Skip to main content

Fitur Baru Laporan Pengalaman Halaman di Search Console Sebagai Sinyal Peringkat

Fitur Baru Laporan Pengalaman Halaman di Search Console Sebagai Sinyal Peringkat - Hari ini saya mendapatkan notifikasi baru di Search Console yang memberitahukan adanya fitur baru yaitu Laporan Pengalaman Halaman seperti tampak pada gambar di atas.

Ditelusuri lebih lanjut, Laporan Pengalaman Halaman ini adalah fitur yang menunjukan ringkasan pengalaman pengguna dari pengunjung situs di perangkat seluler. Jadi sekarang ini Google mengevaluasi metrik pengalaman halaman untuk masing-masing URL dari sebuah situs dan akan menggunakannya sebagai sinyal peringkat untuk URL di hasil Google Penelusuran di perangkat seluler.

Sebelumnya kita menganggap kalau faktor peringkat ini adalah core web vitals, namun ternyata itu hanya satu dari lima kriteria dari Laporan Pengalaman Halaman.

Jadi Laporan Pengalaman Halaman ini memiliki 5 kriteria sebagai sinyal peringkat URL di hasil Google Penelusuran yang di antaranya sebagai berikut:

  1. Core Web Vitals - menguji kecepatan dan stabilitas pengalaman pemuatan halaman untuk pengguna.
  2. Kegunaan seluler - URL tidak boleh memiliki kesalahan kegunaan seluler alias harus mobile friendly agar memenuhi syarat untuk status Baik.
  3. Masalah keamanan - masalah apa pun untuk situs yang mendiskualifikasi semua URL di situs dari status Baik.
  4. Penggunaan HTTPS - setiap halaman harus disajikan melalui HTTPS agar memenuhi syarat untuk mendapatkan status pengalaman halaman yang Baik.
  5. Pengalaman Iklan - ini menilai apakah situs menggunakan teknik periklanan yang mengganggu atau tidak kondusif untuk pengalaman pengguna yang baik dari keseluruhan situs, bukan hansya dari satu halaman.

Dengan adanya Laporan Pengalaman Halaman ini maka kita menjadi lebih mudah untuk mengevaluasi situs kita. Dan mengerti kriteria apa saja yang saat ini menjadi sinyal peringkat di hasil pencarian Google, khususnya di perangat mobile.

Begitu pun tentang HTTPS yang sebelumnya menjadi tanda tanya, ternyata sekarang diperjelas oleh Google bahwa HTTPS menjadi salah satu kriteria penilaian yang masuk ke dalam Laporan Pengalaman Halaman sebagai sinyal peringkat untuk URL di hasil Google Penelusuran di perangkat seluler.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB