin Anda gunakan, klik ikon titik 3. Jika bahasa Anda tidak tercantum, tambahkan dengan mengeklik Tambahkan bahasa lalu klik ikon titik 3 dan pilih Menawarkan untuk mengartikan halaman-halaman dalam bahasa ini.
  6. Kemudian pastikan toggle Tawarkan untuk menerjemahkan halaman yang tidak dalam bahasa yang Anda baca berwarna biru/hidup.

Selanjutnya, jika Anda menemukan halaman website yang berbeda bahasa, maka di sisi kanan kotak alamat Chrome akan muncul ikon translate seperti gambar berikut.

Silahkan klik ikon Terjemahkan tersebut, maka Chrome akan menerjemahkan halaman web tersebut. Jika ikon Terjemahan tidak muncul di sisi kanan address bar, silahkan coba segarkan halaman web. Jika masih tidak berfungsi, klik kanan di mana saja pada halaman tersebut lalu klik Terjemahkan ke bahasa Anda.

Anda juga dapat mengatur Setelan lainnya dengan klik ikon Terjemahan lalu klik ikon titik 3.

Untuk setting terjemahkan laman web pada browser Chrome, Anda juga bisa simak video berikut ini:

Demikian saja artikel tentang fungsi atribut lang pada HTML dan cara setting terjemahkan laman web pada browser Chrome.

Semoga bermanfaat.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB