Skip to main content

Cara Mengaktifkan Privacy CCPA di Google Adsense

Cara Mengaktifkan Privacy CCPA di Google Adsense - Sebenarnya notifikasi privasi CCPA di Google Adsense ini sudah ada sekitar setahun yang lalu, sekitar akhir tahun 2019. Namun mungkin saja sekarang ini masih ada yang belum faham mengenai privasi CCPA ini dan belum mengaktifkannya di Google Adsense.

Secara sederhana, privasi CCPA adalah hukum atau undang-undang yang mengatur hak privasi warga California. Google Adsense sebagai salah satu perusahaan besar yang menggunakan data pengguna internet memiliki kewajiban untuk memberikan pilihan bagi warga California untuk penggunaan data informasi pribadinya, seperti histori, lokasi, dan lainnya yang sesuai dengan persyaratan di negara tersebut.

Nah, kita sebagai publisher Adsense tentunya harus mengikuti anjuran dari Google Adsense untuk mengaktifkan privasi CCPA ini. Dengan mengaktifkan ini maka publisher memberikan wewenang pada Google Adsense untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan undang-undang di California. Ketika kita mengaktifkan ini, maka bagi warga California akan muncul notifikasi bar yang mengajukan pertanyaan tentang penggunaan datanya.

Untuk mengecek apakah privasi CCPA ini sudah aktif atau belum, silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Silahkan login ke akun AdSense.
  2. Klik bagian Ads atau Iklan.
  3. Pilih situs Anda, lalu klik ikon pensil untuk Edit situs. Preview situs Anda akan terbuka lalu pilih tab Fitur lainnya di sisi kanan.
  4. Aktifkan toggle Pesan privasi CCPA.
  5. Kemudian klik Terapkan ke situs di bagian bawah.

Google mengatakan bahwa pesan privasi CCPA ini tidak mendukung blog AMP. Fitur privasi CCPA ini akan menampilkan pesan privasi hanya di situs non AMP, tetapi tidak ditampilkan di situs AMP. Tidak ada penjelasan lanjutan mengenai ini, tapi saya mengira bahwa AMP memiliki cara tersendiri untuk privasi CCPA ini pada amp-ad.

Dan saya sendiri, meskipun menggunakan blog AMP namun tetap mengaktifkan fitur ini untuk berjaga-jaga.

Anda juga bisa menonton tentang cara mengaktifkan privasi CCPA ini di video Youtube berikut ini.


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB