Skip to main content

Cara Ampuh Belajar Pemograman Untuk Orang Awam

Cara Ampuh Belajar Pemograman Untuk Orang Awam - Artikel ini sengaja dibuat untuk anda yang ingin belajar pemograman atau anda orang awam ingin mengetahui dunia pemograman. Dunia progam mungkin bisa berisi mengenai jaringan, sistem, kabel, signal, otomatis, update, dan lain sebagainya yang tidak lain berbasis teknologi.

Namun di sisi lain pemograman adalah sebuah proses tulis menulis, pengujian, memperbaiki, merawat, memelihara, yang di sana terdapat banyak kode.

Bagi pemula, pemograman merupakan pekerjaan yang sangat sulit, penuh dengan analisis, fokus, dan selalu berkelanjutan. Sebaliknya pemograman bagi orang yang sudah profesional, pemograman merupakan seni yang menggunakan algoritme yang berhubungan dengan bahasa pemograman kemudian jadilah sebuah progam komputer. Komputer bisa anda operasikan karena proses pemograman.

Baca juga: Cara belajar Coding untuk pemula

Pemograman tidak bisa dilakukan oleh orang yang tidak memiliki keahlian atau berlatar belakang pendidikan khusus. Namun membutuhkan skill dan pendidikan sesuai di bidangnya untuk bisa membuat sebuah progam yang diinginkan.

Untuk membuat progam membutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga untuk mempelajari ilmu pemograman juga memerlukan waktu yang tidak sedikit. Itulah sedikit ilustrasi jika anda ingin bergelut di bidang pemograman atau biasa disebut dengan programmer.

Di bawah ini beberapa cara ampuh terbukti bisa membantu orang awam tidak terkecuali anda agar bisa belajar mulai dari nol, diantaranya adalah:

1. Mengetahui Pengertian Program

Meskipun pemahaman mengenai progam anda adalah nol, maka anda harus terlebih dahulu mencari tahu apa arti progam, bagaimana ciri-cirinya, kenapa progam lebih dominan oleh laki-laki daripada perempuan, apa istimewanya progam dengan lain, hingga keuntungan apa yang bisa anda dapatkan jika belajar dan mendalami dunia pemograman.

Semakin banyak anda memiliki data mengenai progam, anda minimal memiliki bekal dan alasan kenapa anda melanjutkan ingin belajar pemograman atau tidak untuk melanjutkan.

Semua ilmu itu baik, tapi semua pekerjaan memiliki resiko. Jangan sampai anda terbelenggu dan tidak menjadi diri anda sendiri saat anda sudah terjun dalam dunia pemograman.

2. Mahir Bahasa Asing

Setelah belajar mencari referensi mengenai dunia pemograman, maka anda harus menentukan pilihan. Selanjutnya jika anda memilih untuk melanjutkan, maka yang bisa anda pelajari adalah mengenai mesin, bahasa yang dalam tingkatan rendah, kemudian perlahan-lahan belajar pada bahasa yang tingkatannya lebih tinggi.

Progam memiliki bahasa yang tidak biasa, jadi anda harus belajar bahasa progam yang sangat jauh berbeda dengan bahasa manusia. Orang awam tentu masih awam dengan maksud bahasa progam yang ditayangkan pada komputer.

Namun berkat pemahaman dan pelajaran yang cukup anda pasti bisa. Pada umumnya progam yang ditemui pada komputer di Negara Indonesia menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jadi kemungkinan besar, anda yang ingin menjadi programmer juga harus memiliki keahlian bahasa inggris dan mahir berbahasa asing terutama bahasa inggris.

3. Membuat Progam Sederhana

Sampai sini ada banyak yang harus anda pelajari, meskipun ilmu bahasa asing anda sudah sangat mahir, segera lanjutkan untuk mengaplikasikan ilmu anda. Anda bisa memulai pembelajaran dengan mencoba progam sederhana. Misalnya anda sedang belajar berkomunikasi, setelah teori sudah anda pelajari dengan cukup maka langkah selanjutnya anda bisa mempraktikkan teori ilmu komunikasi anda.

Untuk progam, anda bisa mengawali dengan mempraktikkan ilmu matematika. Buatlah progam menghitung panjang balok, luas lingkaran, sisi persegi dan ilmu matematika anda yang lain. Anda jangan terburu-buru langsung belajar progam, karena perjalanan belajar untuk menjadi progammer masih panjang.

Di sarankan anda bisa belajar Matematika dahulu, menggunakan analisis, mengerjakan dengan rumus, dan menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang tepat. Sekalipun ada koreksi dan revisi, anda harus mengukur kesalahan anda sebagai bahan evaluasi. Jika anda salah pada perhitungan panjang balok, maka untuk kedepannya jangan sampai terulang lagi untuk praktik selanjutnya.

4. Mencari Informasi

Sebagai pemula anda harus banyak mencari informasi mengenai dunia programmer. Semakin anda memilliki banyak informasi, di jamin anda akan cepat bisa belajar programmer. Anda bisa  memperoleh informasi dari mana saja.

Bisa mencari tambahan informasi sebanyak-banyaknya di media sosial, di youtube, di media cetak, pada buku, dan langsung belajar pada master progam. Dengan begitu anda banyak mengantongi informasi mengenai dunia pemograman.

Baca juga: Beli SSL Murah Indonesia

5. Bergabung Dengan Grup Pemograman

Sekarang banyak sekali komunitas yang sengaja di buat untuk diskusi, untuk jasa profesional, untuk bisnis, lowongan kerja, dan untuk belajar bersama. Nah anda juga bisa mengikuti jejak para sang master yang sudah lebih dulu menjadi progammer berpengalaman untuk bergabung pada group khusus progammer.

Tentu di sana ada banyak programmer profesional yang sedikit banyak akan memposting tulisan atau artikel mengenai progam. Group atau komunitas juga sangat efektif sebagai pusat pencarian informasi.

Di sana anda bisa update belajar pemograman, update berita terkini tentang progam, memperbanyak koneksi atau jaringan bisnis, dan mempermudah anda mendapatkan pekerjaan.

Nah demikian artikel yang berisikan tentang cara ampuh belajar pemograman untuk orang awam yang bisa anda jadikan referensi untuk menjadi programmer. Semoga bisa memotivasi anda untuk melanjutkan niat sebagai programmer profesional. Semangat.


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Buka Komentar
PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB