Skip to main content

Berbagai Contoh dan Aspek Pemasaran Digital

Di era sekarang ini teknik marketing melalui internet memang menjadi salah satu kunci agar produk semakin laris terjual. Berbagai contoh dan aspek pemasaran digital juga sudah terbukti mampu menaikkan penjualan dari bulan per bulan. Sebagai pendatang bisnis baru tidak ada salahnya mencoba.

Konsep Pemasaran Digital yang Harus Diketahui Setiap Marketer

Dalam dunia digital marketing sepertinya Anda harus berusaha semaksimal mungkin. Jika sudah masuk ke dalamnya maka jangan keluar lagi. Pemasaran dengan internet harus melalui beberapa cara misalnya ada SEO, pembuatan koten, dan memaksimalkannya dalam sebuah website.

Maka perhatikan beberapa konsep pemasaran digital yang harus diketahui setiap marketer sebagai berikut:

1. Memaksimalkan SEO

Bagi yang berkecimpung dalam dunia digital marketing pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Search Engine Optimization merupakan sebuah proses untuk menghasilkan konten online yang bagus agar mampu meningkatkan rating hasil teratas di berbagai mesin pencarian. Misalnya saja Google.

Algoritma dalam mesin pencarian seperti Google ternyata bisa dipecahkan. Sistem tersebut telah terpasang pada SEO sehingga mampu membuat produk ada pada urutan teratas dan menjadi pilihan untuk pengalaman penelusuran bagi para pembaca, Begitulah penjelasan sederhananya.

2. Memaksimalkan PPC

Selain SEO, digital marketing juga ada PPC, atau iklan per klik. Metode ini adalah sejenis pemasaran online yang melibatkan adanya penempatan iklan online secara strategis ke berbagai situs dan media sosial. Nantinya hanya perlu bayar kepada agen jasa sesuai dengan jumlah klik orang yang masuk.

Selain berguna meningkatkan penjualan, PPC juga bisa menjadi alat untuk menentukan target market brand tersebut. Keuntungan akan semakin berlipat bila Anda bisa memperluas jangkauan market. Jika sudah mendapatkan penghasilan lebih bisa investasikan uang dalam pemasaran atau produk lain.

3. Pemasaran Mobile

Selanjutnya adalah menggunakan pemasaran mobile. Dimana Anda bisa menjangkau audiens hanya melalui ponsel, tablet atau sasaran peralatan digital lainnya. Pemilihan ponsel bukanlah suatu hal tanpa alasan. Sebab peralatan ini nantinya akan selalu mengikuti perubahan zaman.

Dorongan akan adanya pemasaran dengan mobile ini akan semakin meningkat sejalan dengan perkembangan zaman. Tindakan promosi yang benar juga konsisten bisa berbuah manis. Apalagi setiap orang pasti menggunakan ponselnya bahkan 1 jam bisa berulang kali, lebih baik segera bergabung.

4. Pemasaran Lewat Email

Surel atau email juga sama bergunanya untuk sebuah pemasaran online. Penggunaan email bisa digunakan untuk mempromosi produk atau layanan serta mendorong loyalitas ke pelanggan semakin baik. Pemasaran lewat jalur ini juga dinilai arah yang baik dan bisa memunculkan peluang besar.

Pemasaran digital menggunakan email juga dinilai sudah profesional sehingga bisa digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa pada perusahaan dengan kelas atau level cukup tinggi. Tidak heran jika sampai saat ini semakin banyak orang menggunakan cara ini untuk meningkatkan penjualan.

5. Analytics

Semua platform atau alat pastinya punya algoritma yang digunakan untuk memfilter konten masuk ke dalamnya. Sebagai agen jasa nantinya akan membantu para konsumen untuk memberikan analisa bagaimana produk tersebut bisa tampil misalnya di halaman pertama internet misalnya Google.

Selain itu analisa juga bisa memberikan pemahaman untuk membantu para audiens mengetahui kebutuhan mereka berdasarkan produk konsumen yang diiklankan tersebut. Informasi ini juga sangat berguna ketika akan melakukan segmentasi keterlibatan pelanggan pada kampanye tersebut.

6. Endorse Influencer

Pemasaran digital tidak hanya fokus pada sistem internet saja, melainkan ada keterlibatan dari pihak yang berpengaruh besar terutama di kalangan platform sosial media. Salah satunya adalah influencer, pemasaran menggunakan metode ini ternyata juga cukup mendukung produk dikenal di pasaran.

Pemasaran influencer akan memungkinkan para pelaku bisnis untuk menjangkau audiens sekaligus mendapatkan kepercayaan dari mereka. Pilihlah yang sesuai dengan target market, misalnya jualan hijab jadi harus pastikan influen tersebut memang sudah populer di kalangan berhijab.

7. Optimasi Konten

Optimasi konten secara maksimal juga sangat penting untuk mendukung produk bisa terjual dan mulai dikenal publik. Pengoptimalan konten nantinya akan melibatkan berbagai macam potensi agar tercapai persentase terbesar audiens sesuai dengan target masing-masing, dari kata kunci juga SEO.

Konten yang informative terbentuk dari adanya penempatan keyword yang tepat. Dengan begitu SEO juga bisa tercapai. Pertimbangan inilah yang nantinya juga akan menjadi patokan ketika sedang mencari agen jasa profesional dan bisa membantu produk mengalami peningkatan penjualan setiap harinya.

8. Media Sosial Berbayar

Terakhir adalah menggunakan iklan media sosial berbayar. Namun disini Anda harus siap membayar sejumlah uang untuk kebutuhan platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan masih banyak lagi. Tujuannya adalah agar konten bisa masuk ke halaman dan bisa dibagikan kepada target audiens.

Sebenarnya ketika upload barang ke media sosial namun tidak melakukan iklan, Anda hanya menyentuh setidaknya 20% dari kemungkinan 100% total jumlah audiens platform tersebut. Ketika lebih banyak konsumen tentu akan semakin menguntungkan juga untuk peningkatan penjualan produk tersebut.

Hal Yang Dilakukan Oleh Agen Jasa Pemasaran Digital Untuk Kepuasan Para Konsumen

Sekarang ini sudah tidak perlu ragu lagi ketika ingin melakukan pemasaran digital. Walaupun tidak bisa melakukannya sendirian, namun sudah ada bantuan dari agen jasa online marketing di kota-kota terdekat. Mereka punya segudang strategi untuk memasarkan produk milik para kliennya.

1. Menemukan Strategi Digital Marketing Yang Tepat

Setiap jenis usaha pastinya memiliki tujuan berbeda-beda, jadi penetapan strategi juga tidak bisa sama. Oleh karena itu setiap agen jasa digital marketing pasti punya langkah tersendiri agar kliennya puas dan merasa tujuannya telah tercapai. Management konten juga sangat berpengaruh agar selalu up to date.

Biasanya agensi juga akan memberikan usulan tentang strategi tersebut. Usulan ini nantinya juga akan dipertimbangkan oleh pihak konsumen agar nantinya langkah yang diambil tidak salah dan tetap sesuai dengan tujuan awal mereka. Kedepan strategi ini akan terus dikelola dan dikembangkan lagi dengan baik

2. Optimasi Tingkat Pencarian, Membuat Website Lalu Optimalisasi SEO

Terakhir adalah optimalisasi SEO menggunakan website juga memaksimalkan tingkat pencarian di berbagai mesin pencarian. Sekarang ini sepertinya kebutuhan website juga terus meningkat, oleh karena itu sayang sekali jika tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku usaha di bidang manapun.

Pasalnya dengan pembuatan website sendiri Anda bisa merasakan kenyamanan tanpa mempromosikan barang tanpa harus susah payah memikirkan adanya perang harga, juga plagiarisme dari brand lainnya. Pembeli juga akan fokus pada berbagai produk milik sendiri, tidak akan membandingkannya lagi.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan jasa pemasaran digital. Sekarang tidak perlu takut lagi jika ingin masuk dan mencoba teknik marketing melalui internet atau jaringan media sosial. Kuncinya adalah tetap yakin dan terus konsisten melakukan usaha sampai nampak hasil maksimal.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB