Skip to main content

8 Olahraga Paling Populer di Indonesia, No. 3 Paling Berprestasi

8 Olahraga Paling Populer di Indonesia, No. 3 Paling Berprestasi - Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di dunia. Dengan populasinya yang banyak tidak heran ketika ada even-even olahraga penontonnya sangat banyak sekali.

Bahkan, ketika kita perhatikan hampir setiap pertandingan tribun penonton sangat penuh bahkan sampai ada yang harus rela tidak bisa masuk karena kapasitasnya sudah terpenuhi.

Dengan fakta tersebut memberikan pertanda bahwa olahraga bukan hanya populer di luar negeri saja, tetapi Indonesia juga merupakan negara yang warganya pecinta olahraga.

8 Olahraga Paling Populer di Indonesia

Tapi, tahukah Anda bahwa di Indonesia sendiri ada beberapa cabang olahraga yang cukup populer. Apa sajakah itu?

Yuk, langsung saja kita intip olahraga paling hits di Indonesia berikut ini.

1. Sepak Bola

Anda tahu permainan sepakbola? Ya, Sepakbola adalah salah satu cabang olahraga paling populer di Indonesia. Jika Anda pernah menonton pertandingan sepakbola tentu sering terlihat isi stadion selalu penuh dengan penonton.

Hal ini karena antusiame warga Indonesia terhadap sepakbola sangat tinggi. Apalagi jika Indonesia sedang bermain di kandang, seisi stadion sudah pasti penuh dan banyak yang harus rela menonton pertandingan di luar stadion.

Bahkan para penduduk Indonesa rela untuk streaming menghabiskan uang mereka untuk membeli kuota hanya untuk bisa menikmati pertandingan sepakbola. Apalgi pas Timnas Indonesia main, tanpa menunda-nunda langsung membeli kuota untuk persiapan streaming.

2. Futsal

Futsal merupakan salah satu jenis olahraga permainan bola yang masing-masing timnya beranggotakan lima orang. Sama halnya dengan sepakbola, tujuan bermain futsal adalah untuk memasukan bola ke gawang lawan.

Saat ini futsal menjadi salah satu olahraga paling populer di Indonesia dan hampir mengalahkan Bulu Tangkis. Ya, jika kita perhatikan banyak sekali orang yang rela memangkas waktunya hanya untuk bermain futsal.

Di tempat saya, kebanyakan yang main futsal itu adalah anak-anak muda yang meluangkan waktunya untuk kegiatan positif. Bukan hanya sekedar pertandingan biasa, tetapi kami juga kadang kala sering membuat beberapa even turnamen futsal.

3. Bulu Tangkis

Bulu Tangkis adalah cabang olahraga paling diminati masyarakat Indonesia. Banyak sekali atlet-atlet yang berhasil mengantarkan Indonesia memenangkan berbagai penghargaan, sebut saja Taufik Hidayat.

Seperti yang kita ketahui bahwa Taufik Hidayat merupakan salah satu legenda bulu tangkis yang berhasil menyabet 3 gelar juara dunia, 3 gelar Asian Games dan 2 gelas Thomas Cup.

Sama halnya dengan permainan futsal, kita bisa bermain bulu tangkis di dalam ruangan. Dengan demikian tentu kemanan dan kenyamanan saat bermain lebih nikmat karena bisa terhindar dari teriknya matahari siang dan air hujan.

Gimana, tertarik untuk bermain bulu tangkis?

4. Bola Voli

Bola voli adalah salah satu cabang olahraga populer di Indonesia. Untuk bermain bola voli kita harus mengusai teknik dasar bermain bola voli dan ketika bermain harus menggunakan tangan. Jika situasi mulai memburuk kita bisa menggunakan kaki atau bahkan anggota tubuh lainnya untuk menghindari kerugian.

Di Indonesia sendiri bola voli merupakan salah satu cabang paling diminati selain sepakbola, futsal dan bulu tangkis. Permainannya yang simple dan menyenangkan menjadi faktor utama kenapa olahraga ini begitu populer di Indonesia.

Di kampung saya, ketika ada turnamen bola voli penontonnya selalu ramai bahkan sampai berdesak-desakan. Mereka berbondong-bondong menyisakan waktu luang hanya untuk menonton permainan bola voli. Yang dirasakan memang berbeda, adrenalin saat menyaksikan permainan bola voli cukup menegangkan dan menguras emosi.

5. Basket

Selain bola voli, olahraga paling diminati di Indonesia adalah basket. Layaknya sebuah permainan bola voli, ketika bermain basket kita dituntut untuk menggunakan tangan. Namun, bedanya adalah saat bermain basket kita boleh menggunakan seluruh bagian tubuh untuk mencetak angka.

Hal inilah yang menurut pendapat sebagian besar orang sangat menyenangkan, karena kita bisa bebas dalam mencetak poin. Gimana nih tertarik untuk bermain basket?

6. Olahraga Atletik

Dalam olahraga atletik kita bisa menemukan berbagai cabang diantaranya adalah Tolak peluru, Lempar lembing, Lempar cakram, Lompat jauh, Lompat tinggi, Lompat galah, Lari jarak jauh, Lari estafet dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri olahraga ini cukup populer karena bisa menyehatkan tubuh dan bisa terhindar dari berbagai cedera seperti salahs satunya lutut sakit saat ditekuk. Sebelum olahraga tentu kita bisa pemanasan terlebih dahulu sehingga cedera seperti itu bisa dihindari.

Pecinta olahraga atletik di Indonesia sudah meningkat daripada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena jenis olahraga ini adalah yang paling menyehatkan jantung karena di dalamnya terdapat berbagai aspek seperti berlari, melompat dan lain sebagainya.

7. Tenis Meja

Tenis meja atau yang biasa kita kenal dengan Ping Pong adalah salah satu jenis olahraga yang menggunakan raket sebagai alat utamanya. Untuk bermain tenis meja kita membutuhkan 2 sampai dengan 4 orang dalam satu pertandingan.

Raket di sini bukan seperti pada Bulu Tangkis, melainkan raket yang terbuat dari katu yang dilapisi dengan karet atau bahasa Internasionalnya disebut Bet.

PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) adalah pemegang asosiasi tenis meja di Indonesia. Mereka mengatur even, kejuaraan, jadwal hingga pelatihan bakat-bakat muda. Di Indonesia sendri penggemar tenis meja tidak usah diragukan lagi.

Bahkan di kampung saya ketika ada turnamen tenis meja selalu penuh dengan para penonton. Hal ini menunjukan antusiasme warga masyarakat terhadap tenis meja sangat bagus dan patut diacungi jempol.

8. Pencak Silat

Hayoh siapa siapa nih yang tidak kenal dengan olahraga yang satu ini? Pencak silat adalah salah satu olahraga bela diri yang paling banyak diminati di Indonesia, bahkan mengungguli karate. Olahraga ini juga memiliki banyak budaya seperti Cina, Budha, agama Hindu, hingga agama Islam.

Kelebihan lainnya adalah kita mampu untuk menjaga diri dari berbagai ancaman. Oleh karenanya banyak sekali orang mulai belajar ilmu pencak silat dengan tujuan untuk melindungi diri dari berbagai bahaya.

Tidak hanya untuk laki-laki, kamu hawa-pun juga ikut dalam meramaikan Pencak Silat. Mereka juga ingin belajar beladiri untuk melawan hal-hal jahat yang ingin mengancam keselamatan.

Penutup

Antusiasme penduduk Indonesia terhadap olahraga memang pantut diacungi jempol. Panatisme mereka dengan olahraga sudah sepatutnya diperhatikan oleh pemerintah sebagai wadah aspirasi warga masyarakat.

Semoga ke depannya cabang-cabang olahraga semakin maju dan menghasilkan atlet-atlet muda bertalenta untuk meningkatkan prestasi kita.

Demikian pembahasan kali ini tentang olahraga paling populer di Indonesia, jangan lupa nantikan informasi tentang olahraga lainnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Postingan ini dikirim oleh:

Seorang Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi yang sangat gemar menulis dan berwirausaha.

Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB